29.5 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Paus Fransiskus Berjumpa Katolikos Baselios Marthoma Mathews III, Pemimpin Gereja Ortodoks Suriah Malankara

BERITA LAIN

More
    Katolikos Baselios Marthoma Mathews III, 11 September 2023 di Vatikan. Vatican Media

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus menyampaikan sambutan hangat kepada Pemimpin Gereja Ortodoks Suriah Malankara, Katolikos Baselios Marthoma Mathews III, 11 September 2023 di Vatikan. Dalam pidatonya, Paus Fransiskus menyampaikan terima kasih atas semakin eratnya ikatan kedua Gereja sejak Konsili Vatikan II. Paus Fransiskus menyoroti kunjungan bersejarah antara pendahulu mereka masing-masing.

    “Izinkan saya mengatakan, yang mulia, bahwa Anda berada di sini, Anda berada di rumah, sebagai saudara yang terkasih dan telah lama ditunggu-tunggu,” kata Paus Fransiskus.

    Beliau mengakui iman kuno Gereja Ortodoks Suriah Malankara, menelusuri asal-usulnya hingga ke Rasul Thomas, dan menekankan iman bersama kepada Yesus sebagai Tuhan. Paus mengungkapkan harapan akan persatuan menjelang peringatan 1700 tahun Konsili Nicea. Dalam hal ini, Bapa Suci mencatat, bahwa iman Santo Thomas tidak dapat dipisahkan dari pengalamannya terhadap luka-luka Tubuh Kristus.

    “Perpecahan yang terjadi sepanjang sejarah di antara kita umat Kristiani telah menjadi luka menyakitkan yang ditimpakan pada Tubuh Kristus yaitu Gereja. Kita sendiri terus menyaksikan dampaknya.”

    Paus Fransiskus juga menyadari luka yang disebabkan oleh perpecahan historis di antara umat Kristiani dan perlunya menyembuhkan bersama-sama. Ia mendorong doa, amal, dan dialog sebagai sarana untuk saling.

    Perjanjian Bersejarah

    Paus selanjutnya menyebutkan perjanjian Kristologis bersejarah dari Komisi Gabungan Internasional dan menekankan bahwa perbedaan terminologi tidak boleh menimbulkan perpecahan ketika mewartakan Kristus. Paus mengenang bahwa perbedaan-perbedaan ini sedemikian rupa sehingga, dapat hidup berdampingan dalam persekutuan yang sama. Paus Fransiskus menyoroti pentingnya sinodalitas dan kontribusi pengalaman sinode Gereja Ortodoks Malankara terhadap proses sinode Gereja Katolik.

    “Saya yakin bahwa kita dapat belajar banyak dari pengalaman sinode Gereja Anda yang sudah berlangsung lama,” kata Paus.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI