31.9 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Dialog dengan Buddhisme dan Tiongkok Menjadi Tantangan bagi Paus dalam Lawatan ke Mongolia

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus saat berjumpa dengan para pemimpin Agama Budha di Myanmar. Aleteia

    MONGOLIA, Pena Katolik – Meskipun hubungan Gereja Katolik dengan umat Buddha telah membaik dalam beberapa dekade terakhir, tantangan masih tetap ada, terutama di Tiongkok.

    Dari 31 Agustus hingga 4 September 2023, Paus Fransiskus akan mengunjungi Mongolia, negara di mana agama Budha menjadi agama hampir separuh penduduknya. Paus akan tertarik untuk melakukan dialog lebih lanjut antara umat Kristen dan Budha, meskipun hal ini bisa menjadi tugas yang sulit. Hal ini terlihat jelas dalam ketegangan yang saat ini terjadi antara Gereja dan sektor-sektor tertentu agama Buddha di Asia.

    Hubungan baik di Mongolia

    Pada Mei 2022, Prefek Apostolik Ulan Bator, Mgr. Giorgio Marengo, mengunjungi Paus Fransiskus di Vatikan untuk memperingati 30 tahun kedatangan misionaris Kristen pertama di Mongolia pada tahun 1992. Dalam kunjungan ini, Mgr. Marengo mengundang Paus mengunjungi negaranya. Ia datang ke Roma didampingi oleh salah satu pejabat Budha paling senior di Mongolia.

    Di hadapan tamu inilah, Mgr. Marengo mengetahui bahwa Paus telah memutuskan untuk mengangkatnya menjadi kardinal.

    “Sangatlah penting bahwa kita bersukacita bersama atas berita ini, dan ini menunjukkan betapa Gereja di Mongolia merupakan realitas global, yang berupaya untuk berjalan bersama semua orang yang berkehendak baik dan berkomitmen untuk berdialog,” kata orang Italia itu pada acara tersebut.

    “Hubungan kami dengan umat Buddha sangat baik,” kata Suster Lieve Stragier, seorang misionaris Belgia dari Kongregasi De Jagt yang telah tinggal di Mongolia selama 15 tahun. Ia percaya, bahwa kunjungan Paus dapat memperkuat pemahaman yang baik ini, salah satunya dengan membantu membedakan gerakan Katolik dari Protestan atau evangelis. Kelompok yang terakhir ini dianggap terlalu agresif dalam menyebarkan agama.

    Dialog dengan “dunia” Budha

    Pertemuan antaragama antara Paus Fransiskus dan otoritas Budha Mongolia dijadwalkan pada tanggal 3 September. Paus pasti akan bersemangat, seperti yang selalu dilakukannya, untuk membangun jembatan antara kedua agama dan mendukung “persaudaraan manusia” yang menyatukan mereka.

    Sejak awal masa kepausannya, Paus asal Argentina ini telah mengunjungi negara-negara tradisional Budha sebanyak lima kali: Korea Selatan, Sri Lanka, Burma, Thailand, dan Jepang. Angka tersebut merupakan angka yang luar biasa, mengingat di banyak negara tersebut, termasuk Mongolia, jumlah penduduk Katolik sangat sedikit, terkadang kurang dari 1% dari jumlah penduduk.

    Dalam dialognya dengan agama Buddha, Paus Fransiskus mengikuti jejak pendahulunya Yohanes Paulus II. Paus asal Polandia adalah orang pertama yang menjalin hubungan baik dengan para pemuka agama Budha, terutama selama kunjungannya ke Jepang pada tahun 1981, serta Korea dan Thailand pada tahun 1984. Yohanes Paulus II menyadari bahwa kedua agama tersebut dapat menemukan titik temu yang bermanfaat melalui konvergensi mereka dalam menolak agama-agama Barat. materialisme dan pembelaan spiritualitas dan nilai-nilai kekeluargaan.

    Dalai Lama

    Pada masa kepausannya, Yohanes Paulus II menjadi sangat dekat dengan tokoh Budha yang paling terkenal, Dalai Lama. Secara khusus, ia beberapa kali mengundangnya dalam pertemuan Assisi. Namun, hubungan dengan pemimpin spiritual itu memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

    Dalai Lama ini adalah lawan politik Beijing dan dia mengutuk penganiayaan yang dilakukan pemerintah Tiongkok terhadap warga Tibet. Akibatnya, hubungannya dengan Gereja Katolik menjadi korban tambahan dari evolusi hubungan diplomatik antara Vatikan dan Tiongkok, di bawah masa kepausan Benediktus XVI dan Fransiskus.

    Pada tahun 2007, ketika kunjungannya dijadwalkan, Tiongkok mengancam Benediktus XVI dengan “dampak” yang serius jika ia menyambut Dalai Lama. Paus Jerman itu akhirnya membatalkan pertemuan tersebut. Setahun sebelumnya, Benediktus XVI menerima pemimpin Budha tersebut dalam sebuah audiensi pribadi. Dalai Lama menyatakan, bahwa ia berkampanye untuk “otonomi” bagi Tibet.

    Pada tahun 2014, Paus Fransiskus juga memilih untuk tidak bertemu Dalai Lama pada pertemuan puncak perdamaian di Roma. Fransiskus juga tidak mengundangnya, ketika ia menyelenggarakan pertemuan puncak antaragama pada tahun 2022 atau dengan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2023.

    Tradisi agama Buddha yang dimiliki oleh pemimpin spiritual ini adalah cabang Vajrayana, yang disebut agama Buddha “tantra” sama dengan yang dipraktikkan di Mongolia. Dalai Lama telah mengunjungi negara itu dalam banyak kesempatan dan menjadi sumber ketegangan dengan Tiongkok.

    Pada tahun 2016, Dalai Lama mengumumkan bahwa ia telah menemukan “Jebtsundamba Khutughtu” baru di Mongolia, yang juga dikenal sebagai “Bogd Gegeen,” yang merupakan reinkarnasi ke-10 dari seorang bijak Budha yang dianggap sebagai pemimpin agama terpenting di negara tersebut dan anggota terpenting ketiga dari keluarga Buddha Tibet. Sebagai protes, Tiongkok menutup akses jalan ke Mongolia pada saat itu.

    Menurut sumber diplomatik, kepala biara Gandan, yang memimpin salah satu biara terpenting di Ulan Bator di negara itu, meminta pertemuan antara Paus Fransiskus dan Bogd ke-10 pada kesempatan pertemuan puncak antaragama pada tanggal 3 September. Permintaan tersebut ditolak dengan sopan oleh Tahta Suci. Anak yang dipilih pada tahun 2016 oleh Dalai Lama untuk menjadi Bogd kini berusia 8 tahun, termasuk dalam kelas menengah atas Mongolia, dan memegang paspor Amerika.

    Penolakan ini dikatakan telah menimbulkan ketegangan tertentu dengan biara Gandan, yang perwakilannya tetap diundang untuk mengambil bagian dalam pertemuan tersebut. Biara tersebut adalah salah satu dari sejumlah institusi Budha di Mongolia yang secara konsisten menolak untuk berdialog dengan Gereja Katolik setempat.

    Hubungan baik di banyak negara Budha

    Namun, Buddhisme Tibet – Vajrayana – hanya mewakili satu cabang agama Buddha, dan ditemukan terutama di kaki bukit Himalaya di India, di Nepal, Tibet di Tiongkok, dan Bhutan, wilayah yang hampir tidak memiliki hubungan dengan Tahta Suci. Dalam hal ini, kunjungan Paus ke Mongolia sangatlah penting, karena ini menandai kunjungan resmi pertama Paus ke negara yang menganut tradisi spiritual ini.

    Sebaliknya, Paus Fransiskus baru-baru ini mengunjungi beberapa negara penting Budha Mahayana dan Theravada. Secara khusus, ia bertemu dengan perwakilan Buddha Mahayana di Jepang dan Korea Selatan, serta umat Buddha Theravada di Sri Lanka, Burma, dan Thailand. Tidak seperti Buddhisme Tibet, di mana reinkarnasi Buddha menjadi Dalai Lama dan menjadikannya sebagai pemimpin supranasional, seperti seorang paus, dari cabang Buddhanya, cabang Buddha Mahayana dan Theravada didasarkan pada hierarki yang lebih bersifat lokal, bahkan nasional.

    Oleh karena itu, hubungan Gereja dengan aliran Buddhis ini seringkali bergantung pada konteks nasional. Mereka bisa menjadi sangat baik, di Thailand, Jepang, dan Korea Selatan, misalnya. Di Sri-Lanka, para pemimpin agama setempat baru-baru ini berjalan beriringan untuk mengecam kesalahan pemerintah.

    Tiongkok Budha

    Situasinya terkadang bisa lebih tegang, seperti ketika Paus bertemu dengan para pemimpin Budha di Burma pada tahun 2017. Pada saat itu, Paus terpaksa tidak menyebutkan pemerasan dan penganiayaan yang dilakukan di negara ini terhadap minoritas Rohingya atau kepada Kelompok Etnis Suku Karen yang mencakup banyak umat Katolik. Banyak pemimpin Budha di negara tersebut secara terbuka mendukung kebijakan junta.

    Tahta Suci sedang berjuang untuk menjangkau komunitas Buddha terbesar di dunia, yaitu Tiongkok, di mana ajaran Buddha, setelah hampir hilang akibat Revolusi Kebudayaan, telah dikembalikan sebagai bagian dari warisan nasional. Namun agama Buddha juga telah menjadi sekutu kuat pemerintah Tiongkok, dan tampaknya tidak berperan dalam upaya pemulihan hubungan yang diprakarsai Takhta Suci dalam beberapa tahun terakhir.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI