29 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Misi Kemanusiaan dan Spiritualitas Fransiskan: Transformasi dalam Temu INFO JPIC untuk Mengatasi Perbudakan Manusia (Human Trafficking)

BERITA LAIN

More
    Foto: Panitia INFO JPIC 2023/ Prof William Chang OFMCap, tengah memberikan sesi tentang spiritual Santo Fransiskus Asissi

    Pena Katolik- Pontianak, Minggu 20 Agustus 2023 Pertemuan INFO (Inter Franciscans for JPIC) Indonesia di Wisma Immaculata Pontianak yang mulai dari tanggal 19 hingga 25 Agustus 2023 mengusung tema “Menanggulangi dan Mengatasi Perbudakan Manusia (Human Trafficking) di Era Modern.

    “Pertemuan ini diawali dengan Rekoleksi sehari yang dipandu oleh Prof. Dr. William Chang, OFMCap, yang juga anggota JPIC Ordo Kapusin Provinsi Pontianak pada minggu 20 Agustus 2023 yang memusatkan perhatian pada perwujudan damai dalam hidup sehari-hari.

    Dalam rekoleksi ini Prof. Dr. William Chang OFMCap menitikberatkan perhatian pada tema utama Manusia sebagai Citra atau Gambar Allah (Kej 1:26-27).

    Tema ini diusung karena acap kali manusia lupa bahwa dirinya adalah gambar atau ctira Sang Pencipta. Dalam diri setiap manusia terkandung kekudusan dan keluhuran (kemuliaan) ilahi. Dalam diri setiap manusia hadir Sang Ilahi.

    Manusia Sebagai Citra Allah

    Dalam rekoleksi sehari itu, Prof William Chang OFMCap menggambarkan bahwa kehadiran manusia sebagai citra atau gambar Allah mengandung tanggung jawab moral manusia untuk saling mengasihi, saling menghormati, dan saling bekerja sama. Setiap manusia memiliki nilai luhur dalam dirinya sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

    Akibatnya, setiap manusia seharusnya diperlakukan dengan sikap hormat dan kesantunan dalam hidup sehari-hari. Keluhuran martabat manusia, yang tampak dalam rasionalitas, peran hati nurani yang sehat, dan kapasitas yang tidak ditemukan dalam makhluk ciptaan lain.

    Berdasarkan pandangan ini, menurut Prof William Chang OFMCap, kecenderungan manusia untuk tidak menghargai atau menghormati orang sudah saatnya ditinggalkan. Sikap merendahkan atau melecehkan sesama bertentangan dengan sikap St. Fransiskus dari Asisi.

    “Sang Santo sangat menghargai dan menghormati setiap manusia sebagai citra atau gambar Allah karena Allah sendiri hadir dalam diri manusia,” kata Prof William Chang OFMCap.

    Sikap Gereja Katolik

    Prof William Chang OFMCap mengulik secara dalam peran Santo Fransiskus Assisi yang dipaparkan dalam Gita Sang Surya (1224). Dalam teks itu St. Fransiskus dari Assisi merangkum sebuah refleksi atas hidup rohaninya dengan membangun sebuah Persaudaraan Universal, yang mencakup seluruh anasir ciptaan.

    Menurut Prof William Chang OFMCap bahwa Santo Fransiskus Asissi menyapa setiap anasir ciptaan dan unsur dalam alam dengan sebutan Saudara atau Saudari.

    Dia menunjukkan bahwa Fransiskus dari Assisi sebegitu mencintai seluruh ciptaan Sang Pencipta. Setiap makhluk ciptaan memiliki Bapa, Sang Pencipta yang sama.

    “Bagaimanakah hubungan antara pandangan tentang manusia sebagai gambar atau citra Sang Pencipta dengan human trafficking di Indonesia. Sikap Gereja Katolik adalah jelas,” tegas Prof William Chang OFMCap.

    Foto: Panitia INFO JPIC 2023/ Prof. Dr. Willam Chang OFMCap diberikan cindera mata oleh ketua panitia INFO JPIC Indonesia 2023, Pastor Pionius Hendi OFMCap (20 Agustus 2023)

    Keluhuran Martabat Manusia

    Selanjutnya, usai menerangkan teladan suci kemanusiaan dari cara hidup Santo Fransiskus Asissi, Prof William Chang OFMCap juga menerangkan tentang tindak human trafficking. Dia mengutip pernyataan Paus Fransiskus, bahwa human trafficking adalah tindak kriminal yang tidak bisa ditoleransi sedikit pun.

    Tindakan itu bertentangan dengan keluhuran martabat manusia. Nilai dasar kemanusiaan dilecehkan oleh ulah perbudakan dan perdagangan anak manusia. Langkah-langkah preventif perlu ditempuh untuk menghindari perdagangan anak manusia. Akar-akar masalah perdagangan ini musti digali dan dicabut sehingga tindak kriminal ini tidak berkepanjangan.

    “Ini berarti bahwa tindakan nyata dan jalan keluar yang nyata harus ditempuh sehingga perdagangan manusia dapat dicegahkan dan dihindari sedapat mungkin,” kata Prof William Chang OFMCap.

    Kesempatan itu pula Prof William menyebutkan beberapa langkah strategis untuk menghadapi dan memecahkan kasus human trafficking. Dia mengingatkan bahwa perlu disusun dengan baik dan diwujudkan dalam kegiatan hidup harian. Kerja sama dalam tubuh INFO JPIC Indonesia dengan pihak-pihak ketiga dalam bentuk jaringan laba-laba sangat penting.

    Sinergi keluarga besar Fransiskan  di Indonesia sangat diperlukan dalam menghadapi dan mengatasi kasus human trafficking.

    “Semoga pertemuan nasional ini dapat menelurkan sejumlah langkah konkret operasional untuk memecahkan kasus human trafficking ini,” kata Prof William Chang OFMCap sambil menutup rekoleksinya. (PEN@/ Samuel).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI