26.1 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Uskup Agung Pontianak Mendukung Perjuangan Melawan Human Trafficking

BERITA LAIN

More
    Potret: Perayaan Ekaristi Kudus – di Katedral Pontianak (tampak Bruder MTB) bersama dengan peserta INFO JPIC lainnya yang tengah hening mengikuti perayaan ekaristi

    Pena Katolik, Pontianak– Sabtu 19 Agustus 2023 – Ekaristi kudus masih dalam rangka pembukaan INFO JPIC di Keuskupan Agung Pontianak yang dipimpin langsung oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus bersama 10 imam yang mendampingi selebran utama.

    Terdengar lagu lagu Gita Sang Surya (khas Fransiskan) yang dibawa oleh Koor Santo Fransiskus Asissi Katedral Pontianak membentuk rajutan keheningan dalam pembukaan ekaristi kudus di Gereja Katolik Santo Yoseph Katedral Pontianak sore itu.  

    Ketua Panitia INFO JPIC 2023, dan merupakan ketua JPIC Kalimantan Barat, Pastor Pionius Hendi OFMCapmenyampaikan terima kasih kepada Uskup Agustinus atas waktu dan perhatian khususnya kepada INFO JPIC yang di gelar di Pontianak mulai 19-25 Agustus 2023 mendatang.

    Tak lupa juga Pastor Pionius Hendi OFMCap, mengucapkan banyak terima kasih kepada Pastor Alexius Alex sebagai Pastor Paroki Katedral Pontianak yang mengijinkan terselenggaranya ekaristi kudus untuk membuka temu INFO JPIC di Pontianak tahun 2023.

    Dalam kesempatan itu, Pastor Pio OFMCap tak lupa memperkenalkan beberapa pastor, biarawan dan biarawati yang tergabung sebagai peserta INFO JPIC di Pontianak.

    “Begitulah kami saudara-saudari Fransiskan/nes, Bapa ibu doakanlah kami,” kata Pastor Pionius OFMCap.

    Dia juga mengungkapkan menceritakan kepada seluruh umat yang hadir bahwa kelompok kecil ini mencoba untuk berbuat baik meskipun dengan cara sederhana. Oleh karenya dia memohon doa kepada seluruh umat yang hadir dalam perayaan misa kudus hari itu.

    “Karena kami tidak bisa berjalan sendiri, agar tema Human Trafficking yang sebagai tema besar pertemuan ini bisa digaungkan kepada seluruh elemen masyarakat,” tambah Pastor Pionius OFMCap sembari menutup serangkaian sambutannya.

    Suasana dalam misa pembukaan temu INFO JPIC (2023)

    Pengalaman yang menguatkan

    Dalam kesempatan yang sama pula, Uskup Agustinus mengungkapkan secuplik pengalamannya beberapa belas tahun lalu, waktu dia masih di komisi keadilan dan perdamaian KWI.

    Dulu sempat memiliki perngalaman tentang sulitnya rangkaian perjuangan kemanusiaan yang pernah dia jalani.

    Menurut Uskup Agustinus, kalau Human Trafficking dibicarakan bukan berarti yang lain tidak dibicarakan, namun kali ini fokus untuk konteks itu.

    “Saya dukung pertemuan ini, mari kita dukung, saya melihat inilah kebutuhan gereja. Dimanapun orang katolik keadilan harus dirasakan semua orang,” kata Uskup Agustinus.

    Bagi Uskup Agustinus, pengalaman itulah yang menguatkannya dalam mengedepankan perhatian kepada orang-orang yang tak diperdulikan yang bahkan dipandang hina oleh masyarakat. Sebab dari sana lahir rajutan hati yang berwarna dalam melayani umat dimanapun dia berada. (PEN@/Samuel).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI