Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Vatikan Mengirimkan Utusan untuk Menyelesaikan Masalah Liturgi di Gereja India

Mgr Cyril Vasil. IST

SIRO MALABAR, Pena Katolik – Vatikan telah menunjuk Delegasi Kepausan untuk menemukan solusi abadi bagi perselisihan liturgi yang telah berlangsung puluhan tahun di Gereja Ritus Timur Siro-Malabar di India. Permasalahan ini telah memicu skeptisisme dari kelompok saingan.

Mgr. Cyril Vasil SJ dari Slovakia diangkat pada 31 Juli sebagai Delegasi Kepausan setelah sinode Gereja yang berpusat di Kerala. Sinode ini gagal menemukan solusi. Mgr. Vasil adalah mantan sekretaris Kantor Gereja-Gereja Timur dan kepala Keuskupan Katolik Yunani Kosice di Slovakia. Ia ditugaskan melakukan penelitian untuk menyarankan solusi jangka panjang.

Gereja Ritus Timur Siro-Malabar dengan lebih dari 5 juta pengikut telah menyaksikan bentrokan, demonstrasi publik, mogok makan, dan pembakaran patung. Sengketa tersebut terjadi sejak tahun 1970-an. Awalnya, satu kelompok ingin menghidupkan kembali liturgi dalam kemurniannya yang murni dan kelompok lain menuntut revisi menurut perkembangan liturgi modern. Kaum tradisionalis menginginkan para imam merayakan Misa menghadap altar sepanjang perayaan Ekaristi, sedangkan kaum modernis menginginkan mereka menghadap umat.

Perselisihan meningkat setelah Sinode Gereja menyetujui Misa yang seragam dan mengarahkan para imam untuk menghadap altar selama doa Syukur Agung dan menghadap umat selama sisa Misa tahun 1990. Kecuali untuk Keuskupan Agung Ernakulam-Angamaly, ke-35 keuskupan gereja tersebut mengadopsi Misa yang disetujui sinode pada tahun 2022. Keuskupan agung tersebut adalah tempat kedudukan Uskup Agung Utama Gereja, Kardinal George Alancherry.

Ketegangan terus membara di Gereja itu ketika sinode bersikeras untuk menerapkan liturgi yang seragam, namun mayoritas imam dan umat Katolik menentangnya. Desember lalu, Basilika Katedral St Mary milik keuskupan agung itu ditutup menyusul perkelahian antara kelompok-kelompok yang bersaing di dalamnya.

Gerakan Transparansi Keuskupan Agung, yang terdiri dari para imam, religius dan umat awam dari Keuskupan Agung Ernakulam-Angamaly, mempertanyakan penunjukan Mgr.  Vasil. Pertentangan ini mengungkapkan keraguan tentang kredibilitas Uskup Agung Vasil.

Dia berperan penting dalam menutupi penipuan tanah yang melibatkan Kardinal Alencherry dan pengusiran dua uskup pembantu dari rumah uskup agung tanpa sepengetahuan Vatikan dan Paus Fransiskus. Mgr. Gerakan di keuskupan agung itu melihat Kardinal Alencherry dan Uskup Agung Thazhath mencoba memberlakukan liturgi yang tidak mereka inginkan.

Sengketa tersebut berubah menjadi buruk pada tanggal 31 Juli ketika kedua prelatus itu dilarang menghadiri pemakaman seorang imam keuskupan agung. Polisi mengawal mereka keluar gereja setelah umat Katolik keuskupan agung keberatan dengan kehadiran mereka di pemakaman Pastor Jose Karachira di sebuah paroki di bawah keuskupan agung. Delegasi Kepausan diharapkan tiba di Kerala pada 4 Agustus, didampingi oleh Pastor Sunny Kokkaravalayil SJ, profesor hukum kanon di Pontifical Oriental Institute di Roma.

“Kami akan bekerja sama dengan delegasi kepausan meskipun ada keprihatinan serius kami,” kata Riju Kanjookaran.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini