25.6 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

“Berhati-Hatilah pada Setan yang Kadang ‘Bersikap Manis dan Sopan’,” kata Paus Fransiskus

BERITA LAIN

More

    VATIKAN, Pena Katolik – “Iblis keluar untuk merayu kita, dan dia datang ke dalam hidup kita ‘dengan begitu manis dan sopan’ untuk menguasai sikap kita,” kata Paus Fransiskus memperingatkan. Paus mengatakan hal ini dalam homili Misa Pagi di Wisma Santa Marta.

    Paus Fransiskus menekankan bagaimana setan masuk secara diam-diam, semakin menjadi bagian dari kehidupan seseorang. Iblis perlahan mengubah sikap kita, menyamarkan dirinya untuk membawa kita pada apa yang disebut keduniawian. Sikap ini membawa kita untuk melihat hal-hal dengan cara yang bertentangan dengan semangat Injil.

    Namun demikian, Bapa Suci juga mengatakan ada cara untuk mencegah perkembangan progresif dari rayuan iblis ini, yaitu berhenti sejenak untuk memeriksa hidup. Pemeriksaan hati nurani setiap hari adalah salah satu praktik spiritual yang selama ini dianjurkan oleh Serikat Yesus, ordo religius tempat Paus berada. Praktik spiritual ini dikenal dengan sebutan Latihan Rohani St. Ignatius.

    Latihan Rohani ini menganjurkan untuk mengambil beberapa menit di setiap penghujung hari untuk melihat pejalanan hidup seseorang. Saat ini digunakan untuk melihat rahmat yang didapat dalam sehari sebagai anugerah kemurahan hati Allah. Di sini juga setiap orang dapat mensyukuri berkat dari-Nya. Latihan Rohani ini mengarahkan setiap pribadi untuk melihat saat-saat ketika seseorang menolak rahmat-Nya dan memilih untuk bertindak dengan cara tertentu, cara yang bertolak belakang dengan nilai-nilai Kristiania tau dengan Injil. Pada akhir refleksi, seseorang kemudian membuat niat khusus untuk menjadi landasan spiritual untuk bekerja pada hari berikutnya.

    Paus menyarankan, berharapan dengan setan, seseorang dapat melawannya dapat dilakukan sambil melihat Kristus yang disalibkan. Salib menyelamatkan dari pesona dan godaan yang membawa pada keduniawian (setan).

    Doa Angelus

    Sementara itu pada hari minggu 16 juli 2023, Paus memimpin Doa Angelus bersama para peziarah di Lapangan Santo Petrus Roma. Paus Fransiskus merenungkan perumpamaan tentang penabur dan mendorong para orang tua untuk tidak menyerah pada “mode” dunia dan terus menabur kebaikan dan iman kepada anak-anak mereka.

    Bapa Suci menjelaskan bahwa jika kata adalah benihnya, manusia adalah tanahnya: manusia dapat menerimanya atau tidak. Tetapi Yesus, ‘penabur yang baik,’ tidak lelah menaburnya dengan murah hati.

    “Dia tahu medan kita, dia tahu bahwa batu ketidakkekalan kita dan duri kejahatan kita dapat mencekik kata, namun dia berharap, dia selalu berharap kita dapat menghasilkan buah yang melimpah,” kata Paus.

    Dalam pengertian ini, kata Paus, umat beriman juga dipanggil untuk “menabur tanpa lelah,” dan dia memberikan contoh bagaimana melakukan ini, berbicara kepada orang tua, kaum muda, dan “penabur” Injil, seperti para imam dan biarawan.

    Paus menekankan bahwa orang tua “menabur kebaikan dan iman kepada anak-anak mereka, dan mereka dipanggil untuk melakukannya tanpa putus asa bahkan jika kadang-kadang mereka tampaknya tidak memahami atau menghargai ajaran mereka, atau jika mentalitas dunia menentang mereka.

    “Benih yang baik tetap ada. Inilah yang penting, dan itu akan berakar pada waktunya. Tetapi jika, menyerah pada ketidakpercayaan, mereka berhenti menabur dan meninggalkan anak-anak mereka pada belas kasihan mode dan ponsel, tanpa mencurahkan waktu untuk mereka, tanpa mendidik mereka, maka tanah subur akan dipenuhi dengan gulma. Para orang tua, jangan pernah lelah untuk menabur pada anak-anakmu,” ujar Paus Fransiskus.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI