31.5 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Uskup Baru Banjarmasin: Mgr. Victorius Dwiardy, OFM Cap

BERITA LAIN

More
    Mgr Victorius Dwiardy OFMCap yang baru saja terpilih menjadi Uskup Banjarmasin. IST

    BANJARMASIN, Pena Katolik – Kabar baik dating dari Keuskupan Banjarmasin, Paus Fransiskus menunjuk Mgr. Victorius Dwiardy, OFM Cap menjadi Uskup Baru Banjarmasin. Ia akan mengantikan Mgr. Petrus Boddeng Timang yang akan memasuki usia pension. Penunjukan ini disampaikan dalam sebuah Ibadat Sore di Katedral Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

    Mgr Victorius Dwiardy OFMCap lahir di Sebalos, 14 Desember 1968. la menempuh studi filsafat danteologi di Seminari Tinggi di Pematangsiantar (1989-1998). la mengucapkan kaul kekal pada tanggal 23 Augustus 1997. Lalu ia ditahbiskan sebagai imam pada tanggal 10 Oktober 1998.

    Lalu a mengambil studi Hukum Sipil di Universitas Kristen Indonesia di Jakarta (2003-2008). Selama tiga tahun (2001-2003), a belajar bahasa Belanda di Nijmegen. la dapat berbicara dalam bahasa Inggris, Italia, dan Belanda.

    Pengalaman Pastoral:

    • Wakil Romo Paroki di Katedral Pontianak (1998-2000)
    • Sekretaris Keuskupan Agung Pontianak (2008-2012)
    • Ketua Yayasan “Dharma Insan” yang mengelola rumah sakit dan sekolah perawat di Pontianak (2008-2013)
    • Minister Provinsial Pontianak (2012-2013)
    • Presiden Pacific-Asia Capuchin Conference (2012-2013)
    • Anggota Konsili Umum Kapusin (General Council) di Roma (2013 – sampai sekarang)

    Sebelumnya, Mgr. Victorius ditunjuk menjadi satu dari sembilan Definitor General (penasihat) pimpinan tertinggi Ordo Kapusin Fratrum Minorum Cappucinorum atau biasa disebut OFM Cap bertugas di Roma, Italia. Ia menjalan tugas ini sejak 15 Agustus 2013. Dia satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang akan memimpin Ordo Kapusin Asia Pasifik di Roma.

    Jabatannya diawali sebagai Presiden Pacific Asia Capucin Conference (PACC), yang berkarya di Jepang, Korsel, Filipina, Thailand, Malaysia, Indonesia, Papua Nugini, New Zealand, termasuk nanti menyusul Timor Leste.

    “Saya adalah pimpinan kedua. Lima tahun sebelumnya terpilih dari negara Filipina,” ujar alumni SMA Seminari St Paulus Nyarumkop, Singkawang yang bisa berbahasa Belanda ini.

    Tahun ini adalah periode kedua ia menjalankan tuas ini. Ia bergabung dengan sembilan penasihat seluruh dunia untuk ordo kapusin yang mewakili negara Eropa, Amerika-Kanada, Amerika Latin berbahasa Spanyol, Amerika Latin berbahasa Portugis, Eropa Timur, India, Afrika, Italia, dan Asia Pasifik sendiri.

    Dia bertugas mengadakan visitasi (kunjungan) kepada seluruh wilayah PACC, menghimpun informasi dari kantor pusat, menampung aspirasi, menganimasi persaudaraan di seluruh kawasan PACC, memimpin pemilihan-pemilihan minister provincial di setiap wilayah kerja.

    Alumni Sarjana Hukum Sipil Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta ini, mengatakan luas kerjanya akan semakin luas. Dia akan melakukan perjalanan panjang dari Roma ke beberapa negara Asia Pasifik.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI