28.5 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

“Ini keajiban ganda,” kata Ibu Seorang Bayi yang Dibaptis Paus Fransiskus Maret lalu

BERITA LAIN

More
    Miguel Ángel bersama ayah, ibu dna kedua saudara tirinya. IST

    ROMA, Pena Katolik – Selama tinggal di rumah sakit untuk penyembuhan pasca operasi hernia yang dijalaninya, Paus Fransiskus menerima dua kartu besar yang berasal dari keluarga seorang bayi bernama Miguel Ángel, yang dibaptis oleh Paus pada bulan 30 Maret 2023 di rumah sakit yang sama. Saat itu, Paus sedang menjalani perawatan karena menderita infeksi paru-paru.

    Marcela del Rosario Pariona Bárcena, ibu bayi itu, menganggap peristiwa itu sebagai “keajaiban ganda” karena Paus Fransiskus menjadi “ayah baptis” putranya dan berkontribusi pada penyembuhannya. Menurut Pariona, seluruh pengalaman itu merupakan anugerah luar biasa dari Tuhan.

    Miguel adalah bayi laki-laki yang jatuh dari kursi bayi dan mengalami pukulan di kepala. Ketika ibunya melihat bahwa dia kehilangan kesadaran, dia melaju dengan mobilnya untuk membawa bocah itu ke Rumah Sakit Humberto I. Miguel lalu dirujuk ke Rumah Sakit Gemelli dengan bantuan dua polisi wanita.

    “Anak saya dirawat karena cedera kepala, yang menyebabkan patah tulang dan gumpalan darah kecil. Bagi seorang ibu, ini sangat menakutkan, sangat menyakitkan,” kata Pariona.

    Diagnosis medis

    Pada hari kecelakaan itu, Miguel menjalani tomografi kepala yang menunjukkan “hiperdensitas kortikal di area parietal kiri”. Ini menunjukkan bahwa ada area dengan kepadatan lebih tinggi di korteks serebral.

    Selain itu, diskontinuitas tulang oksipital yang tampak cekung di sebelah kiri, menunjukkan fraktur. Menyusul temuan tersebut, pasien kecil tersebut dipindahkan ke departemen bedah saraf untuk menerima perawatan khusus.

    Di Rumah Sakit Gemelli yang sama, Paus Fransiskus melihat bayi itu keesokan harinya dan memberikan sakramen baptisan kepadanya. Paus memercikkan air suci, ketika Miguel dengan ditidurkan di atas buaian bergerak.

    “Ketika mereka mengirim kami ke area bedah saraf, saya mendengar para perawat berkata: ‘Paus akan datang untuk menyambut kami,’” kenang Pariona.

    “Saya mendekatinya dan berkata: ‘Seorang putri berdosa mendekati Anda, seorang wanita dengan banyak kesalahan, seorang wanita yang meminta Anda untuk menjadi perantara dengan Tuhan untuk kehidupan putranya.’ Paus terlihat membelai kepalanya,” dia menambahkan.

    “Selama pembaptisan dan saat paus menuangkan air ke bayi itu, anak saya mulai menangis dan menendang. Bapa Suci mengatakan sesuatu yang pada saat itu tidak saya duga: ‘Lihat bagaimana tendangan setan kecil itu.’ Saya berpikir: ‘Ya Tuhan.’ Saya tidak percaya itu berasal dari paus. Dan dia berkata, ‘Bersihkan dia.’ Jadi saya melakukannya, saya menyekanya dan menggendongnya, dan rasanya seluruh pandangan telah berubah. Saya tidak lagi merasakan beban di punggung saya, atau rasa takut yang saya miliki.”

    Keajaiban Tuhan

    Bagi Pariona, apa yang terjadi merupakan keajaiban dari Tuhan. Pariona mengatakan, fraktur akan menutup dalam enam sampai delapan minggu.

    “Saya merasa lebih bebas, karena saya menyentuh tangannya [Paus] dan berkata: ‘Tolong bantu saya, bantu saya. Hari ini saya berkata: ‘Ya, ini keajaiban, keajaiban ganda,’ karena Paus Fransiskus adalah ayah baptis putra saya, dia membaptisnya dan membantu saya menyembuhkannya. Bagi saya, itu adalah anugerah yang terlalu besar dari Tuhan,” tambahnya.

    Dua setengah bulan kemudian, di kamarnya di lantai 10 Rumah Sakit Gemelli, Paus Fransiskus mengetahui bahwa Marcela, ibu anak laki-laki itu, pergi ke rumah sakit pada 8 Juni dengan harapan bisa bertemu dengannya. Ibu muda itu ingin menghabiskan sore bersama, agar Paus bisa lebih mengenal keluarganya, karena mereka menganggap Paus sebagai bagian dari hidup mereka. Pada hari yang sama, Marcela menerima panggilan telepon kejutan dari Paus Fransiskus, yang meyakinkannya bahwa dia akan senang bertemu dengannya dan menghabiskan waktu bersama.

    Pariona mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Paus, dengan dua kartu besar yang berharap dia cepat sembuh dari operasi perutnya, di mana dia menyertakan foto keluarganya dengan pesan dalam tulisan tangan dan tanda tangan anak-anaknya. Dia pergi ke rumah sakit beberapa kali untuk mengirim salam kepada Paus dan bahkan berbicara dengan dr. Sergio Alfieri, yang mengoperasi paus.

    Saudara laki-laki bayi itu, José Miguel, 13, dan Massimo Antonio, 11, menghiasi kartu itu dengan gambar hati dan foto keluarga mereka, dan salah satu foto Paus Fransiskus saat memberkati adik laki-laki mereka. Pada 11 Juni, Pariona juga ditemani oleh ayah tiri dari putra sulungnya, Edwin Alberto Bedriñana Zegarra, 32, yang merupakan ayah Miguel Ángel yang bekerja di Bologna. Pariona menggambarkan keluarganya sebagai “lima hati dan satu detak”. Terlepas dari cobaan dan krisis yang mereka hadapi, dia bersyukur memiliki ketiga anak dan suaminya.

    Sebelum melahirkan Miguel Ángel, dia mengalami tiga kali keguguran, dan pada satu titik kehilangan kepercayaannya. Namun, ia menemukan kenyamanan pada pasangannya. Selama kehamilannya, Pariona mengungkapkan rasa syukurnya kepada surga atas berkah menjadi seorang ibu. Ia berkata dia bersyukur bisa merasakan detak jantung putranya dan semua emosi yang menyertainya.

    “Saya menengadah ke surga dan berkata: ‘Terima kasih, saya berutang budi kepada Anda.’ Hanya itu yang saya katakan. Terima kasih, terima kasih telah memberi saya berkat ini, terima kasih telah merasakan lagi tendangan kecil ini, hati yang kita miliki di dalam, emosi ini.”

    Pariona dan keluarganya akan merayakan pembaptisan dua anaknya yang lain pada 18 Juni. Tuhan tidak meninggalkan anak-anaknya dan memberikan pencobaan yang paling sulit kepada prajurit terkuatnya.

    “Saya bersujud di hadapan Tuhan pada saat putra saya pulih.”

    Saat ini, Bapa Suci sudah memiliki janji untuk bertemu dengan keluarga asal Peru ini di Casa Santa Marta, sesegera mungkin ketika para dokter mengizinkannya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI