Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Paus Fransiskus Menetapkan Aturan Baru, di Mana Kantor Auditor Vatikan akan tetap Beroperasi selama Masa Sede Vacante Kepausan

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus telah menetapkan bahwa Kantor Auditor Jenderal Tahta Suci (Officium Recognitoris Generalis) akan terus menjalankan tugasnya selama sede vacante, yaitu kondisi di mana terjadi kekosongan kepemimpinnan di Vatikan, ketika seorang Paus wafat atau mundur dan belum terpilih Paus yang baru. Sede vacante adalah periode antara kematian atau pengunduran diri seorang paus dan pemilihan penggantinya.

Menurut undang-undang Tahta Suci yang berlaku saat ini, selama sede vacante, semua kepala lembaga kuria dan anggota berhenti dari jabatannya. Paus Fransiskus memutuskan bahwa Kantor Auditor Jenderal, yang tidak memiliki sekretaris, juga dapat melanjutkan administrasi biasa dalam kasus kekosongan tahta kepausan. Auditor jenderal bertanggung jawab untuk mengaudit laporan keuangan Tahta Suci dan Negara Kota Vatikan.

Lembaga ini juga bertanggung jawab untuk mempercepat penyelidikan atas investasi kontroversial Sekretariat Negara di sebuah gedung di London, Inggris. Pembelian ini sekarang menjadi inti dari pengadilan keuangan utama Vatikan.

Kasus ini bermula saat Bank Vatikan (Istituto per le Opere di Religione/IOR), biasa disebut bank Vatikan, pertama kali setuju untuk memberikan pinjaman kepada Sekretariat Negara untuk membeli sebuah properti di London. Tapi IOR tiba-tiba berubah haluan dan membuat laporan ke auditor jenderal, yang menyelidiki.

Pengumuman tersebut merupakan bagian dari reskrip tanggal 24 Mei 2023 tentang tugas Kantor Auditor Jenderal yang ditandatangani oleh Kardinal Pietro Parolin, Sekretaris Negara Vatikan. Reskrip ini dikeluarkan setelah pertemuan pada 24 April 2023 antara Kardinal Parolin dan Paus Fransiskus . Paus mengatakan, mengingat ketentuan Konstitusi Ppostolik Gereja Praedicate Evangelium, administrasi biasa, dalam hal Tahta Apostolik kosong, tidak akan terganggu dan fungsi kontrol akan terus dijalankan oleh Kantor Auditor di bawah pengawasan Kardinal Camerlengo, atau kepala rumah Kepausan. Camerlengo bertanggung jawab untuk mengawasi persiapan konklaf kepausan dan mengelola administrasi Tahta Suci selama sede vacante.

Paus Fransiskus juga telah memutuskan untuk mengubah sebagian pasal dalam statuta Kantor Auditor Jenderal. Menurut reskrip, setelah menganalisis laporan aktivitas mencurigakan, auditor jenderal tidak akan lagi menyerahkannya kepada komisi khusus anggota dewan untuk urusan umum Sekretariat Negara, sekretaris prelatus Dewan Ekonomi, dan sekretaris Dewan. Sekretariat Perekonomian.

Sebaliknya, dengan menggunakan kata-kata Praedicate Evangelium dalam paragraf 2 pasal 224, auditor akan menyampaikan laporan tentang pemberitahuan aktivitas mencurigakan kepada prefek Sekretariat Ekonomi, dan jika dianggap perlu, kepada koordinator kardinal Dewan. untuk Ekonomi.

Perubahan ini berarti Sekretariat Negara tidak menerima laporan dari auditor tentang pemberitahuan aktivitas mencurigakan yang diterima kantor. Laporan kegiatan mencurigakan yang telah dibuktikan harus terus diteruskan ke otoritas peradilan yang tepat, reskrip menambahkan.

Reskrip paus tentang fungsi Kantor Auditor Jenderal dilakukan ketika mantan auditor Takhta Suci dan wakilnya menuntut Sekretariat Negara atas pemecatan mereka. Keduanya adalah Libero Milone dan Ferruccio Panicco yang mengajukan gugatan jutaan dolar pada November 2022; kasus ini akan disidangkan tahun ini setelah sebelumnya sempat terhambat.

Keduanya mencari kompensasi atas hilangnya pendapatan, rusaknya reputasi mereka, dan penderitaan emosional. Mereka menuntut setelah dipaksa keluar dari pekerjaan mereka pada tahun 2017. Kardinal Angelo Becciu, orang kedua di Sekretariat Negara, dikatakan bertanggung jawab atas pemecatan Milone.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini