Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Tujuh Windu Yayasan St. Markus, Kardinal Suharyo Mengapresiasi Sinodalitas Yayasan

Kardinal Ignatius Suharyo bersama para pendidik di Yayasan St. Markus. IST

JAKARTA, Pena Katolik – Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo memimin Misa tujuh windu Yayasan Santo Markus (YPM) di Gereja Santo Robertus Bellarminus, Cililitan, Jakarta Timur, 19 Mei 2023. Ia mengapresiasi para pendidik yang dapat berjalan bersama membangun Sekolah St. Markus dan menapaki masa depan dengan sebaik-baiknya. Ia terkesan dengan tema “Membangun Komunitas Pembelajar yang Sinodal” yang sangat berwarna “berjalan bersama”.

“Temanya bagus. Sinodal itu kata asing yang artinya jalan bersama-sama. Jadi intinya jelas semua yang ada disini yakni organ-organ yayasan seperti pendidik, orang tua, dan para siswa berjalan bersama-sama menapaki masa depan yang harus dipersiapkan sebaik-baiknya,” kata Mgr Suharyo.

Kerja sama itu mutlak sebagai sesuatu yang mudah diucapkan, tetapi lanjut Kardinal Suharyo, sulit dilaksanakan karena gotong royong itu sudah terlepas dari kosa kata masyarakat. Kardinal Suharyo menjelaskan ketika masyarakat lebih suka istilah “persaingan”.

“Saat ini yang sering diucapkan adalah persaingan, persaingan dan persaingan. Padahal untuk semua itu, yang kita butuhkan adalah kerjasama, bukan persaingan. Hal itulah yang ingin dicapai Sekolah Santo Markus ini,” ucap dia.

Ketika ingin membangun komunitas dan persaudaraan, akan banyak rintangan dan halangan. Kardinal Suharyo menyampaikan, cita-cita itu sangat mulia seperti yang disampaikan oleh Santo Markus agar mewartakan kepada segala makhluk, bukan hanya manusia. Kardinal Suharyo berharap hal ini menjadi inspirasi bagi semua yang terlibat di dalam pembelajaran di Yayasan dan Sekolah Santo Markus. Ia mendorong agar para pendidik menjaga dan merawat cita-cita sang pendiri Romo Robertus Bakker SJ.

“Semoga dengan demikian hari demi hari, cita-cita beliau sungguh dapat kita laksanakan karena Tuhan selalu menyertai kita dan Romo Bakker serta pendahulu kita menjadi pendoa-pendoa kita,” ucapnya.

Para Misa ini, Kardinal Suharyo didampingi para konseleberan Romo Ignatius Swasono SJ, Romo Alex Durdjo SJ, Romo Hari Kristanto SJ, Romo Andri Astanto SJ, Romo Carolus Putranto, Romo Andrea Subekti, Romo Catur Herianto OST, dan Romo Kristoforus Kristiono Puspo SJ.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini