Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Uskup Padang Membuka Rapimnas Pemuda Katolik di Pekanbaru, Riau

Misa Pembuka Rapimnas Pemuda Katolik di Pekanbaru Riau. IST

PEKANBARU, Pena Katolik  –  Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Pemuda Katolik tahun 2023 dibuka dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin Uskup Padang, Mgr. Vitus Rubianto Solichin SX di Ballroom The Zuri Hotel Pekanbaru, Jumat 19 Mei 2023. Misa tak hanya diikuti oleh kader Pemuda Katolik, namun juga diikuti dengan antusias umat Katolik di kota Pekanbaru, terutama para Orang Muda Katolik (OMK) di Pekanbaru.

Mgr. Vitus meneguhkan kader Pemuda Katolik tentang karya Roh Kudus. Hari ini dalam Misa Pembukaan ini bertepatan dengan pembukaan Novena Roh Kudus menyongsong Hari Raya Pentakosta. Ia merefleksikan firman Tuhan “Maka berfirmanlah Tuhan kepada Paulus pada waktu malam di dalam suatu penglihatan, ‘Janganlah engkau takut, teruslah memberitakan firman, dan jangan diam! Sebab Aku menyertai engkau dan tidak ada seorangpun yang akan menjamah dan menganiaya engkau, sebab banyak umat-Ku di kota ini.”

Karya-karya Pemuda Katolik sering sekali berhadapan dengan situasi-situasi yang tidak gampang. Mgr. Vitus mengingatkan, sebagai saksi-saksi Injil di tengah masyarakat, Pemuda Katolik perlu mengingat semangat pelayanan organisasi. Meski sebagai komunitas kecil, Pemuda Katolik untuk memberi warna di mana pun berada.

“Dalam statistik dibandingkan dengan umat lain mungkin kita kecil, tetapi Katolik ada di mana-mana, firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk pertama-tama memberi warna dengan sukacita dengan kehadiran kita. Di setiap tempat dimana Pemuda Katolik ditugaskan, disitulah kalian harus menjadi saksi-saksi kegembiraan, saksi-saksi sukacita-Nya,” kata Mgr. Vitus.

Secara resmi, Rapat Pimpinan Nasional I Pemuda Katolik tahun 2023 telah dibuka oleh Menko PMK Muhadjir Effendy pada hari yang sama. Rapimnas ini dihadiri oleh seluruh Pengurus Pusat Pemuda Katolik.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini