Pen@ Katolik

Perbedaan Utama antara Anglikan dan Katolik

Paus Fransiskus saat mengunjungi Gereja Anglican Semua Orang Kudus di Roma Italia tahun 2017. Vatican Media

ROMA, Pena Katolik – Dua gereja Kristen yang memiliki banyak kesamaan adalah Gereja Anglikan dan Gereja Katolik Roma. Secara lebih umum mereka dapat disebut Anglikan dan Katolik. Tradisi Anglikan berakar pada Gereja Katolik, tetapi memiliki beberapa perbedaan utama dalam keyakinannya.

Kepemimpinan

Perbedaan pertama antara kedua tradisi tersebut adalah pengakuan kepemimpinan. Anglikan adalah bagian dari “persekutuan” Gereja dan tidak memiliki otoritas pusat. Secara umum, Uskup Agung Canterbury dianggap sebagai Primus Inter Pares ‘yang pertama di antara yang sederajat’ dan hingga kini, Raja Inggris masih mempertahankan peran simbolis ini.

Sedangkan Umat ​​Katolik dengan tegas memegang teguh otoritas Paus, yang merupakan penerus Santo Petrus. Di mana Anglikan tidak mengakui otoritas itu.

Ekaristi

Meskipun umat Anglikan dan Katolik menggunakan terminologi serupa mengenai Ekaristi, mereka tidak memiliki kepercayaan yang sama. Gereja Katolik mengakui dogma “transubstansiasi”, yang dijelaskan oleh Katekismus sebagai berikut: “Dengan konsekrasi roti dan anggur terjadi perubahan seluruh substansi roti menjadi substansi tubuh Kristus, Tuhan kita dan tubuh Kristus. seluruh substansi anggur menjadi substansi darah-Nnya” (KGK 1376). Artinya, sementara rupa roti dan anggur tetap ada, substansinya diubah (melalui kuasa Allah) sepenuhnya menjadi tubuh dan darah Kristus.

Anglikan memiliki beragam kepercayaan, tetapi secara historis menolak transubstansiasi ini. Menurut “katekismus” Anglikan, mereka “menegaskan bahwa roti dan anggur adalah tubuh dan darahnya secara spiritual, dan kemudian memenuhi syarat bahwa, meskipun makanannya surgawi atau spiritual, itu mengambil bagian dari tubuh dan Kristus.”

Bagi Anglikan, Ekaristi tidak diubah secara substansial, tetapi hanya diubah secara “spiritual”, dan bergantung pada penerimaan komuni. Kehadiran Yesus tidak tetap.

Imamat

Di antara perbedaan utama antara kedua tradisi tersebut adalah kepercayaan tentang imamat. Banyak Gereja Anglikan terbuka untuk menahbiskan pria dan wanita menjadi imam. Sedangkan Gereja Katolik menegaskan bahwa hanya laki-laki yang dapat menerima Sakramen Tahbisan.