26.6 C
Jakarta
Wednesday, April 24, 2024

Mahasiswa Katolik di Kampus ini “Membuang” Smartphone Selama Setahun, Inilah yang Terjadi

BERITA LAIN

More
    Theresa Ryan, Grace Pollock, and Paul Merkel. CNA

    STEUBENVILLE, Pena Katolik – Mahasiswa Franciscan University of Steubenville, Amerika Serikat hampir menyelesaikan semester musim semi 2023, sebelum sekelompok besar mahasiswa memasuki musim panas yang berubah secara signifikan setelah berpartisipasi dalam undangan sekolah untuk “membuang” ponsel cerdas (smartphone) mereka.

    “Itu jauh lebih berpengaruh pada saya daripada yang saya kira,” kata Grace Pollock, mahasiswi jurusan keperawatan, 3 Mei 2023.

    Pollock telah melihat peningkatan dalam fokus dan produktivitasnya. Ia juga menghabiskan lebih banyak waktu melakukan aktivitas di luar rumah dan membaca sejak bergabung dengan “Beasiswa Unplugged”ini. Mereka memulai uji cobanya pada musim gugur 2022. Beasiswa ini memberikan $5.000/tahun akademik, kepada mahasiswa sarjana yang menyerahkan ponsel cerdas mereka. Siswa dapat mengajukan permohonan kembali untuk beasiswa bahkan jika mereka dipilih pada tahun sebelumnya.

    Tiga puluh siswa menerima beasiswa tahun ini. Hampir 170 siswa awalnya mendaftar, dan meskipun tidak semuanya diterima secara resmi ke dalam program, total 80 mahasiswa menyerahkan ponsel pintar mereka dan bertemu setiap bulan untuk saling mendukung dan berbagi pengalaman mereka dalam program ini.

    Inisiatif ini dimulai oleh alumni Franciscan University Justin dan Hope Schneir, keduanya dari angkatan ’99, selain sekelompok kecil alumni lainnya. Beasiswa ini dimaksudkan untuk membantu siswa memperoleh kemandirian dari ponsel cerdas mereka dan merupakan bagian dari inisiatif yang lebih besar yang diluncurkan oleh The Humanality Foundation. Beasiswa ini diciptakan dengan tujuan tunggal, membantu manusia terlibat dengan realitas dengan mendapatkan kendali atas dunia digital mereka.

    “Kami menghargai kehidupan yang dijalani sepenuhnya, kehidupan yang terhubung dengan keterlibatan yang berarti dengan diri sendiri, orang lain, dan Tuhan,” kata Justin.

    Menjadi lebih ‘hadir’

    Pollock, Paul Merkel, Theresa Ryan semua mengatakan, bahwa melepaskan ponsel cerdas mereka membantu mereka menjadi lebih “hadir”. Ia masih merasa sulit untuk berdoa kadang-kadang, tetapi meletakkan ponsel menghilangkan “hambatan besar” sehingga dia dapat “hadir untuk ilham Roh Kudus.”

    “Saya bisa duduk berdoa dan jauh lebih mudah,” kata Ryan.

    Pollock mengatakan bahwa sebelum menyerahkan ponsel cerdasnya, dia sering melihat ke perangkat sambil mengantri, tetapi sekarang tidak lagi. Sebaliknya, dia akan memulai percakapan dengan orang di sebelahnya. Pollock mengatakan bahwa dia memperhatikan bagaimana telepon menarik perhatian orang saat mereka sedang berbicara dengan orang lain.

    “Saya pikir ini cara yang bagus untuk benar-benar melihat orang-orang di depan Anda daripada melihat layar Anda saat Anda merasa tidak nyaman dalam suatu situasi. Ada pemberitahuan terus-menerus, jadi setiap kali saya berbicara dengan seseorang, mereka terus-menerus mengangkat telepon, melihatnya, dan meletakkannya,” katanya.

    Ryan berpartisipasi dalam program tersebut bersama dengan 50 siswa lainnya yang tidak menerima beasiswa. Artinya, ia melakukannya dengan suka rela. Sementara itu, Merkel menggunakan ponsel lipat, yang oleh anak zaman ini dianggap “jadul”, alih-alih memegang smartphone sepanjang hari.

    Merkel mengatakan kepada CNA bahwa teman-temannya “mulai memperhatikan” karena ponselnya “sepertinya dari tahun 2003”. Tapi situasi itu telah menjadi pembuka percakapan yang bagus, dan saat berbicara dengan rekan-rekannya tentang ponsel modern, “tidak ada yang benar-benar menyukai smartphone mereka”.

     “Hampir seketika saya menyadari bahwa pikiran saya jauh lebih jernih setelah seminggu tidak memiliki smartphone,” katanya.

    Dia mengatakan banyak orang mengatakan kepadanya: “Saya berharap saya bisa melepaskan ponsel cerdas saya, tetapi saya tidak bisa.”

    Merkel mengatakan kepada CNA bahwa sebelum bergabung dengan beasiswa itu, dia yakin dia juga tidak bisa melepaskan ponselnya.

    “Awalnya saya berpikir, ‘Itu akan sangat keren, tapi saya tidak mampu melakukannya.'”

    Selain itu, Merkel mengatakan bahwa beralih ke ponsel lipatnya jauh lebih murah daripada ponsel cerdasnya, karena dia tidak membayar untuk data dan hanya membayar sekitar $20 per bulan untuk percakapan dan SMS tanpa batas.

    “Tapi saya mungkin bisa menemukan paket yang lebih murah dari itu,” katanya.

    Tanpa smartphone, bagaimana siswa terhubung ke media sosial? Ryan bukan pengguna media sosial yang intens, tetapi Pollock dan Merkel memiliki akun Instagram yang masih aktif. Karena mereka tidak dapat mengakses akun mereka di ponsel mereka, keduanya akan menggunakan laptop mereka untuk memeriksa akun mereka sesekali.

    Merkel mengatakan dia memeriksa akunnya untuk melihat apakah dia dikirimi pesan oleh seseorang, tetapi tidak terlalu sering. Istirahat dari terus-menerus memeriksa media sosial telah membawa lebih banyak kedamaian ke dalam hidupnya karena “Anda tidak memiliki perbandingan terus-menerus tentang apa yang sedang dilakukan orang lain.”

    Apakah mereka akan kembali ke smartphone mereka?

    Merkel, Ryan, dan Pollock semuanya mengatakan komunitas Beasiswa Unplugged sangat membantu dalam mendukung mereka selama perjalanan. Selain itu, ketiganya mengatakan akan merekomendasikannya kepada siswa lain dan berharap sekolah lain mengadopsi program tersebut.

    Pollock tidak akan kembali ke ponsel cerdasnya selama sisa masa sekolahnya, tetapi akan mengevaluasi kembali begitu dia memasuki kariernya. Merkel tidak melihat dirinya akan kembali ke smartphone sama sekali. Ryan, yang berharap untuk bergabung dengan kehidupan religius setelah lulus, juga tidak akan kembali ke smartphone.

    “Kita ingin orang-orang mengenali kebaikan yang melekat dalam gaya hidup semacam ini,” kata Ryan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI