26.9 C
Jakarta
Wednesday, April 24, 2024

Bulan, Ketika Kita Bertemu Lagi dengan Maria

BERITA LAIN

More

    Pena Katolik – 1 Mei 2023, menandai dimulainya bulan Maria di seluruh dunia. Di Katedral Santo Yosef Pontianak, bulan ini diawali dengan perarakan “Pieta” ‘Patung Bunda yang memangku jenazah Yesus’. Perarakan dimulai dari Patung Bunda Maria Pieta berjalan hingga pintu masuk gereja yang diikuti oleh legioner dan para umat. Perarakan berjalan dengan membawa tandu Patung Bunda Maria hingga masuk ke dalam gereja.

    Pertama kalinya bagiku mengikuti perarakan ini. Perarakan ini mengingatkanku betapa baiknya Bunda Maria kepadaku. Melalui perantaraan Bunda Maria, apa yang aku doakan terasa langsung terjawab. Bunda benar-benar mendengarkan doaku. Aku selalu datang kepada Bunda Maria disaat badai kehidupan menerpaku. Baik suka maupun duka. Bunda selalu mendengarkan doaku.

    Pengalaman ini mengingatkanku pada masa silam. Kektika pernah suatu ketika, aku datang ke Plaza Maria di Katedral Pontianak untuk berdoa. Saat itu, aku meminta petunjuk atas apa yang sudah aku lakukan, apakah benar atau tidak. Kuserahkan semuanya di hadapan Maria.

    Tiba-tiba setelah itu, aku langsung mendapatkan jawaban atas doa yang aku sampaikan. Hanya dengan akal, pengalaman ini tentu sangat tidak masuk akal bagiku. Namun, ini adalah bukti, tidak ada yang mustahil dihadapan Maria. Ia akan membawa doaku kepada Yesus Putranya. Selanjutnya, rasanya tidak bisa berkata-kata, saat aku menyadari Bunda Maria yang sangat peduli padaku, ia yan mendengarkan dan meneruskan doa yang kupanjatkan.

    Doa melalui Bunda Maria membuatku yakin bahwa apapun doanya jika kita dengan tulus, menyerahkan semuanya pada kehendak Bapa pasti akan didengar dan dijabah oleh Tuhan. Namun bukan berarti jika kita berdoa bisa langsung terjawab oleh Tuhan. Ada juga doa yang harus membuat kita menunggu, bersabar dan berjuang atas apa yang sudah kita doakan.

    Pada Bulan Maria ini kita diajak untuk lebih dekat dengan Bunda Maria yaitu berdevosi maupun berdoa rosario. Doa yang dipanjatkan tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi tugas kita juga mendoakan saudara-saudari kita yang sedang sakit dan membutuhkan pertolongan rahmat agar bisa merasakan betapa baiknya Tuhan kepada kita. “Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataan-Mu.”

    “Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertamu, terpujilah Engkau diantara Wanita, dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus. Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Amin.”

    Note:

    Lima Peristiwa Rosario

    Peristiwa ini di doakan sesuai dengan hari dan masanya.

    • Peristiwa Gembira didoakan hari Senin, Sabtu, Masa Adven dan Masa Natal.
    • Peristiwa Terang didoakan hari Kamis.
    • Peristiwa Sedih didoakan hari Selasa, Jumat dan selama Masa Prapaskah.
    • Peristiwa Mulia didoakan hari Rabu, Minggu dan selama Masa Paskah.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI