26.9 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Setelah Lima Abad tidak Mengirimkan Utusan, Paus Fransiskus Mengutus Kardinal Parolin untuk Menghadiri Penobatan Raja Inggris

BERITA LAIN

More
    Raja Charles III. IST

    LONDON, Pena Katolik – Terakhir kali seorang Kardinal menghadiri penobatan Raja Inggris adalah pada abad ke-16. Hari ini, Paus Fransiskus mengutus Sekretaris Negara Vatikan, Kardinal Pietro Parolin untuk menghadiri penobatan Raja Charles III. Ia datang bersama dua petinggi Vatikan lainnya.

    Kardinal Parolinakan mewakili Paus Fransiskus pada penobatan Charles III, Raja Inggris, pada 6 Mei 2023. Ini akan menjadi yang pertama kalinya, setelah terakhir terjadi pada abad ke-16, seorang Kardinal menghadiri penobatan seorang raja Inggris di Westminster Abbey di London. Sebagai wakil Katolik, Uskup Agung Westminster, Kardinal Vincent Nichols, juga akan berpartisipasi dalam upacara di dalam katedral. Selain itu akan hadir Nuncio Apostolik untuk Inggris Raya, Uskup Agung Miguel Maury Buendia, juga diundang.

    Para upacar penobatan, Kardinal Nichols diharapkan memberkati Raja baru bersama dengan para pemimpin Protestan dan Ortodoks lainnya. Kardinal kemudian akan berkata kepada pemimpin baru: “Semoga Tuhan mencurahkan kekayaan kasih karunia-Nya kepada Anda, menjaga Anda dalam ketakutan suci-Nya, mempersiapkan Anda untuk keabadian yang bahagia, dan menerima Anda pada akhirnya ke dalam kemuliaan abadi.”Upaca inti penobatan ini akan dipimpin Uskup Agung Canterbury dan Pemimpin Gereja Anglikan, Justin Welby..

    Pembela Iman

    Sebagai gubernur tertinggi Gereja Inggris, Charles III akan menerima gelar “Fidei Defensor” – pembela iman – yang telah diberikan kepada Raja Henry VIII oleh Paus Leo X pada tahun 1521. Dua belas tahun kemudian, pada tahun 1533, perceraian tersebut dan pernikahan kembali Raja Inggris, tanpa persetujuan Gereja, menyebabkan ekskomunikasi oleh Paus Clement VII.

    Akibatnya, Henry VIII memprovokasi perpecahan pada tahun 1534 dengan membuat Parlemen Inggris mengakuinya sebagai “Kepala Tertinggi Gereja Inggris”. Hubungan dengan Roma secara resmi diputuskan pada tahun 1536, tetapi dibangun kembali di bawah pemerintahan Mary I (1553-1558). Penobatannya pada tanggal 1 Oktober 1553, adalah upacara terakhir yang dilakukan oleh seorang Uskup Agung Katolik – Uskup Stephen Gardiner dari Winchester. Terakhir kali seorang Kardinal hadir adalah pada penobatan Maria I sebagai Ratu Skotlandia pada tahun 1542.

    Sejak saat itu, umat Katolik dianggap sebagai musuh komunitas nasional selama beberapa abad dan dilarang masuk ke gereja Anglikan hingga akhir abad ke-20. Tanda anti-Katolik lainnya: Hingga tahun 1901, pada penobatan Edward VII, Raja baru harus secara terbuka mencela transubstansiasi. Praktik itu kemudian ditinggalkan.

    Pada penobatan terakhir, Ratu Elizabeth II pada tahun 1953, tidak ada umat Katolik yang memasuki basilika. Uskup Agung William Godfrey, Nuncio Apostolik pada saat itu – yang pertama sejak Reformasi – menghadiri prosesi ke Westminster Abbey tetapi tidak masuk. Uskup Agung Westminster saat itu, Kardinal Bernard Griffin, tidak hadir tetapi merayakan Misa untuk Ratu sehari sebelum upacara.

    Selama Pemerintahan Elizabeth II, Kardinal Griffin membantu meringankan hubungan antara Anglikan dan Katolik, terutama setelah Konsili Vatikan Kedua. Namun, hubungan diplomatik antara Britania Raya dan Tahta Suci baru dipulihkan pada tahun 1982.

    Salah satu momen terpenting dalam upacara tersebut adalah pengurapan yang dilakukan oleh Uskup Agung Canterbury sementara empat ksatria menghalangi penonton untuk melihat upacara sakral tersebut. Kepala, dada, dan tangan Raja atau Ratu diurapi agar tidak terlihat. Minyak yang akan digunakan pada 6 Mei ditahbiskan oleh Patriark Ortodoks Theophilus III di Makam Suci di Yerusalem pada 4 Maret 2023.

    Menurut sejarah, pengurapan ini diberikan oleh Paus Adrian I kepada salah satu raja pertama Inggris bersatu, Offa dari Mercia, untuk putranya Ecgfrith pada tahun 787. Praktik tersebut kemudian menjadi kebiasaan pada abad ke-10.

    Paus Fransiskus mempersembahkan dua keping Salib Suci kepada Raja baru, yang meminta agar diabadikan di salib perak untuk digunakan selama upacara penobatan. Tahta Suci mengatakan ini adalah gerakan ekumenis yang diinginkan oleh Paus.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI