Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Mgr. Rolando Álvarez yang Dipenjara Pemerintah Nikaragua, Muncul dalam Video yang Diposting oleh Kediktatoran

Uskup Matagalpa, Mgr. Rolando Álvarez. Pena Katolik

NIKARAGUA, Pena Katolik – El 19 Digital, outlet media berita yang mendukung kediktatoran Daniel Ortega di Nikaragua, memposting video Uskup Matagalpa, Mgr. Rolando Álvarez di mana dia berbagi beberapa keseharian dan apa yang dia lakukan. Video tersebut memperlihatkan dia berbagi makanan dengan saudara laki-laki dan perempuannya selama kunjungan mereka ke penjara.

Prelatus itu dijatuhi hukuman pada 10 Februari 2023 untuk jangka waktu 26 tahun dan empat bulan penjara, dengan tuduhan menjadi “pengkhianat tanah air”. Terlepas dari upaya kerabat untuk menentukan di mana dia ditahan, keberadaannya tidak diketahui hingga 25 Maret 2023.

Ketika ditanya tentang bagaimana keadaannya oleh pewawancara di luar kamera, uskup Matagalpa menjawab: “Puji Tuhan saya baik-baik saja, dengan banyak kekuatan batin, dengan banyak kedamaian dalam Tuhan dan Perawan Tersuci.”

Mengomentari kunjungannya saudara-saudaranya, Mgr. Álvarez mengatakan, bahwa mereka “berbicara, menikmati makanan yang sangat enak.”

Media berita juga memposting foto di situs webnya tentang kunjungan tersebut dalam sebuah cerita berjudul “Uskup Rolando Álvarez menerima kunjungan dari saudara-saudaranya.” Teks singkat itu hanya berbunyi: “Gambar kunjungan dan pertemuan keluarga yang diadakan Mgr. Rolando Álvarez dengan saudara-saudaranya, Vilma dan Manuel Antonio Álvarez Lagos, sore ini di Sistem Penjara Nasional Jorge Navarro de Tipitapa.”

Penjara tempat penahanan Mgr. Álvarez dikenal dengan nama La Modelo. Sejumlah pelanggaran HAM diketahui terjadi di lapas tersebut seperti kepadatan yang berlebihan, kurangnya perhatian medis, petugas lapas yang menyerang narapidana, penahanan anggota keluarga yang datang berkunjung, dan penyajian makanan yang dicampur dengan deterjen. Setelah berterima kasih kepada otoritas penjara karena telah menerima perlakuan yang baik, Mgr. Álvarez bercanda tentang keadaannya saat ini.

“Apakah saya terlihat baik, sehat, dan bagaimana wajah saya?”

Mengenakan seragam tawanannya, ia tampak lebih kurus. Ia juga berterima kasih kepada Perawan Tersuci karena berkat hingga hari ini.

“Sang Ibu melindungi kita dan selalu melindungi kita semua dengan cinta keibuan yang sama,” Mgr. Álvarez menyimpulkan dalam video tersebut, kata-kata pertamanya yang direkam sejak keyakinannya. Prelatus itu menolak untuk dideportasi ke Amerika Serikat pada 9 Februari 2023 bersama dengan 222 tahanan politik lainnya, termasuk para pendeta dan seminaris, lebih memilih untuk tinggal bersama 37 tahanan politik lainnya yang tetap berada di penjara Nikaragua. Dalam sidang kongres baru-baru ini, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken meyakinkan bahwa dia mengikuti kasus Álvarez dan mengatakan bahwa dia harus dibebaskan.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini