27.3 C
Jakarta
Tuesday, April 23, 2024

10 Tahun Kepausan Fransiskus: Ia Telah Menyetujui Penggelaran Kudus Hampir 1000 Orang Suci

BERITA LAIN

More

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus akan merayakan ulang tahun ke-10 kepausannya pada 13 Maret 2023.Saat kita merayakan ulang tahun ini, mari kita renungkan warisannya dengan mengenang orang-orang kudus yang dia kanonkan. Sampai detik ini, ia telah mengkanonisasi 911 orang kudus. Inilah beberapa di antaranya:

    1) Martir Otranto

    Dari 911 orang kudus, para Martir Otranto berjumlah 813 orang – orang kudus pertama yang dikanonisasi oleh Paus Fransiskus pada masa kepausannya pada 12 Mei 2013.

    Tentara Ottoman membunuh orang-orang kudus ini pada tahun 1480. Antonio Pezzulla (disebut Primaldo), bersama dengan 800 nelayan, pengrajin, penggembala, dan petani dipenggal kepalanya karena menolak masuk Islam.

    Dikatakan bahwa Antonio Pezzulla menyatakan, “Sekarang saatnya kita berjuang untuk menyelamatkan jiwa kita bagi Tuhan. Dan karena dia mati di kayu salib untuk kita, sudah sepantasnya kita mati untuk dia.”

    2) Paus St. Yohanes Paulus II

    Paus Fransiskus mengkanonisasi Paus St. Yohanes Paulus II pada 27 April 2014. Paus St. Yohanes Paulus II memiliki salah satu kepausan terpanjang dalam sejarah Gereja. Pelajari lebih lanjut tentang hidupnya di sini.

    3) Paus St. Yohanes XXIII

    Paus Francis mengkanonisasi Paus St. Yohanes XXIII pada 27 April 2014 – pada hari yang sama ia mengkanonisasi Paus St. Yohanes Paulus II. Paus St. Yohanes XXIII, juga “Paus yang Baik,” terkenal karena menyelenggarakan Konsili Vatikan Kedua.

    4) St. Junipero Serra

    Paus Fransiskus mengkanonisasi St. Junípero Serra pada 23 September 2015. Biarawan Fransiskan ini dianggap sebagai “Rasul California” setelah mendirikan sembilan dari 21 misi Katolik California.

    5) st. Louis & Zelie Martin (orang tua St. Theresia dari Lisieux)

    Paus Fransiskus mengkanonisasi Sts. Louis dan Zelie Martin pada 18 Oktober 2015. Mereka adalah pasangan suami istri pertama yang dikanonisasi dalam upacara yang sama.

    6) st. Fransisco & Jacinta Marto

    St. Francisco dan Jacinta Marto adalah dua dari tiga pelihat Our Lady of Fatima pada tahun 1917. Pada tahun 1979, sebanyak 300 uskup menandatangani petisi kepada St. Yohanes Paulus II, mengatakan Francisco dan Jacinta “dikenal, dikagumi, dan menarik orang ke jalan kesucian. Bantuan diterima melalui perantaraan mereka.” Mereka menambahkan bahwa “kanonisasi anak-anak adalah kebutuhan pastoral bagi anak-anak dan remaja saat ini.” Paus Fransiskus mengkanonisasi Sts. Francisco dan Jacinta Marto pada 13 Mei 2017 di Basilika Bunda Rosario di Fátima, Portugal.

    7) St Elisabeth Hesselblad

    St Elisabeth Hesselblad adalah seorang biarawati Swedia yang membantu menyembunyikan orang Yahudi dari Nazi selama Perang Dunia II. Beberapa dari mereka yang dia selamatkan hidup untuk melihat Paus Francis mengkanonisasi dia pada 5 Juni 2016.

    8) Paus St. Paulus VI

    Paus Fransiskus mengkanonisasi Paus St. Paulus VI pada Minggu, 14 Oktober 2018. Lahir Giovanni Battista Montini di Italia pada tahun 1897, Paus Paulus VI adalah paus dari tahun 1963-1978. Menutup Konsili Vatikan II adalah tugas utamanya pada tahun 1965. Ia juga menulis ensiklik terkenal, Humanae Vitae, atau Of Human Life, pada Juli 1968.

    9) Santo Oscar Romero

    Lahir di El Salvador pada tahun 1917, Oscar Romero adalah Uskup Agung San Salvador. Dia dikenal karena pidatonya menentang semua perang, gerilya dan penindasan terhadap umat Allah. Dia mengutuk semua kekerasan yang dihasilkan dari politik. Uskup Agung Romero dibunuh pada tahun 1980 oleh penembak jitu saat merayakan Misa di Kapel Rumah Sakit Penyelenggaraan Ilahi, beberapa saat sebelum konsekrasi. Paus Fransiskus mengkanonisasi Santo Oscar Romero pada Minggu, 14 Oktober 2018.

    10) Santo Vinsensius Romano

    St Vincent Romano, lahir pada tahun 1751, adalah seorang imam dan pendeta diosesan Italia di Naples Italia. Pelayanan sabda dan injil amal adalah pilar kegiatan Kristennya. Dia bekerja tanpa lelah membantu orang miskin dan sakit. Ia juga terkenal karena membangun kembali gerejanya di Naples setelah letusan Gunung Vesuvius pada tahun 1794. Paus Fransiskus mengkanonisasi Santo Vinsensius Romano pada Minggu, 14 Oktober 2018.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI