Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Penegasan lagi Pelarangan lebih Keras Vatikan atas Misa Tradisional Latin

Konsistori saat pengangkatan Kardinal Arthur Roche 27 Agustus 2022. IST

VATIKAN, Pena Katolik – Vatikan menegaskan lagi pernyataan dalam motu proprio Traditiones Custodes terkait Misa Latin Tradisional. Penegasan ini setelah pertamuan Kardinal Arthur Roche di Roma, Selasa, 21 Februari 2023. Kardinal Roche, Prefek Kongregasi Ibadah Ilahi, diterima audiensi oleh Bapa Suci. Dalam motu proprio ini, para uskup diosesan tidak lagi diberi hak pilihan dan otoritas akhir untuk menentukan apakah paroki baru di dalam keuskupannya boleh atau diizinkan mengadakan Perayaan Ekaristi Latin Tradisional (PELT).

Penegasan ini merinci perubahan pada tata kelola liturgi Tridentine Gereja, dan menunjukkan bahwa otoritas untuk menetapkan lokasi perayaan TLM sekarang hanya berada di tangan kepausan, dalam hal ini para anggota Kuria. Wewenang ini bukan lagi ada di ranah para uskup diosesan setempat.

Meski begitu, motu proprio tidak mencabut izin yang diberikan oleh uskup setempat ke paroki mana pun yang telah lama diizinkan mengadakan PELT. Dengan adanya aturan ini, mulai saat ini, setiap lokasi baru, yang akan mengadakan PELT, memerlukan izin langsung dari Vatikan.

Selanjutnya, Vatikan akan melakukan perluasan “ordo” yang selama ini didedikasikan untuk mengadakan dan mengembangkan PELT. Namun, ini berarti bahwa setiap PELT yang akan dikendalikan langsung dari Roma. Sehingga, para imam yang ingin merayakan liturgi dalam ritus tradisional, mungkin akan berjuang untuk mendapatkan otorisasi yang relevan. Konsekuensinya, ada kemungkinan permintaan baru izin ini akan tertunda oleh birokrasi terpusat yang akan memprosesnya untuk seluruh dunia.

Popularitas

PELT telah kembali mendapat temoat di kehidupan iman sebagian umat Katolik sejak Paus Benediktus XVI mengeluarkan dokumen Summorum Pontificum tahun 2007. Meskipun demikian, terlepas dari ajaran Paus Benediktus mengenai PELT bahwa “apa yang dianggap suci oleh generasi awal tetaplah suci dan agung bagi kita juga, dan itu tidak dapat tiba-tiba sepenuhnya dilarang atau bahkan dianggap berbahaya”, Kardinal Roche mengklaim bahwa PELT “ mendorong liturgi yang berbeda dengan reformasi Konsili vatikan II, begitu juga dengan eklesiologi yang bukan bagian dari Magisterium Gereja.

Sehubungan dengan itu, Traditionis Custodes memberikan hak kepada uskup setempat untuk menutup pusat PELT yang ada di keuskupan masing-masing, meski dalam kenyataannya banyak yang menolak melakukannya. Sebaliknya, banyak yang memberikan dispensasi langsung dan murah hati kepada para imam dan orang-orang dengan alasan kelestarian Misa ini menjadi sumber rahmat dan pembaruan spiritual PELT.

Beberapa dari para uskup ini tidak memiliki kedekatan khusus dengan ritus tradisional, tetapi semuanya bertindak atas perhatian terhadap umat. Tampaknya aneh juga, bahwa pengaturan lokasi PELT yang baru, adalah apa yang sekarang akan dilakukan oleh Kuria, dan bahwa akses ke PELT harus berada di urutan teratas daftar prioritas di antara masalah lain.

Namun, data menunjukkan bahwa jumlah umat Katolik yang menghadiri PELT relatif kecil. Sepanjang masa kepausannya, Paus Fransiskus telah berusaha mendukung dan memelihara kelompok minoritas di dalam Gereja, dan memang demikian.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini