29.5 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Kisah Komandan Auschwitz yang Tragis Namun Penuh Harapan

BERITA LAIN

More
    Gambaran eksekusi Rudolf Höss. IST

    AUSCHWITZ, Pena Katolik – Rudolf Höss memimpin eksekusi jutaan orang di kamp konsentrasi NaziAuschwitz. Pertanyaannya, apakah jiwa-jiwa itu dapat diselamatkan? Seseorang dapat dimaafkan karena percaya bahwa hati nurani telah mati di Nazi Jerman. Kejahatan terhadap kemanusiaan, termasuk Holocaust orang Yahudi.

    Kisah Rudolf Höss menunjukkan, bahwa bahkan di tengah hiruk pikuk pengabdian pada cita-cita Ras Arya dan kepatuhan buta pada perintah, secercah hati nurani bertahan, mengulurkan harapan keselamatan untuk setidaknya satu antek Hitler. Sayangnya, banyak kerusakan telah terjadi pada saat Rudolf Höss mengenali cahaya hati nuraninya. Dia telah membangun kamp konsentrasi Nazi di Auschwitz-Birkenau dan menjabat sebagai komandannya.

    Setelah dijatuhi hukuman mati oleh Mahkamah Agung Nasional di Polandia, Höss digantung pada tanggal 16 April 1947. Keadilan ditegakkan, menurut hukum manusia. Apa pun keadilan lebih lanjut yang dihadapi Höss di akhirat – dan Tuhan adalah hakim yang adil – dia menunjukkan pertobatan di akhir hidupnya dan meninggal dengan harapan dia akan merasakan belas kasihan Tuhan.

    Kehidupan yang taat

    Lahir dari keluarga Katolik yang taat di kota spa Jerman Baden-Baden pada 25 November 1901, Höss dibaptis saat masih bayi. Dia melihat Gereja dari dekat saat dia tumbuh dewasa. Para imam sering menjadi tamu di rumahnya. Ayah Rudolf membawa bocah itu ke Lourdes dan tempat suci Eropa lainnya. Rudolf sering pergi ke Pengakuan, dan ayahnya berharap putranya suatu hari nanti akan menjadi seorang imam. Namun pengalaman masa kanak-kanak meninggalkan kecurigaan yang mendalam terhadap para imam dan akhirnya menyebabkan dia meninggalkan Gereja.

    Saat dia bergegas turun ke sekolah bersama teman-teman sekelasnya pada Sabtu pagi, dia secara tidak sengaja mendorong anak laki-laki lain, menyebabkan pergelangan kakinya patah. Rudolf dihukum. Sadar seperti biasa, dia menyebutkan pelanggarannya dalam pengakuan mingguannya pada hari yang sama. Dia tidak melaporkan kejadian itu di rumah, kepada ayah dan ibunya.

    Pada malam yang sama, bapa pengakuannya, Pastor Hughes, yang juga seorang teman baik ayahnya, mengunjungi keluarga itu. Keesokan paginya, ayah Rudolf memarahi dan menghukumnya karena tidak segera melaporkan kejadian pendorongan itu.

    Karena telepon keluarga rusak, tidak ada pengunjung lain, dan tidak ada teman sekelasnya yang tinggal di lingkungan mereka. Rudolf menyimpulkan bahwa imam itu pasti telah membuka segel pengakuan dosa.

    “Iman saya pada Pengakuan Kudus Imamat hancur, dan keraguan mulai muncul dalam diri saya,’ tulis Rudolf.

    Setelah kejadian, ia tidak bisa lagi mempercayai imam mana pun. Ia mengubah bapa pengakuan dan segera berhenti mengaku sama sekali.

    Daripada terus mengarahkan pandangannya ke seminari, Rudolf bergabung dengan militer dan bertugas selama Perang Dunia I. Pada tahun 1922, dia bergabung dengan partai Nazi setelah dia mendengar Hitler berbicara di Munich. Belasan tahun kemudian, Heinrich Himmler, komandan SS, mengundang Rudolf untuk bergabung dengan barisannya. Rudolf menghormati Himmler dan menganggap apa pun yang dikatakannya sebagai “injil”.

    Meningkat melalui pangkat, Rudolf mengembangkan “kepercayaan pada kebenaran penyebab [Nazi] dan penampilan luar yang sedingin es meskipun ada keraguan batin. Dia bertugas di kamp konsentrasi di Dachau dan Sachsen-hausen, dan pada tahun 1940 dia ditugaskan untuk membangun kamp baru di Auschwitz di Polandia, yang diduduki Nazi. Hughes percaya bahwa Rudolf bertindak atas dasar ideologi Nazi tetapi ditolak oleh cara kejam para tahanan diperlakukan. Namun demikian, dia menjalankan perintah dari atasannya dan memberi perintah kepada bawahannya untuk melaksanakan visi Hitler.

    “Saya harus tampil dingin dan tidak berperasaan selama peristiwa ini yang mencabik-cabik hati siapa pun yang memiliki perasaan manusiawi apa pun,” tulisnya Rudolf kemudian dalam memoarnya di penjara.

    “Dengan dingin, saya harus berdiri dan menyaksikan para ibu masuk ke kamar gas bersama anak-anak mereka yang tertawa atau menangis. Saya tidak pernah senang di Auschwitz begitu pemusnahan massal dimulai.

    “Apakah kamu tidak pernah memiliki keraguan hati nurani?” tanya jaksa di Polandia kepada Rudolf di persidangannya.

    “Ya,” jawab Rudolf, “ketika angkutan massal tiba – terutama ketika kami harus memusnahkan perempuan setiap hari. Setiap orang yang terlibat memiliki pertanyaan tak terucapkan yang sama: Apakah ini perlu? Mereka mendatangi saya beberapa kali dan membicarakan hal ini. Yang bisa saya lakukan hanyalah memberi tahu mereka bahwa kami harus melaksanakan perintah tanpa membiarkan diri kami merasakan perasaan manusiawi apa pun.”

    Rudolf juga memberi tahu psikiater penjara Polandia bahwa selama tahun-tahun kamp konsentrasinya dia merasa ada sesuatu yang tidak beres. Meskipun dia tetap percaya pada ideologi Sosialisme Nasional.

    “Saya mengakui dengan pasti, bahwa meninggalkan moralitas adalah salah, dan juga kejahatan, teror, penyebaran kebencian. Saya selalu merasakan itu. Hari ini saya menyadari bahwa pemusnahan orang Yahudi itu salah, benar-benar salah.”

    Pertobatan

    Setelah kekalahan Jerman, Rudolf bekerja di pertanian dan menghindari penangkapan untuk sementara waktu, tetapi pada 11 Maret 1946, polisi militer Inggris menangkapnya. Ia diadili bersama mantan pemimpin Nazi lainnya. Dia mengakui tanggung jawab penuh sebagai komandan kamp atas semua yang telah terjadi di sana. Pada tanggal 2 April 1947, Mahkamah Agung Polandia memutuskan, bahwa ia bersalah dan menjatuhkan hukuman mati.

    Rudolf dipindahkan ke penjara di Wadowice, sekitar 19 mil dari Auschwitz. Seperti yang diketahui oleh mereka yang mengetahui kehidupan Paus St. Yohanes Paulus II, Wadowicw adalah kota di Polandia, tempat Karol Wojtyla lahir pada tahun 1920.

    Pada hari dia tiba di penjara, Rudolf meminta untuk bertemu dengan seorang pendeta. Sebuah biara Karmelit di dekatnya menyediakan pelayanan pastoral bagi para tahanan, tetapi tidak ada seorang biarawan yang fasih berbahasa Jerman. Rudolf tidak berbicara bahasa Polandia.

    Ketika para Karmelit meminta bantuan imam setempat, mereka kemudian menghubungi Kardinal Adam Stefan Sapieha, Uskup Agung Krakow. Kardinal Sapieha baru beberapa bulan sebelumnya menahbiskan Karol Wojtyla menjadi imam.

    Kardinal Sapieha lalu mengatur agar Provinsial Jesuit dari Krakow, Pastor Władysław Lohn SJ untuk pergi ke Wadowice dalam pelayanan penjara. Pastor Lohn mengunjungi Rudolf pada 10 April. Pastor Lohn telah menjabat sebagai Provinsial provinsi Polandia Selatan dari Serikat Yesus sejak 1935. Selama perang, 27 Yesuit telah dipenjarakan di Auschwitz. Dua belas dari mereka meninggal di sana.

    Pastoir Lohn mengunjungi para Yesuit yang dipenjara pada tanggal 4 September 1940. Izin tersebut masih dimiliki oleh para Jesuit di Krakow. Pastor Lohn dan Rudolf mungkin bertemu pada saat itu.

    Bertahun-tahun kemudian, dalam kunjungannya ke penjara Wadowice, Pastor Lohn menghabiskan beberapa jam dengan Rudolf, yang membuat pengakuan resmi iman Katolik. Rudolf kembali ke Gereja Katolik, yang telah dia tinggalkan seperempat abad sebelumnya. Saat itu, ia membuat pengakuan sakramental. Pastor Lohn kembali keesokan harinya untuk memberikan Komuni kepada Rudolf, ia berlutut di tengah selnya, menangis.

    Rudolf digantung pada 16 April 1947 di kamp konsentrasi yang dibangunnya. Ia meninggalkan seorang istri dan lima anak, kepada siapa dia hanya bisa meninggalkan nasihat perpisahan. Dalam sepucuk surat kepada anak-anaknya dari sel tempat dia menunggu eksekusi, dia menulis:

    “Kesalahan terbesar dalam hidupku adalah bahwa aku percaya dengan setia segala sesuatu yang datang dari atas, dan aku tidak berani mengambil sedikit pun. meragukan kebenaran dari apa yang disampaikan kepadaku.”

    Rudolf telah mengabaikan hati nuraninya. Dia mendesak anak-anaknya untuk tidak melakukannya.

    “Dalam semua usaha Anda, jangan hanya membiarkan pikiran Anda berbicara, tetapi dengarkan terutama suara di hati Anda.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI