27.3 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Bacaan dan Renungan Jumat 06 Januari 2023; Hari Biasa Mas Natal

BERITA LAIN

More

    Bacaan Pertama 1 Yohanes 5:5-13

    “Kesaksian tentang Anak Allah.”

    Saudara-saudara terkasih, tidak ada orang yang mengalahkan dunia, selain dia yang percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah! Dia inilah yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus; bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah.

    Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran. Sebab ada tiga yang memberi kesaksian di bumi: Roh, air, dan darah dan ketiganya adalah satu. Kesaksian manusia kita terima, tetapi kesaksian Allah lebih kuat. Sebab demikianlah kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya.

    Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian itu di dalam dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Allah menjadi pendusta karena orang itu tidak percaya akan kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya.

    Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita, dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. Barangsiapa memiliki Anak Allah, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Dia, ia tidak memiliki hidup. Semuanya ini kutuliskan kepada kamu supaya kamu, yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

    Mazmur Tanggapan Mzm. 147:12-13,14-15,19-20

    Ref. Pujilah Tuhan, hai umat Allah! Pujilah Tuhan, hai umat Allah!

    • Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem, pujilah Allahmu, hai Sion! Sebab Ia meneguhkan palang pintu gerbangmu, dan memberkati anak-anak yang ada padamu.
    • Ia memberikan kesejahteraan kepada daerahmu dan mengenyangkan engkau dengan gandum yang terbaik. Ia menyampaikan perintah-Nya ke bumi; dengan segera firman-Nya berlari.
    • Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan dan hukum-hukum-Nya kepada Israel . Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal.

    Bait Pengantar Injil Matius 4:23

    Ref. Alleluya, alleluya.

    Yesus memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

    Bacaan Injil Markus 1:7-11

    Inilah yang diberitakannya: “Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.”

    Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes. Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya.

    Lalu terdengarlah suara dari sorga: “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”

    Demikianlah Injil Tuhan.

    Tiga Raja

    Pada waktu Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis, langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atasNya. Lalu terdengarlah suara dari surga, “Engkaulah AnakKu yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”

    Melalui sakramen Baptis, kita dilahirkan kembali menjadi manusia baru. Dosa-dosa kita dihapuskan, kita dimurnikan dan memperoleh hidup ilahi. Tugas kita adalah mempertahankan kekudusan yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita. Sebuah tugas yang amat sulit untuk dilaksanakan, karena banyak sekali hambatan, kendala dan godaan yang mengalihkan perhatian kita daripada-Nya.

    Menyadari kelemahan dan kerapuhan diri kita, marilah kita senantiasa menjalin relasi yang erat dengan-Nya. Mohon kekuatan dan bimbingan daripadaNya agar kita dimampukan untuk memiliki ketaatan penuh terhadap perintahNya. Dengan demikian kita dapat menjalani kehidupan di dunia ini seturut dengan kehendak-Nya, yakni hidup kudus dan berkenan bagi-Nya.

    Semoga dengan kesetiaan kita meneladani sikap hidup Kristus, kelak kita disambut Bapa dengan tangan terbuka, yang menghantar kita masuk ke dalam kerajaanNya untuk memulai sebuah kehidupan baru yang kekal bersamaNya.

    Doa

    Allah yang maha murah, ajarilah kami untuk belajar dari Tiga Raja yang berani merendahkan diri di hadapan Putra-Mu. Ajarilah, agar kerendahan hati ini menjadi jiwa dan semangat hidup kami, Amin.

    Sumber https://www.sesawi.net/

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI