Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Panggilan Imamat Benediktus XVI Meneladani Petrus dan Paulus

Kardinal Josep Ratzinger mendampingi Paus Yohanes Paulus II dalam sebuah Misa di Basilika St Petrus Vatikan. IST

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Emeritus Benediktus XVI wafat pada hari ini, Sabtu 31 Desember 2012, pukul 9.30m wakru Roma di usianya yang ke-95. Ia wafat setahun setelah ia merayakan ulang tahun imamatnya yang ke 70. Dalam panggilannya ini, ia bercermin pada sosok St Petrus dan St Paulus.

Dua puluh tahun yang lalu, untuk pesta khidmat Sts. Peter dan Paul – pangeran para rasul dan pelindung kota Roma – St. Yohanes Paulus II melakukan sesuatu yang sangat tidak biasa. Dia tidak merayakan Misa kepausan di Lapangan Santo Petrus. Dia hadir, tentu saja – “memimpin” dan menyampaikan homili – tetapi selebran utamanya adalah Kardinal Joseph Ratzinger.

Kesehatan Bapa Suci tidak buruk; dia telah kembali 48 jam sebelumnya dari kunjungan bersejarahnya ke Ukraina. Sebaliknya, itu adalah kehormatan tunggal yang diberikan kepada Kardinal Ratzinger pada peringatan 50 tahun pentahbisan imamatnya. Joseph Ratzinger muda ditahbiskan sebagai imam di katedral Freising pada 29 Juni 1951.

“Kekudusan pribadi meluas ke pengorbanan tertinggi, penjangkauan misionaris dikombinasikan dengan perhatian terus-menerus untuk persatuan, integrasi yang diperlukan dari karisma spiritual dan pelayanan institusional,” tulis Yohanes Paulus kepada Ratzinger untuk kesempatan itu, mengamati bahwa kehidupan Peter dan Paul menjelaskan kehidupan Ratzinger. pelayanan imamat yang panjang.

Memperhatikan bahwa pelayanan Ratzinger telah “menjadi penghiburan besar bagi saya dalam usaha sehari-hari pelayanan saya kepada Kristus dan Gereja,” Yohanes Paulus menulis bahwa para rasul suci telah “mengilhami kehidupan imamat dan pelayanan gerejawi Anda dengan cara yang paling mulia.”

Ternyata masih ada layanan lain, lebih tinggi lagi, menunggu Kardinal Ratzinger – menggantikan John Paul. Sepuluh tahun kemudian, pada ulang tahunnya yang ke-60, Paus Benediktus XVI akan merayakan sendiri Misa Petrus dan Paulus dan merenungkan panjang lebar pelayanan imamatnya yang panjang.

Mengingat bahwa kebetulan Hari Raya Sts. Peter dan Paul dengan hari peringatan Benediktus, orang dapat mempertimbangkan panjang dan luasnya pelayanan Ratzinger / Benediktus kepada Gereja dengan melihat pesta Petrus dan Paulus di Roma pada hari peringatan sepuluh tahunnya.

Josep Ratzinger saat ditahbiskan menjadi imam. IST

1961: Harapan Yohanes XXIII

Menjelang ulang tahunnya yang ke-10 sebagai imam, pada usia 34 tahun, Pastor Joseph Ratzinger sudah menjadi sarjana teologi yang terhormat di universitas-universitas Jerman yang bergengsi.

Vatikan II akan dimulai pada tahun 1962. Kardinal Josef Frings dari Cologne meminta Ratzinger untuk menyusun sebuah pidato penting dalam agenda konsili yang akan datang, yang akan disampaikan di Genoa pada bulan November 1961. Tidak lama setelah Kardinal Frings menyampaikan pidato tersebut, seruan yang berani untuk reformasi, dia dipanggil oleh St. Yohanes XXIII. Kardinal Frings gugup karena dia telah mengecewakan Bapa Suci; sebaliknya, Yohanes XXIII mengatakan kepadanya bahwa dia telah mengungkapkan dengan tepat apa yang diharapkan Bapa Suci untuk Konsili.

Bahwa kata-kata itu sebenarnya dari Joseph Ratzinger tidak diketahui pada saat itu. Di tahun-tahun mendatang, Ratzinger akan muncul sebagai salah satu penasihat teologis yang lebih penting di Konsili.

Pada Hari Raya Sts. Peter dan Paul 1961, Paus Yohanes sangat berharap Konsili akan datang. Sudah waktunya, dia berkhotbah, untuk “keberanian,” untuk “tetap setia pada doktrin ini, doktrin apostolik, doktrin Kristus.”

Pada pembukaan Konsili itu sendiri, Paus Yohanes akan menekankan bahwa doktrin abadi Gereja perlu disajikan dengan cara-cara baru yang sesuai dengan zaman baru, bukan dikesampingkan. Itu adalah masa pengharapan untuk perluasan misionaris yang besar.

1972: Asap Setan, Ternyata tidak seperti itu.

Santo Paulus VI merayakan ulang tahun pelayanan kepausannya pada Hari Raya Petrus dan Paulus, sehingga homilinya pada kesempatan itu mengambil karakter “keadaan Gereja” tertentu. Alih-alih melihat tahun 1971, kita mungkin akan mengambil homili tahun 1972, homili Petrus dan Paulus yang paling terkenal yang pernah diberikan.

“Dari suatu celah asap Setan telah memasuki bait suci Allah,” Paulus VI secara dramatis mengatakan tentang situasi Gereja, mencatat bahwa ada “keraguan, ketidakpastian, kegelisahan, ketidakpuasan, konfrontasi yang merajalela.”

Membandingkan harapan bahwa “setelah Konsili akan ada hari cerah bagi sejarah Gereja,” Paulus VI mengeluh bahwa, “sebaliknya, itu adalah datangnya hari berawan, prahara, kegelapan. … Kami berusaha menggali jurang bukannya mengisinya.”

“Kami percaya pada sesuatu yang supranatural yang telah datang ke dunia justru untuk mengganggu, untuk mencekik buah-buah Konsili Ekumenis, dan untuk menghalangi Gereja dari membobol himne kegembiraan karena telah memperbaharui sepenuhnya kesadarannya akan dirinya sendiri,” Paulus VI menambahkan.

Dengan Bapa Suci sendiri meratapi pekerjaan Setan di Gereja, Pastor Ratzinger telah kembali ke beasiswa teologinya di Jerman. Pada awal 1970-an dia sangat cemas bahwa proyek konsili diikuti oleh kekacauan seperti itu.

Kardinal Josep Ratzinger dan Paus Yohanes Paulus II. IST

1981: Paus yang Terluka, Misi Baru

Tidak ada Misa kepausan untuk Petrus dan Paulus pada tahun 1981. St. Yohanes Paulus II memulihkan diri dari percobaan pembunuhan pada bulan Mei. Dia telah melakukan upaya heroik untuk tampil di Santo Petrus pada Pentakosta 1981, untuk memperingati 1.600 tahun Konsili Konstantinopel, yang merumuskan ajaran Pengakuan Iman Nicea tentang Roh Kudus. Tetapi dia tidak akan muncul pada hari raya Petrus dan Paulus.

Segera setelah pemilihannya pada tahun 1978, Yohanes Paulus menunjukkan bahwa dia menginginkan Kardinal Ratzinger, yang saat itu menjadi uskup agung Munich, datang ke Roma untuk pelayanan Curial. Ratzinger awalnya mengatakan Tidak, bahwa itu terlalu cepat setelah dia tiba di Munich.

Pada musim gugur tahun 1981, sekitar enam bulan setelah percobaan pembunuhan, Kardinal Ratzinger setuju dan ditunjuk sebagai prefek Kongregasi Ajaran Iman (CDF), di mana dia akan bertugas sampai pemilihannya sebagai paus pada tahun 2005.

Apakah upaya pembunuhan itu, dan indikasinya bahwa ada sesuatu yang luar biasa takdir tentang kepausan Yohanes Paulus, mengubah pikiran Ratzinger tentang pelayanan Curial? Mungkin. Atau mungkin itu hanya perjalanan waktu. Namun demikian, pada tahun 1981, misi Ratzinger berubah dan dia akan memainkan peran dominan dalam kehidupan Gereja universal selama 40 tahun ke depan.

1991: Babak Kedua

Pada bulan Mei 1991, Yohanes Paulus menerbitkan Centesimus Annus, ensiklik sosialnya yang ketiga dan terlengkap. Itu memberikan analisisnya tentang mengapa komunisme dikalahkan pada tahun 1989 dan memberikan piagam untuk masyarakat bebas yang dijiwai oleh terang Injil.

Di sebuah konsistori untuk para kardinal baru yang diadakan untuk pesta Petrus dan Paulus, Yohanes Paulus menyebutkan dua orang heroik yang telah dianiaya di balik Tirai Besi: Alexandru Todea dari Romania dan Jan Chrysostom Korec dari Slovakia. Dia juga mengungkapkan bahwa dia diam-diam telah menunjuk (in pectore) Ignatius Kung Pin-mei dari Shanghai sebagai kardinal pada tahun 1979. Sekarang Kardinal Kung yang sebelumnya dipenjara berada di pengasingan di Amerika Serikat, aman untuk mengumumkan nama tersebut.

Konsistori tahun 1991 menyimpulkan “babak pertama” dari kepausan Yohanes Paulus, pertempuran besar melawan komunisme, 1978-1991. Babak kedua adalah dekade pengajaran terbesar dalam sejarah Gereja, dengan Centesimus Annus dan Redemptoris Missio (1991), Katekismus Gereja Katolik (1992), Veritatis Splendor (1993), Evangelium Vitae dan Ut Unum Sint ( 1995) dan Fides et Ratio (1998). Dekade produktivitas yang mencengangkan ini tidak akan mungkin terjadi tanpa prefek CDF dengan bakat dan kebijaksanaan yang luar biasa. Karena alasan itulah Yohanes Paulus menghormati Ratzinger pada hari raya Petrus dan Paulus pada tahun 2001.

Pada tahun 2011 dan 2016, Kardinal Ratzinger sendiri merenungkan pentahbisan imamatnya, peringatan ke-60 dan ke-65. Itu bisa diperiksa mengingat peristiwa peringatan 70 tahunnya tahun ini.

“Di usia tua Anda berlatih lebih dalam, begitulah. Hidup telah mengambil bentuknya. Keputusan mendasar telah dibuat. Di sisi lain, orang merasakan kesulitan pertanyaan hidup lebih dalam, orang merasakan beban ketidakbertuhanan hari ini, beban ketiadaan iman yang masuk jauh ke dalam Gereja, tetapi kemudian orang juga merasakan keagungan kata-kata Yesus Kristus, yang menghindari interpretasi lebih sering daripada sebelumnya.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini