29.9 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Kita selalu dapat mulai dari awal jika bersama Yesus

"Adven adalah saat rahmat untuk melepas topeng kita," kata Paus Fransiskus

BERITA LAIN

More
    Foto Screenshoot dari Vatikan News- 4 Desember 2022 di Angelus – Paus Mendoakan semua penziarah

    Pena Katolik– Di Angelus pada Minggu Kedua Adven, Paus Fransiskus menggarisbawahi cara kerendahan hati sebagai hal yang penting dalam hidup kita, dalam mengenali kelemahan dan kegagalan kita, serta meminta pengampunan Tuhan. Dan bersama Yesus, kita selalu dapat memulai dari awal untuk kembali kepada Tuhan dan menyambut kasih-Nya yang tak terbatas.

    Paus Fransiskus bicara kepada para peziarah yang berkumpul tentang peran Yohanes Pembaptis sebagaimana diceritakan dalam Injil dalam mengundang semua orang untuk bertobat, dengan mengatakan “Bertobatlah, karena kerajaan surga sudah dekat!” Yohanes Pembaptis adalah seorang penganut yang keras dan radikal, kata Paus, memanggil orang-orang untuk bertobat dengan “seruan cinta untuk kembali kepada Tuhan.”

    Paus mengatakan mungkin kita berpikir bahwa Yohanes Pembaptis dan mengingat kekerasannya adalah orang yang keras, bahkan menimbulkan sedikit rasa takut, dan kita mungkin bertanya-tanya mengapa dia menjadi pendamping utama kita selama Masa Adven. Alih-alih kekerasan, itu adalah reaksi keras Pembaptis ketika dia menemukan kepalsuan secara pribadi. Mengingat episode-episode ketika orang-orang Farisi dan Saduki, yang dikenal karena kemunafikan mereka, mendekatinya, dia akan menantang mereka, jelas Paus.

    Mereka berpikir “mereka memiliki semuanya” dan tidak membutuhkan pertobatan, lanjutnya, dan dengan praduga dan sikap bermuka dua ini tidak menyambut momen rahmat dan kesempatan untuk memulai hidup baru. Jadi, Yohanes memberi tahu mereka, “Hasilkan buah sesuai dengan pertobatan!” Ini adalah tangisan cinta, seperti tangisan seorang ayah yang melihat putranya menghancurkan dirinya sendiri dan berkata kepadanya, “Jangan sia-siakan hidupmu!” lanjut Paus.

    Kemunafikan menghadirkan bahaya terbesar, kata Paus, karena itu dapat merusak bahkan realitas yang paling suci sekalipun. Dan inilah mengapa Yohanes Pembaptis, dan Yesus di kemudian hari, bersikap keras terhadap orang-orang munafik, mereka yang tidak memiliki kerendahan hati atau kesadaran akan keberdosaan dan kelemahan mereka sendiri, dan melihat masalah ini hanya pada orang lain. “Oleh karena itu, keberanian tidak penting untuk menyambut Tuhan, kerendahan hati. Itu membutuhkan turun dari tumpuan dan dibenamkan ke dalam air pertobatan.”

    Jalan kerendahan hati

    Paus berkata bahwa kita juga perlu memikirkan tentang perilaku dan sikap kita sendiri dan mempertimbangkan apakah kita juga kadang-kadang mirip dengan orang Farisi yang diceritakan dalam Injil. Apakah kita terkadang berpikir bahwa kita lebih baik dari orang lain, bahwa kita memiliki segalanya di bawah kendali, atau tidak memiliki kebutuhan sehari-hari akan Allah dan saudara-saudari kita?

    “Adven adalah saat rahmat untuk melepas topeng kita dan berbaris dengan orang-orang yang rendah hati, untuk dibebaskan dari anggapan keyakinan menjadi mandiri, untuk pergi mengakui dosa-dosa kita dan menyambut pengampunan Tuhan, untuk meminta pengampunan dari mereka yang telah kita sakiti.”

    Ketika kita meminta pengampunan dari Tuhan, kita memulai hidup baru, Paus Fransiskus menekankan, dan “hanya ada satu jalan, jalan kerendahan hati,” yang dapat menuntun kita untuk diampuni dan dimurnikan dari kelemahan, rasa superioritas, atau kemunafikan kita. , untuk menyadari bahwa kita semua adalah orang berdosa. “Yesus sebagai Juruselamat… datang untuk kita apa adanya, dengan kemiskinan, kesengsaraan dan kegagalan kita, terutama dengan kebutuhan kita untuk dibangkitkan, diampuni dan diselamatkan.”

    “Dan marilah kita mengingat satu hal: bersama Yesus, selalu ada kemungkinan untuk memulai kembali. Selalu!”

    Yesus menunggu kita, dan tidak pernah bosan dengan kita, tegas Paus. Dan Adven memberi kita waktu rahmat khusus untuk kembali kepada Tuhan, tambahnya, berdoa agar Maria dapat “membantu kita untuk bertemu dengan-Nya dan saudara-saudari kita di jalan kerendahan hati.”

    Berdoa untuk kedamaian

    Setelah doa Angelus, Paus mengenang bahwa Kamis ini kita akan merayakan Hari Raya Maria Dikandung Tanpa Noda, dan agar kita dapat mempercayakan doa kita untuk perdamaian, terutama bagi rakyat Ukraina yang menderita.

    Di antara kelompok peziarah yang hadir di Lapangan Santo Petrus, dia juga menyebutkan khususnya mereka yang berasal dari Polandia, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan mereka pada Hari Doa hari ini dan pengumpulan dana untuk membantu Gereja di Eropa Timur. (PEN@ Katolik/Sam/Vatikan News).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI