Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Vatikan Mengatakan, Tiongkok Telah Melanggar Perjanjian Terkait Pengangkatan Uskup

Ilustrasi Tiongkok vatikan. CNA

VATIKAN, Pena Katolik – Vatikan mengatakan pada hari Sabtu, 26/11/2022, bahwa pihak berwenang Tiongkok telah melanggar persyaratan yang ditetapkan dalam perjanjian sementara tentang penunjukan uskup. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada 26/11/2022 mengatakan, bahwa “Tahta Suci mencatat dengan terkejut dan menyesal” bahwa Uskup John Peng Weizhao telah dilantik sebagai Uskup Pembantu Jiangxi. Sejauh ini, keuskupan ini masih belum diakui oleh Vatikan.

Upacara pelantikan Peng dilakukan di Nanchang, Tiongkok.  Takhta Suci berharap bahwa episode serupa tidak akan terulang. Vatikan tetap menunggu komunikasi yang tepat mengenai masalah ini dari pihak berwenang Tiongkok. Vatikan menegaskan kembali kesiapan untuk melanjutkan dialog penuh hormat mengenai semua hal yang menjadi kepentingan bersama.

Uskup Peng, di sisi lain, diangkat secara sah oleh Paus Fransiskus pada tahun 2014. Ia diam-diam ditahbiskan sebagai uskup bawah tanah Keuskupan Yujiang. Hal ini membuatnya ditangkap oleh otoritas China dan ditahan selama enam bulan, menurut Asia News. Sementara itu, batas-batas Keuskupan Jiangxi, di mana Uskup Peng akan bertugas, dibuat oleh otoritas Tiongkok tanpa persetujuan Vatikan.

Asosiasi Patriotik Katolik Tiongkok mempublikasikan di situs resminya bahwa upacara pelantikan uskup Peng dilakukan pada 24 November 2022 dengan “persetujuan dari Komite Urusan Pendidikan Katolik Provinsi Jiangxi dan persetujuan dari konferensi uskup Katolik Tiongkok.”

Pengukuhan Mgr John Peng Weizhao menjadi Uskup Pembantu di Keuskupan Jiangxi pada 24 November 2022. CNA

Asosiasi Katolik, yang disetujui pemerintah, mengatakan, Uskup Peng bersumpah pada upacara pelantikan untuk membimbing Katolik beradaptasi dengan masyarakat sosialis dan berkontribusi pada impian peremajaan besar bangsa Tiongkok.

Uskup John Baptist Suguang Li dari Nanching memimpin upacara pelantikan dengan dihadiri sekitar 200 orang. Uskup Li menjabat sebagai wakil presiden konferensi uskup Tiongkok, sebuah kelompok yang belum menerima pengakuan publik dari Takhta Suci.

Upacara pelantikan berlangsung satu bulan setelah Vatikan memperbarui kesepakatannya dengan Beijing mengenai penunjukan uskup Katolik untuk dua tahun tambahan. Perjanjian sementara antara Takhta Suci dan Tiongkok pertama kali ditandatangani pada September 2018 dan diperbarui untuk dua tahun lagi pada Oktober 2020.

Mantan uskup Hong Kong, Kardinal Joseph Zen menjadi kritikus keras dari perjanjian tersebut ini sejak awal disepakati. Ia dihukum oleh pengadilan Hong Kong dan didenda HK$4.000 sehari setelah pelantikan Uskup Peng. Vatikan belum membuat pernyataan tentang keyakinan Zen.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini