Pen@ Katolik

Seorang Imam Dibebaskan di Abuja Nigeria setelah Seminggu Diculik

Umat Katolik di Nigeria saat mengikuti Misa di salah satu gereja di negara itu. IST

ABUJA, Pena Katolik – Pastor Peter Abang Ochang adadalah pastor Paroki Misi Katolik Roma (RCM) St. Stefanus di Keuskupan Ogoja, di negara bagian Cross River, Nigeria. Ia diculik di daerah yang masih belum di negara bagian Nasarawa, bersama dengan beberapa anggota Komunitas St Tadeus, 24 November 2022. Mereka diculik saat menghadiri kegiatan gerejawi. Dalam perjalanan, mereka diserang dan dibawa dengan paksa ke semak-semak.

Berita penculikan mereka dirilis hari ini, 25 November 2022, dalam Misa pagi oleh Pastor Fidelis Kajibia, administrator Katedral Santo Benediktus, Igoli Ogoja. Kabar tersebut kemudian dikonfirmasi oleh presiden Dewan Pendidikan Keuskupan Katolik Keuskupan Ogoja, Peter Nandi Bette.

Otoritas polisi di kedua negara bagian belum membuat pernyataan tentang penculikan itu. Sementara itu, Pastor Victor Ishiwu yang melayani di Paroki St. Tadeus di Eburummiri, Ibagwa-Aka, Igbo-Eze Selatan wilayah pemerintah negara bagian Enugu, yang diculik pada dini hari Sabtu, 19 November 2022. Ia diculik saat memimpin doa adorasi di gereja. Meski begitu, Pastor Victor lalu dibebaskan 25/11/2022.

“Pastor Victor dibebaskan di pegunungan dua hari lalu,” kata Pastor Benjamin Achi, direktur komunikasi keuskupan Enogu.

Pastor Victor dalam keadaan sehat, ketika dibebaskan. Menurut kesaksian yang dikumpulkan, para penculik masuk ke tempat ibadah setelah tengah malam dan mulai menembak ke udara. Pastor Ishiwu, bersama umat berhasil melarikan diri dan bersembunyi di berbagai tempat. Namun, para bandit, yang berbicara bahasa Inggris, Pidgin, dan Fulani, mengikuti pendeta ke pastoran dan mengancam akan membakar gereja dan pastoran, jika dia menolak untuk pergi bersama mereka.