26.9 C
Jakarta
Wednesday, April 24, 2024

Paus Fransiskus Mengunjungi Sepupunya di Italia Utara

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus bersama sepupu keduanya Carla Rebezzana di rumah keluarga di Portacomaro Italia. CNA

    ASTI, Pena Katolik – Paus Fransiskus melakukan perjalanan ke Portacomaro, Asti di Italia utara pada hari Sabtu, 19/11/2022 untuk merayakan ulang tahun ke-90 sepupu keduanya Carla Rabezzana. Di sana ia berjumpa dengan dengan kerabat Italia-nya.

    Paus berusia 85 tahun itu tiba dengan helikopter di provinsi Asti Italia, 30 mil sebelah timur Turin, tepat sebelum tengah hari pada 19 November. Paus berhenti sejenak untuk berdoa di sebuah gereja lokal sebelum menyapa Rabezzana di rumahnya di kota Portacomaro. Di tempat ini, Paus bergabung dengan lima kerabat lainnya dan keluarga mereka untuk makan siang bersama.

    Rabezzana, yang genap berusia 90 tahun pada 8 November, mengatakan bahwa dia menantikan untuk memeluk sepupunya (paus) karena mereka tidak bertemu selama tiga tahun karena pandemi COVID-19.

    “Dan kemudian kami akan mengobrol, seperti yang kami lakukan setidaknya sebulan sekali di telepon dengan kerabat yang saling mencintai. Saya akan bertanya tentang lututnya, yang membuatnya sakit sekarang. Dia berbicara kepada saya tentang hal itu ketika kami berbicara di telepon.”

    “Untuk makan siang hari Sabtu, sepupu lain dan saya akan menyiapkan daging panggang dan banyak sayuran, dia makan banyak, terutama sekarang, dan kemudian bunet, puding berbahan dasar kakao khas masakan Piedmont,” kata Rabezzana. “Namun, kami akan memiliki kue ulang tahun pada hari Minggu saat makan siang dengan uskup setelah Misa,” tambahnya.

    Kampung Halaman sang Ayah

    Paus Fransiskus bermalam di Asti. Pada hari minggu, 20/11/2022, Paus memimpin Misa publik pada Hari Raya Kristus Raja di Katedral Asti. Kunjungan ini membawa Paus kembali ke keuskupan di Italia, tempat ayahnya, Mario Jos Bergoglio, tinggal sebelum beremigrasi dari Italia ke Argentina pada tahun 1929. Kakek-nenek dari pihak ibu Paus juga berimigrasi ke Argentina dari Italia utara.

    Paus Fransiskus, yang lahir di Buenos Aires pada tahun 1936, telah mempertahankan kontak dengan kerabat di Asti dan Turin sejak pemilihannya sebagai paus. Selama kunjungan ke Turin pada tahun 2015, paus makan siang bersama enam sepupunya dan keluarga mereka.

    Paus sangat dipengaruhi oleh nenek dari pihak ayah Rosa Margherita Vassallo, yang sangat religius. Dia telah menyebutkan dia di banyak homili dan mengutip puisi Italia, “Rassa nostrana” oleh Nino Costa, yang katanya Rosa mengajarinya dalam dialek Piedmont setempat.

    Dalam wasiat rohaninya, Rosa menulis: “Semoga cucu-cucu saya, yang telah saya berikan yang terbaik dari hati saya, panjang umur dan bahagia. Jika suatu hari rasa sakit, sakit atau kehilangan orang tersayang akan mengisi mereka dengan penderitaan, semoga mereka selalu ingat bahwa nafas di depan Tabernakel, di mana martir terbesar dan penting diamankan, dan pandangan sekilas kepada Maria di kaki salib, dapat meninggalkan setetes balsam pada luka yang paling dalam dan paling menyakitkan.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI