26.9 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Mgr. Valentinus Saeng Ditahbiskan Menjadi Uskup Sanggau

BERITA LAIN

More
    Ritus Penumpangan tangan dalam Tahbisan Uskup Sanggau Mgr Valentinus Saeng CP. IST

    SANGGAU, Pena Katolik – Mgr Valentinus Saeng CP ditahbiskan menjadi Uskup Sanggau oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo, 11 November 2022, di Katedral Hati Kudus Yesus, Sanggau, Kalbar. Misa Tahbisan berlangsung khidmat dan dihadiri 34 uskup di Indonesia serta Uskup dari Sarawak Malaysia.

    Mgr Pioppo mengatakan, ia merasakan suka cita besar dapat memberikan pelayanan petahbisan Uskup Sanggau. Ia meyakini, suka cita ini juga dirasakan seluruh umat Keuskupan Sanggau.

    “Saya yakin bahwa perasan saya ini juga dimiliki oleh anda sekalian, para pejabat, para Uskup, para Imam, dan semua umat Allah. Sungguh Kristus sang gembala baik menghendaki tidak hanya untuk memberikan uskup yang baru dan muda bagi gereja lokal yang terpandang dan luhur ini, tapi ia melakukannya dengan memilih seorang putra dari suku dayak, dan anggota terhormat dari kongregasi para imam pasionis,”katanya.

    Mgr Piero Pioppo mengucapkan terimakasih kepada Mgr Yulius Mencuccini CP atas pelayannya menggembalakan umat di Keuskupan Sanggau. Ia mengatakan, selain uskup, para imam, biarawati, dan ketekis memiliki komitmen yang sama dan berkehendak baik untuk membangun Gereja lokal.

    “Saya mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati kepada Mgr Yulius Mencuccini, dan semoga teladan anda bersama dengan mereka semua yang telah merawat umat yang dikasihi tuhan, selalu menjadi berkat dan penyemangat bagi gembala baru,”katanya.

    Untuk uskup yang baru, Mgr. Pioppo Kepada dengan tulus hati mengucapkan selamat sebagai sesama saudara. Ia berpesan, agar Mgr Valentinus dapat menjaga, melayani dan menghormati dan mengembangkannya Gereja lokal dengan lebih bersemangat.

    Uskup Sanggau, Mgr Valentinus Saeng CP. IST

    Dalam tahbisan ini, Mgr. Pioppo didampingi Ketua Konferensi Waligereja Indonesia, Kardinal Ignatius Suharyo dan Uskup Emeritus Sanggau, Mgr Giulio Mencuccini CP. Pentahbisan ini dihadiri ribuan umat katolik di Keuskupan Sanggau, dan undangan baik eksekutif maupun legislatif dan pejabat lainya.

    Pada kesempatan ini, Mgr Valentinus mengucapkan terimakasih kepada para penahbis dan para uskup yang hadir. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sanggau dan Sekadau yang telah mendukung secara total acara ini.

    “Terima kasih juga kepada para panitia dan semua kelompok yang terlibat dalam acara ini. Juga kepada aparat keamanan, TNI Polri, Satpol PP, ormas, para donatur, Dishub, anggota koor, para misdinar, dan semua pihak yang terlibat. Tuhan membalas kalian,”jelasnya.

    Mgr Saeng juga mengucapkan terima kasih kepada uskup emeritus Keuskupan Sanggau, Mgr Yulius Mencuccini. Sebagai penerus, ia merasa terhormat diberi kepercayaan untuk berkarya sebagai Uskup Sanggau

    “Saya hanya ingin mengutip apa yang dikatakan oleh Vatikan, beliau adalah misionaris besar dalam hal karya disini. Umat di Keuskupan Sanggau bisa berada dalam keadaan seperti begini, karena beliau telah berkerja keras,”ujarnya.

    Bupati Sanggau, Paolus Hadi berjanji akan mendukung bersama umat di dalam doa dan kerja Uskup Sanggau yang baru. Ia berharap, Mgr Valentinus dapat bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sanggau dalam rangka pengembangan umat dan masyarakat.

    “Sebagaimana yang disampaikan oleh Mgr Valen tadi, kami tahu karya Mgr Yulius. Terima kasih untuk semuanya, kami percaya Mgr Yulius tidak secepatnya meninggalkan tempat tercinta ini dan pasti tetap kembali bertemu dengan kami dan tentunya selalu mendoakan kita,”katanya.

    Pada haritahbisan ini, Mgr Mencuccini mengajak kepada seluruh umat di Keuskupan Sanggau untuk bersyukur kepada Tuhan atas uskup yang baru. Ia meyakini, keberlanjutan kepemimpinan di Keuskupan Sanggau akan dapat berjalan dengan baik berkat uskup baru yang unggul dalam bidang filsafat dan teologi.

    “Mgr Valen adalah seorang yang kayak dengan bakat-bakat dan kemampuan nalar filsafat, sehingga pasti bisa membumikan dan mengakarkan iman kristiani,”katanya.

    Ia mengatakan, sejak hari ini dan seterusnya, Mgr Valen mewakili Kristus sang gembala yang baik, yang membangun kawanan domba Allah dalam kebenaran dan kesucian, melayani dan mencintai sepenuh hati dengan dedikasi yang tinggi pada setiap kebutuhan umat beriman dan semua orang yang berkehendak baik yang tinggal di keuskupan ini.

    “Saya mengucapkan terima kasih atas kejadian Dubes Vatikan, Kardinal, para Uskup, para undangan dan umat Keuskupan Sanggau pada acara pentahbisan ini,”kata Mgr. Mencuccini.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI