28.3 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Tahbisan Uskup Baru Jayapura akan Dilaksanakan Februari Tahun Depan

BERITA LAIN

More
    Mgr Yanuarius Teofilus Matopai You (tengah) saat memimpin Perayaan Ekaristi.

    JAYAPURA, Pena Katolik – Uskup Terpilih Jayapura, Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You akan ditahbiskan di Katedral Kristus Raja Jayapura, Papua Barat. Pemberitahuan ini disampaikan secara langsung oleh Uskup Jayapura saat ini, Mgr Leo Laba Ladjar OFM dalam suratnya tertanggal 8 November 2022.

    Selain memuat informasi mengenai tahbisan Uskup Jayapura, Mgr. Leo juga menyampaikan beberapa agenda Keuskupan Jayapura. Di antaranya, akan diadakan pertemuan Dewan Pastoral Keuskupan 9-14 Januari 2023, Pemberkatan Katedral Jayapura 15 Januari 2023, kemudian aka nada pisah-sambut Uskup baru pada 6 Februari 2022.

    Mgr. Leo mengatakan, pada pertemuan pastoral keuskupan akan dibahas tentang kelanjutan sinode keuskupan. Mgr Leo juga mengingatkan kembali untuk membahas mengenai keluarga sebagai “Gereja Rumah Tangga” sesuai dengan nilai-nilai yang digaungkan dalam dokumen kepausan Amoris Laetitia.

    Mgr. Leo juga menjelasakan akan membentuk kepanitiaan dalam menyambut upacara tahbisan Uskup nanti. Ia menyampaikan, seluruh lapisan umat akan bersatu dan gotong royong dalam mempersiapkan acara tahbisan.

    “Untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ini semua saudara-saudara diharapkan berpartisipasi,” ujar Mgr. Leo dalam suratnya.

    Putra Papua Pertama

    JAYAPURA, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengangkat Mgr Yanuarius Teofilus Matopai You, menjadi uskup Keuskupan Jayapura pada hari ini, Sabtu 29 Oktober 2022. Pengumuman itu disampaikan oleh Uskup Jayapura, Mgr. Leo Laba Ladjar OFM, di Gereja Keuskupan Jayapura, mewakili Nunsius Apostolik Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo.

    “Bapa Suci pada jam yang sama ini telah mengangkat Reverandus Dominus, Pastor Yanuarius Teofilus Matopai You sebagai Uskup Jayapura,” ujar  Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM.

    Dengan pengangkatan ini, maka Paus juga secara resmi menerima permohonan pengunduran diri Uskup Jayapura Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM karena alasan usia. Mgr Yanuarius You merupakan imam asali Papua. Dia merupakan imam diosesan Keuskupan Jayapura dan saat ini menjabat sebagai Direktur Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Fajar Timur Theolog dan Seminari St. Yohanes Maria Vianney Jayapura.

    Mgr Yanuarius Teofilus Matopai You lahir pada tanggal 1 Januari 1961 di Uwebutu, Keuskupan Timika. Ia menyelesaikan studi filsafat dan teologi di Fajar Timur – STFT di Abepura (Jayapura) dan ditahbiskan menjadi imam pada 16 Juni 1991, diinkardinasi di Keuskupan Jayapura.

    Setelah ditahbiskan beliau ditunjuk sebagai pastor di Paroki Kristus Terang Dunia di Yiwika (1991-1997); Pastor di Arso, Kabupaten Keerom (1998-2002); Vikaris Jenderal dan Gembala Gereja Katedral Kristus Raja Jayapura (2002-2006);

    Kemudian beliau melanjutkan studi Magister Psikologi di UGM Yogyakarta (2007-2010), dan  kemudian menjadi Dosen STFT Fajar Timur dan Direktur Seminari St. John Mary Vianney, Jayapura (2011-2018);

    Selanjutnya beliau ditunjuk menjadi Ketua Komisi Pendidikan Keuskupan dan Pengawas Yayasan (sejak 2015);

    Berikutnya, RD Yanuarius kembali menempuh studi doktoral bidang Antropologi di Universitas Cenderawasih (2018-2020). Sejak tahun 2020 menjabat Direktur STFT Fajar Timur hingga sekarang.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI