Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Rayakan Ultah ke-100, Seorang Yesuit Mendapat Selamat dari Paus Fransiskus

Pater Sabino Maffeo SJ (tengah). Vativan News

ROMA, Pena Katolik – Paus Fransiskus menulis surat kepada Pater Sabino Maffeo SJ, mantan Direktur Teknik Radio Vatikan itu merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Paus Fransiskus telah menulis surat kepada Pater Maffeo pada kesempatan ulang tahunnya yang jatuh pada hari Selasa, 01 November 2022.

“Kabar baik telah sampai kepada saya bahwa pada 1 November, Hari Raya Semua Orang Kudus, Anda akan berusia 100 tahun,” kata Paus Fransiskus.

Paus juga menyoroti bahwa pada hari ini ulang tahun ini, 85 tahun yang lalu, Pater Maffeo memasuki Serikat Yesus. Bapa Suci mengungkapkan kegembiraannya yang besar dan pengalaman penghiburan spiritualnya untuk dapat bergabung dalam perayaan peringatan seratus tahun, bersyukur kepada Tuhan yang memanggil Fr. Maffeo “untuk petualangan hidup yang indah, yang tidak akan pernah berakhir, dan panggilan untuk menjadi pendamping Yesus, untuk mencintai dan melayani dalam segala hal.”

Selama tahun-tahun hidupnya yang panjang, Pater Maffeo mengemban misi dengan tanggung jawab besar, dengan beberapa yang secara khusus berhubungan dengan Tahta Suci, kata Paus.

Setelah menjabat sebagai Provinsial SJ Romawi (1968 – 1973), ia ditugaskan sebagai Direktur Teknik di Radio Vatikan (1973 – 1985). Setelah itu, ia menerima misi lain dalam pelayanan Takhta Suci, bekerja di Castel Gandolfo di Specola Vatikan, pertama sebagai asisten Direktur, dan kemudian sebagai sejarawan dan arsiparis (1985–2017). Saat ini, Pater Maffeo tinggal di St. Peter Canisius Residence, sebuah komunitas Jesuit yang juga berfungsi sebagai rumah sakit bagi para Jesuit yang sudah tua dan sakit.

Paus Fransiskus mencatat bahwa Pater Maffeo, ketika tinggal di komunitas, telah dipercayakan dengan misi untuk “berdoa bagi Gereja dan Masyarakat.” Paus mendesak Pdt. Maffeo juga berdoa untuknya karena dia percaya pada kekuatan doa, yang, menurut St. Agustinus, “adalah kekuatan manusia dan kelemahan Tuhan.”

“Dengan sukacita yang tulus, saya bergabung dalam ucapan syukur Anda atas hal-hal besar yang telah dilakukan Yang Mahakuasa untuk Anda dalam seratus tahun hidup Anda,” kata Paus.

Paus Fransiskus mengakhiri suratnya dengan memohon berkat Tuhan atas Pdt. Maffeo, melalui perantaraan Maria, Bunda Gereja.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini