28.8 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Apa yang Dikatakan Dokumen Sinode Tentang Penahbisan Perempuan dan Isu LGBT?

BERITA LAIN

More
    Uskup dalam Gereja Katolik. IST

    VATIKAN, Pena Katolik –  Inti dari proses sinode adalah “Gereja yang mampu melakukan inklusi radikal”. Hal ini tertuang dalam dokumen kunci Sinode yang dirilis oleh Vatikan pada hari Kamis, 27 Oktober 2022.

    Dokumen yang baru dirilis ini berjudul “Enlarge the space of your tent,” ‘Perbesar Ruang Tenda Anda’ terdiri dari 44 halaman. Dokumen ini bertujuan sebagai pemandu untuk Sinode Tahap Kontinental yang dimaksudkan untuk memicu dialog dan membangkitkan umpan balik.

    “Ini bukan dokumen konklusif karena prosesnya masih jauh dari selesai,” kata pernyataan itu.

    Keuskupan Katolik di seluruh dunia telah diminta untuk menanggapi dokumen tersebut dengan menyoroti intuisi apa yang beresonansi dan perbedaan apa yang muncul dengan realitas Gereja di benua mereka.

    Inilah yang dikatakan dokumen tentang penahbisan perempuan dan LGBT:

    Penahbisan Wanita

    64: “Setelah mendengarkan dengan saksama, banyak laporan meminta agar Gereja melanjutkan penegasannya sehubungan dengan serangkaian pertanyaan spesifik: peran aktif wanita dalam struktur pemerintahan badan-badan Gereja, kemungkinan bagi wanita dengan pelatihan yang memadai untuk berkhotbah di lingkungan paroki , dan seorang diakonat perempuan. Keragaman pendapat yang jauh lebih besar diungkapkan tentang masalah penahbisan imam bagi wanita, yang oleh beberapa laporan disebut, sementara yang lain menganggapnya sebagai masalah tertutup.”

    Dokumen tersebut mengatakan bahwa “hampir semua laporan mengangkat isu partisipasi penuh dan setara perempuan. “… Namun, laporan-laporan tersebut tidak menyetujui satu atau satu tanggapan lengkap terhadap pertanyaan tentang panggilan, inklusi, dan perkembangan wanita dalam Gereja dan masyarakat.”

    61: “Gereja menghadapi dua tantangan terkait: wanita tetap menjadi mayoritas dari mereka yang menghadiri liturgi dan berpartisipasi dalam kegiatan, pria minoritas; namun sebagian besar peran pengambilan keputusan dan pemerintahan dipegang oleh laki-laki. Jelaslah bahwa Gereja harus menemukan cara untuk menarik pria ke keanggotaan yang lebih aktif di Gereja dan untuk memungkinkan wanita berpartisipasi lebih penuh di semua tingkat kehidupan Gereja.”

    Dokumen itu juga mengutip laporan Tanah Suci: “Dalam sebuah Gereja di mana hampir semua pengambil keputusan adalah laki-laki, hanya ada sedikit ruang di mana perempuan dapat membuat suara mereka didengar. Namun mereka adalah tulang punggung komunitas Gereja, baik karena mereka mewakili mayoritas anggota yang berlatih maupun karena mereka termasuk di antara anggota Gereja yang paling aktif.”

    LGBTQ dan Poligami

    39. “Di antara mereka yang meminta dialog yang lebih bermakna dan ruang yang lebih ramah, kami juga menemukan mereka yang, karena berbagai alasan, merasakan ketegangan antara menjadi anggota Gereja dan hubungan cinta mereka sendiri, seperti: perceraian yang menikah lagi, orang tua tunggal, orang yang hidup dalam pernikahan poligami, orang LGBT, dll.”

    Dokumen tersebut juga menyertakan kutipan dari laporan Konferensi Waligereja Afrika Selatan, yang merangkum tantangan yang dihadapi sinode untuk mereduksi banyak pandangan berbeda tentang pengajaran Gereja dalam suatu komunitas menjadi “sikap komunitas yang definitif”:

    “Afrika Selatan juga dipengaruhi oleh tren internasional sekularisasi, individualisasi, dan relativisme. Isu-isu seperti ajaran Gereja tentang aborsi, kontrasepsi, penahbisan perempuan, klerus menikah, selibat, perceraian dan pernikahan kembali, Perjamuan Kudus, homoseksualitas, LGBT diangkat di seluruh keuskupan baik pedesaan maupun perkotaan. Tentu saja ada pandangan yang berbeda tentang ini dan tidak mungkin untuk memberikan sikap komunitas yang pasti tentang masalah ini.”

    Pernikahan poligami disebutkan dua kali dalam dokumen tersebut. Paragraf 94 mengatakan: “banyak ringkasan juga menyuarakan rasa sakit karena tidak dapat mengakses Sakramen-sakramen yang dialami oleh para perceraian yang menikah lagi dan mereka yang telah melakukan pernikahan poligami.”

    Selain kedua tema ini, masih ada beberapa tema lain yang dicantumkan dalam dokumen awal ini. Dokumen ini dimaksudkan sebagai pemicu diskusi lebih lanjut dalam berjalannya sinode. Diharapkan, Gereja-gereja local menjadikan dokumen ini sebagai penunjuk arah, untuk menentukan tema apa saja yang cocok dalam konteks local untuk menjadi pembahasan lebih mendalam.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI