27.3 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Vatikan Menolak untuk Menyerah Membuka Kemungkinan Negosiasi Damai di Ukraina

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus memegang bendera Ukraina yang dibawa dari salah satu kota yang hancur akibat perang. Pena Katolik

    KYEV, Pena Katolik – Seorang uskup Katolik Ukraina telah mengesampingkan kemungkinan pembicaraan damai dengan Presiden Vladimir Putin, meskipun Vatikan menyerukan dialog baru, karena patriark Ortodoks Rusia sekali lagi menuduh Barat berusaha untuk “menghancurkan dan menaklukkan” negaranya.

    “Dialog akan lebih mudah di hari-hari atau bulan pertama perang ini. Meskipun Paus Fransiskus baru-baru ini meminta Putin untuk gencatan senjata, dan Presiden Volodymyr Zelenskyy untuk keterbukaan terhadap proposal perdamaian.

    Uskup itu bereaksi terhadap serangan rudal dan pesawat tak berawak Rusia selama seminggu di ibu kota Ukraina dan kota-kota lain, yang merusak pembangkit energi dan air, dan menewaskan sedikitnya 19 orang.

    Sekretaris Negara Vatikan, Kardinal Pietro Parolin bersikeras bahwa gencatan senjata “tidak hanya masuk akal, tetapi juga mendesak dan perlu” sebagai “langkah pertama” menuju negosiasi. Ia mengatakan Paus tetap siap untuk bertemu dengan Patriark Ortodoks Rusia Kirill.

    “Tidak ada perdamaian tanpa keadilan, tetapi tidak ada keadilan tanpa pengampunan, seperti yang diingatkan Santo Yohanes Paulus II pada awal milenium baru. Meskipun kesulitan, pintu tetap terbuka dan dialog tidak terputus, bahkan jika menghadapi kesalahpahaman. Di pihak Takhta Suci, keinginan ini tidak pernah gagal, bahkan jika keadaan telah mencegahnya menjadi kenyataan,” ujar Kardinal Parolin.

    Dalam sebuah pernyataan akhir pekan, Komisi Konferensi Waligereja Uni Eropa (Comic) yang berbasis di Brussels meminta Moskow untuk menghentikan “penderitaan manusia yang mengerikan yang menimpa rakyat Ukraina oleh agresi militer brutal yang diprakarsai oleh otoritas Rusia. Mereka mendesak Moskow untuk merundingkan “proposal serius” untuk “solusi konflik yang menghormati hukum internasional dan integritas wilayah Ukraina”.

    Seorang profesor universitas Katolik dari kota barat Lutsk mengatakan kepada The Tablet Umat Katolik Ukraina menghadapi “kesulitan yang semakin meningkat” karena sikap Vatikan dalam perang, dengan banyak yang sekarang tidak mau menyatakan afiliasi Gereja mereka secara terbuka.

    Pada Selasa pekan lalu, perwakilan tetap Takhta Suci untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uskup Agung Gabriele Caccia berbicara pada sesi khusus darurat Majelis Umum PBB, mengutip permohonan Paus untuk gencatan senjata yang akan memungkinkan “untuk memulai negosiasi yang akan mengarah pada solusi yang tidak dipaksakan dengan paksa, tetapi konsensual, adil dan stabil”.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI