27.3 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Pertemuan FABC Akankah Mengadopsi “model” Amerika Selatan?

BERITA LAIN

More
    Misa Pembuka Sidang Umum FABC di Bangkok 12 Oktober 2022. IST

    BANGKOK, Pena Katolik – Federasi Konferensi Uskup Asia (Federation Asian Bishops Conferences/FABC) harus merestrukturisasi dirinya sendiri untuk membuat Gereja “relevan dan responsif” bagi orang-orang Asia. Kardinal Oswald Gracias menekankan ada kebutuhan besar untuk merestrukturisasi Federasi Uskup Asia. Langkah ini seperti yang sudah dilakukan oleh Federasi Konferensi Waligereja Amerika Latin (CELAM).

    Uskup Agung Mumbai ini berbicara pada pembukaan program Yubileum Emas FABC di Bangkok pada 12 Oktober 2022. Ia menyampaikan saran untuk restrukturisasi FABC dan mendapat persetujuan dari pejabat tinggi Vatikan, termasuk Paus Fransiskus.

    Pada akhir pertemuan dua minggu inim pada 30 Oktober, bersama dengan dokumen terakhirnya, rencana untuk FABC yang direstrukturisasi juga akan diselesaikan, atau setidaknya arah untuk mereka tetapkan.

    “Saya tidak dapat menekankan betapa pentingnya peran kita dalam konferensi umum ini. Kami berusaha untuk menjadi dan tetap menjadi Gereja Asia yang profetik, relevan, dan responsif dalam melayani orang-orang Asia,” katanya.

    Semua peserta pada acara gerejawi global baru-baru ini akan memperhatikan bagaimana para uskup di Amerika Selatan selalu mengacu pada Puebla, Medellin, dan sekarang Aparecida. Paus Fransiskus, sebelumnya Kardinal Bergoglio dari Buenos Aires, adalah arsitek utama dari dokumen akhir Aparecida. Pengaruh ini jelas terlihat dalam Evangelii Gaudium.

    “Oleh karena itu, muncul pertanyaan: bukankah sudah waktunya bagi FABC untuk melakukan hal serupa di Asia? Apa yang membantu Amerika Selatan pasti dapat membantu Asia,” kata kardinal India, yang mengepalai panitia penyelenggara program Yobel.

    Dia mengatakan konferensi yang direstrukturisasi akan membantu Gereja-Gereja di Asia “memperbarui dan merevitalisasi dorongan pastoral kita” dan menjadikannya “Gereja yang bersemangat yang bekerja untuk Asia yang lebih baik.”

    Seruan untuk merestrukturisasi FABC muncul di tengah kritik bahwa federasi itu praktis tidak aktif selama hampir dua dekade. Itu dimulai pada 1990-an setelah Vatikan dilaporkan menyatakan keraguan atas pola teologis yang dikembangkan oleh para teolog Asia yang konon membantu misi Gereja dalam situasi antaragama di Asia.

    CELAM mengalami krisis serupa pada 1960-an ketika Vatikan mengutuk teologi pembebasan yang didukungnya. Ini mendapatkan kembali persetujuan Vatikan hanya dengan beberapa perubahan kepemimpinan tetapi tanpa mengorbankan prioritas misi dasarnya – pilihan preferensial bagi orang miskin.

    Kardinal Gracias menekankan tujuan utama dari konferensi umum, yang katanya adalah yang pertama diselenggarakan oleh FABC, adalah untuk menciptakan sebuah sistem untuk membantu Gereja Asia untuk menanggapi secara efektif realitas sosial-politik di kawasan yang mempengaruhi orang miskin. Dia mengatakan bahwa dia telah berdiskusi dengan mantan presiden CELAM, dan menerima saran mereka tentang bagaimana menyelenggarakan konferensi umum seperti yang diselenggarakan oleh CELAM selama sepuluh tahun.

    Karena konferensi internasional semacam itu membutuhkan persetujuan Vatikan, ia membagikan proposal itu kepada Paus Fransiskus dan paus “dengan antusias memberikan dukungan dan dorongan sepenuh hati” untuk konferensi umum untuk Asia. Kardinal Gracias mengatakan gagasan itu dibagikan dengan Kardinal Luis Tagle dari Manila (saat ini kepala Kongregasi untuk Evangelisasi Bangsa-bangsa).

    “Gagasan-gagasan telah mengkristal dan ditunjukkan bahwa kita akan bertemu” pada peringatan 50 tahun FABC, kata kardinal itu menjelaskan bagaimana konferensi umum menjadi bagian dari program Yobel emas.

    Paus Fransiskus telah menunjuk Kardinal Tagle, orang Asia pertama yang mengepalai kongregasi Vatikan yang mengawasi pekerjaan misi di seluruh dunia, sebagai wakilnya di konferensi umum. Kardinal Tagle secara resmi akan mengakhiri konferensi umum.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI