29.7 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Paus Fransiskus: “Orang Suci Tidak Berasal dari Semesta Paralel”

BERITA LAIN

More
    Kardinal Marcello Semeraro, Prefek Kongregasi Penggelaran Kudus saat berbicara di hadapan Paus Fransiskus dalam konferensi di Vatikan tentang kekudisan zaman ini. CNA

    VATIKAN, Pena Katolik – Seperti apa rasanya menjadi orang suci Katolik hari ini? Sebuah konferensi Vatikan yang berlangsung di Roma minggu ini telah membahas hal itu. Berbicara pada konferensi bertajuk “Holiness Today” ‘Kekudusan Hari Ini’ pada 6 Oktober 2022, Paus Fransiskus menggarisbawahi bahwa orang-orang kudus tidak terputus dari realitas kehidupan sehari-hari. Orang kudus dengan setia menjalankan Injil sepenuhnya di dalam komunitas di mana mereka berada.

    “Orang-orang kudus tidak berasal dari ‘alam semesta paralel’, tetapi adalah orang-orang percaya yang termasuk dalam umat Allah yang setia dan berakar kuat dalam kehidupan sehari-hari. Dalam semua situasi ini, orang-orang kudus berusaha terus-menerus, tanpa rasa takut atau ragu, untuk melaksanakan kehendak Tuhan.

    Paus Fransiskus menunjuk contoh Beato Carlo Acutis, yang meninggal sebagai siswa sekolah menengah pada tahun 2006. Beato Carlo adalah model sukacita Kristiani bagi remaja dan kaum muda.

    “Kekudusan terutama bukan masalah perjuangan dan penolakan. Pertama dan terpenting, ini adalah kesadaran bahwa kita dicintai oleh Tuhan dan dengan bebas menerima cinta dan belas kasihan-Nya,” kata Paus.

    Paus juga membagikan contoh St. Fransiskus dari Assisi. Paus menekankan bahwa kesaksian orang-orang kudus Gereja yang dikanonisasi tidak lekang oleh waktu dan tidak pernah kehilangan relevansinya.

    “Orang-orang kudus adalah mutiara yang berharga … mereka memberikan komentar yang menarik tentang Injil. Hidup mereka seperti katekismus dalam gambar, ilustrasi Kabar Baik yang dibawa Yesus kepada umat manusia,” katanya.

    Paus menyoroti bagaimana panggilan universal untuk kekudusan berada di jantung Konsili Vatikan Kedua. Hari ini juga, penting untuk menghargai kesucian yang ada pada umat Allah yang kudus, pada orang tua yang membesarkan anak-anak mereka dengan cinta, pada pria dan wanita yang melakukan pekerjaan sehari-hari mereka dengan dedikasi, pada orang yang dengan sabar menanggung penyakit dan kelemahan.

    “Kesaksian tentang kehidupan Kristen yang bajik yang diberikan setiap hari oleh begitu banyak murid Tuhan, mewakili bagi kita semua, dorongan untuk menanggapi secara pribadi panggilan kita sendiri untuk menjadi orang-orang kudus.”

    Konferensi ini diselenggarakan Vatikan pada 3 hingga 6 Oktober untuk membahas seperti apa bentuk “kebaikan heroik” di abad ke-21. Konferensi ini dihadiri oleh Kardinal Marcello Semeraro, Prefek Kongregasi Penggelaran Kudus

    Kadinal Semeraro mencatat bahwa prasyarat untuk membuka penyebab beatifikasi telah berubah dalam beberapa dekade terakhir. Sebagai tanggapan, Kongregasi Penggelaran Kudus mengeluarkan surat kepada semua uskup dunia tahun lalu yang meminta agar mereka memverifikasi konsistensi dan keaslian reputasi calon santo untuk kekudusan.

    Kardinal Semeraro mengutip St. John Henry Newman: “Jika Anda bertanya kepada saya apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi sempurna, saya katakan, pertama-Jangan berbaring di tempat tidur melebihi batas waktu yang seharusnya. Berikan pikiran pertama Anda kepada Tuhan; melakukan kunjungan yang baik ke Sakramen Mahakudus; berdoa Angelus dengan khusyuk; makan dan minum untuk kemuliaan Tuhan; berdoa Rosario dengan baik; jauhkan pikiran buruk; meditasi malam; pemeriksaan batin setiap hari; tidur di waktu yang tepat, dan kamu sudah sempurna.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI