Paus Fransiskus Mengimbau Putin untuk Menghentikan Perang dan Zelensky Terbuka untuk Tawaran Perdamaian

0
508
Paus Fransiskus. Pena Katolik

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengungkapkan keprihatinan atas ancaman nuklir dan eskalasi militer dalam perang di Ukraina, mendedikasikan seluruh pidato Angelus, Minggu 2 Oktober 2022 untuk situasi ini. Ia mengeluarkan seruan yang kuat untuk gencatan senjata segera. Dia menyesalkan aneksasi, menyerukan penghormatan terhadap integritas teritorial setiap negara dan hak-hak minoritas. Paus bersedih atas jatuhnya ribuan korban, terutama anak-anak.

Berikut ini terjemahan pesan Paus pada Angelus hari Minggu kemarin di Lapangan St Petrus.

Saudara-saudari terkasih, buongiorno!

Jalannya perang di Ukraina telah menjadi begitu serius, menghancurkan dan mengancam, sehingga menimbulkan keprihatinan besar. Oleh karena itu, hari ini saya ingin mencurahkan seluruh refleksi sebelum Angelus untuk ini. Memang, luka yang mengerikan dan tak terbayangkan bagi umat manusia ini, alih-alih menyembuhkan, terus menumpahkan lebih banyak darah, berisiko menyebar lebih jauh.

Saya sedih dengan sungai darah dan air mata yang tumpah di bulan-bulan ini. Saya sedih dengan ribuan korban, terutama anak-anak, dan kehancuran yang telah menyebabkan banyak orang kehilangan tempat tinggal dan keluarga dan mengancam wilayah yang luas dengan kedinginan dan kelaparan. Tindakan tertentu tidak pernah bisa dibenarkan, tidak pernah! Sangat mengganggu bahwa dunia mempelajari geografi Ukraina melalui nama-nama seperti Bucha, Irpin, Mariupol, Izium, Zaparizhzhia dan daerah lain, yang telah menjadi tempat penderitaan dan ketakutan yang tak terlukiskan. Dan bagaimana dengan fakta bahwa umat manusia sekali lagi dihadapkan pada ancaman atom? Ini tidak masuk akal.

Apa yang terjadi selanjutnya? Berapa banyak darah yang masih harus mengalir bagi kita untuk menyadari bahwa perang tidak pernah menjadi solusi, hanya kehancuran? Atas nama Tuhan dan atas nama rasa kemanusiaan yang bersemayam di setiap hati, saya memperbarui seruan saya untuk segera melakukan gencatan senjata. Biarkan ada penghentian senjata, dan mari kita cari kondisi untuk negosiasi yang akan mengarah pada solusi yang tidak dipaksakan, tetapi berdasarkan kesepakatan, adil dan stabil. Dan itu akan terjadi jika didasarkan pada penghormatan terhadap nilai sakral kehidupan manusia, serta kedaulatan dan integritas teritorial masing-masing negara, dan hak-hak minoritas dan keprihatinan yang sah.

Saya sangat menyesalkan situasi serius yang muncul dalam beberapa hari terakhir, dengan tindakan lebih lanjut yang bertentangan dengan prinsip-prinsip hukum internasional. Ini meningkatkan risiko eskalasi nuklir, menimbulkan ketakutan akan konsekuensi yang tidak terkendali dan bencana di seluruh dunia.

Seruan saya ditujukan pertama dan terutama kepada Presiden Federasi Rusia, memohon dia untuk menghentikan spiral kekerasan dan kematian ini, juga demi rakyatnya sendiri. Di sisi lain, sedih atas penderitaan besar rakyat Ukraina sebagai akibat dari agresi yang mereka derita, saya menyampaikan seruan yang sama percayanya kepada Presiden Ukraina untuk terbuka terhadap proposal perdamaian yang serius. Saya mendesak semua protagonis kehidupan internasional dan para pemimpin politik negara-negara untuk melakukan segala kemungkinan untuk mengakhiri perang, tanpa membiarkan diri mereka ditarik ke dalam eskalasi berbahaya, dan untuk mempromosikan dan mendukung inisiatif untuk dialog. Tolong biarkan generasi muda menghirup udara perdamaian yang bermanfaat, bukan udara perang yang tercemar, yang merupakan kegilaan!

Setelah tujuh bulan permusuhan, mari kita gunakan semua cara diplomatik, bahkan yang mungkin belum digunakan sejauh ini, untuk mengakhiri tragedi yang mengerikan ini. Perang itu sendiri adalah kesalahan dan horor!

Marilah kita percaya pada belas kasihan Allah, yang dapat mengubah hati, dan pada syafaat keibuan dari Ratu Damai, saat kita memanjatkan Permohonan kita kepada Bunda Rosario dari Pompei, bersatu secara rohani dengan umat beriman yang berkumpul di Kuilnya dan di begitu banyak bagian dunia.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here