Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Paus Fransiskus: Doa Memungkinkan Orang Berbicara kepada Tuhan

Paus Fransiskus. CNS

VATIKAN, Pena Katolik – Yesus tidak pernah meninggalkan, memaksa atau memeras siapa pun ketika mereka tersesat, sebaliknya, Dia dengan sabar menunggu. “Yesus adalah sahabat kita yang terbesar dan paling setia,” kata Paus Fransiskus.

 “Ini adalah rahmat yang harus kita minta satu sama lain: untuk melihat Yesus sebagai sahabat kita yang terbesar dan paling setia, yang tidak memeras, di atas segalanya yang tidak pernah meninggalkan kita, bahkan ketika kita berpaling dari-Nya,” kata Paus dala Audiensi Umum mingguan di Lapangan Santo Petrus, 28 September 2022.

Paus mengatakan, ini adalah proses penting untuk mencoba memahami apa yang terjadi di dalam diri manusia, perasaan, dan gagasannya. Setiap orang diminta membedakan dari mana (hal-hal ini) berasal, ke mana mereka akan dibawa.

Bagian yang tak terpisahkan dari proses ini adalah doa. Doa memungkinkan orang untuk berbicara kepada Tuhan “seperti seseorang berbicara dengan seorang teman,” melampaui kata-kata dan memasuki “keintiman dengan Tuhan, dengan spontanitas yang penuh kasih sayang”.

“Keakraban dan kepercayaan diri dengan Tuhan yang terus tumbuh membuat proses ini lebih mudah,” katanya.

Sejak awal, kata Paus, setan telah menyarankan bahwa Tuhan tidak ingin manusia bahagia. Menurut Paus, banyak orang, bahkan orang Kristen, memikirkan hal yang sama, bahwa Yesus mungkin adalah Anak Allah, tetapi mereka ragu bahwa Dia menginginkan kebahagiaan manusia.

“Pikiran-pikiran ini terkadang merayap di dalam diri kita: bahwa Tuhan meminta terlalu banyak dari kita — kita takut — atau dia ingin mengambil apa yang paling kita sayangi. Singkatnya, dia tidak benar-benar mencintai kita,” katanya.

Di akhir ceramahnya, paus memberikan salam kepada semua kelompok mahasiswa yang hadir, khususnya, kelas diakon dari Universitas Kepausan Amerika Utara dan keluarga mereka. Dua puluh tiga seminaris, mewakili 18 keuskupan di Amerika Serikat dan Australia, ditetapkan untuk ditahbiskan diakon pada 29 September 2022.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini