Paus Fransiskus Menunjuk Prefek Baru untuk Dikasteri Budaya dan Pendidikan

0
595
José Tolentino de Mendonça. CNA

VATIKAN, Pena Katolik –Paus Fransiskus telah menunjuk seorang kardinal Portugis sebagai kepala Dikasteri Vatikan untuk Kebudayaan dan Pendidikan. Dikasteri ini adalah lembaga Vatikan yang baru dibentuk. Vatikan mengumumkan pada 26 September bahwa paus menunjuk Kardinal José Tolentino de Mendonça sebagai prefek dikasteri ini.

Kardinal Mendonça baru-baru ini menjabat sebagai kepala perpustakaan dan arsip Vatikan, di mana ia mengawasi digitalisasi manuskrip bersejarah dan menciptakan ruang baru untuk menampung pameran sementara. Kardinal berusia 56 tahun, berasal dari pulau Madeira Portugis, adalah seorang ahli dalam hubungan antara sastra dan teologi. Dia telah menerbitkan puisi serta artikel teologi akademis.

Kardinal Mendonça memiliki gelar licenciat dari Pontifical Biblical Institute di Roma dan gelar doktor dalam teologi biblika dari Catholic University of Portugal, di mana ia kemudian mengajar teologi selama 14 tahun.

Paus Fransiskus memilih Kardinal Mendonça untuk melayani sebagai pengkhotbah utama untuk retret Prapaskah Kuria Roma pada tahun 2018. Lima bulan kemudian, paus mengangkatnya sebagai kepala pengarsip dan pustakawan Perpustakaan Apostolik Vatikan dengan martabat uskup agung. Dia diangkat ke pangkat kardinal satu tahun kemudian, pada 2019.

Cardinal Mendonça akan menjabat sebagai prefek pertama dari Dikasteri Vatikan untuk Kebudayaan dan Pendidikan. Konstitusi apostolik baru Praedicate evangelium menggabungkan bekas Dewan Kepausan untuk Kebudayaan Vatikan dan Kongregasi Pendidikan Katolik bersama-sama untuk membentuk dikasteri baru. Dikasteri ini mengoordinasikan kegiatan beberapa akademi kepausan, seperti Akademi Arkeologi Kepausan dan Akademi Teologi Kepausan.

Pengumuman Vatikan juga menyatakan bahwa Mgr. Angelo Vincenzo Zani, mantan sekretaris Kongregasi Pendidikan Katolik dari 2012–2022, telah dipilih oleh paus sebagai arsiparis dan pustakawan baru perpustakaan Vatikan. Mgr. Zani bertugas di kongregasi pendidikan Vatikan sejak 2002, ketika Paus Yohanes Paulus II mengangkatnya sebagai wakil menteri, pejabat tertinggi ketiga.

Paus Fransiskus telah menunjuk Mgr. Giovanni Cesare Pagazzi sebagai sekretaris Dikasteri untuk Kebudayaan dan Pendidikan. Mgr. Pagazzi adalah seorang profesor di Institut Teologi Kepausan Yohanes Paulus II untuk Ilmu Pernikahan dan Keluarga di Roma.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here