Pen@ Katolik

Apa yang Terjadi dengan Nurani Umat Katolik di Filipina?

Uskup Agung Manila Kardinal Jose Fuerte Advincula OP. IST

MANILA, Pena Katolik – Para uskup Katolik Filipina yang dipimpin oleh Uskup Agung Manila untuk tidak melupakan kekejaman selama era darurat militer, saat Filipina dipimpin dictator Ferdinan Marcos SR, ayah dari Presiden Filipina saat ini . Tetapi apakah orang-orang akan mendengar nasihat mereka?

Hirarki Gereja Katolik telah bungkam setelah hasil pemilihan presiden pada bulan Mei 2022. Hal ini mungkin kesadaran yang menyakitkan bagi mereka bahwa sangat sedikit umat Katolik yang mendengarkan seruan mereka untuk mendukung kandidat oposisi dan mantan Wakil Presiden Leonor Robredo.

Gereja Katolik tidak melibatkan diri dalam politik nasional sejak Revolusi Kekuatan Rakyat 1986 yang didukung Gereja. Saat itu, revolusi berhasil menyingkirkan diktator Ferdinand Marcos dari kekuasaan.

Selama pemilihan presiden, pendeta mengenakan topeng dan kemeja merah muda, warna yang diadopsi oleh pendukung Robredo. Surat-surat pastoral dikeluarkan untuk menentang darurat militer dan upaya Ferdinand Marcos Jr untuk merevisi sejarah Filipina.

Terlepas dari tuduhan pemilihan oleh kaum konservatif, para imam membentuk asosiasi untuk mendukung Robredo. Ketentuan hukum Kanonik untuk non-partisan Gereja telah mencapai batasnya. Tapi tetap saja, Robredo kalah. Marcos, Jr. dimenangkan oleh mayoritas dengan 31 juta suara.

Apa yang terjadi dengan hati nurani Katolik?

Apakah umat Katolik di Filipina masih mendengarkan uskup dan imam mereka? Atau apakah mereka menyingkirkan mereka sementara mereka sendiri memutuskan hal-hal yang secara langsung mempengaruhi bangsa? Pada peringatan 50 tahun darurat militer, para uskup Katolik berbicara.

Kardinal Jose Fuerte Advincula OP memecah kebisuannya tentang darurat militer. Sekarang sikap Uskup Agung Manila itu sudah jelas. Pernyataannya harus membungkam setiap kritik. Dia bukan seorang uskup agung yang duduk di menara gading, sambil melihat kawanannya di kota tua Intramuros di ibukota Filipina di mana Katedralnya berada.

Kardinal Advincula masih seorang pendeta yang tidak ingin menghapus kekejaman darurat militer dari sejarah Filipina, dan dari sejarah Gereja Katolik di Filipina. Lagi pula, salah satu pendahulunya adalah ikon “Kekuatan Rakyat”, yaitu Kardinal Jaime Sin, yang tidak bertele-tele dalam menyerukan agar mantan diktator lengser dari jabatannya.

Kardinal Sin adalah dan akan selalu dikenang sebagai seseorang yang membela demokrasi dan melawan tirani.

Namun kini, masyarakat Filipina dibingungkan. Apa yang harus diingat, untuk memulai? Mengingat adalah dasar dari setiap wacana kritis. Seseorang tidak dapat berbicara tentang sesuatu jika dia tidak mengingat apa yang terjadi di masa lalu.

Sayangnya, orang Filipina merasa sangat sulit — sengaja atau tidak sengaja — untuk mengingat darurat militer. Kami adalah orang-orang yang mengalami amnesia jangka pendek! Kami telah mengacaukan fakta dengan fiksi, bertukar data dengan berita palsu, dan memperlakukan media sosial sebagai sumber utama dari apa yang membentuk kesadaran nasional kami.

Tidak heran troll dan penyebar berita palsu berbondong-bondong ke media sosial untuk menyerang pembangkang.  Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Maria Ressa, bahkan setelah dia membawa kehormatan ke negara itu dengan memenangkan hadiah bergengsi, mengatakan dia diburu oleh troll.

“Ketika distributor berita terbesar di dunia memprioritaskan penyebaran kebohongan yang bercampur dengan kemarahan dan kebencian dan menyebarkannya lebih cepat dan lebih jauh dari fakta, jurnalisme menjadi aktivisme,” kata Ressa setelah memenangkan hadiah itu.

Para uskup Filipina seperti Ressa yang telah memperjuangkan fakta, sehingga orang dapat mengingat darurat militer. Tapi teriakan pertempuran mereka telah jatuh di telinga tuli. Konferensi Waligereja Filipina mengeluarkan surat pastoral pada peringatan Revolusi Kekuatan Rakyat yang mendesak umat Katolik untuk melawan revisionisme sejarah.

Jutaan umat Katolik dituntun untuk percaya oleh pendukung Marcos Jr bahwa tahun-tahun darurat militer adalah era keemasan dalam sejarah Filipina. Para uskup dikejutkan oleh distorsi, manipulasi, penyembunyian, penindasan, dan penyalahgunaan kebenaran yang terang-terangan dan halus seperti revisionisme sejarah.

“Revisionisme historis — distorsi sejarah atau penolakannya; proliferasi berita palsu dan cerita palsu; disinformasi — penyemaian informasi dan narasi palsu untuk mempengaruhi opini masyarakat, untuk menyembunyikan kebenaran, untuk memfitnah dan memeras orang. Ada peternakan troll yang menabur virus kebohongan,” kata para uskup dalam surat mereka.

Bagaimana bisa jadi seperti ini? Apakah suara Gereja Katolik masih penting bagi rakyat? Para uskup Katolik mungkin bertanya pada diri mereka sendiri pertanyaan yang sama. Marcos, Jr. mengklaim dalam pidatonya baru-baru ini di PBB di New York, bahwa ada lebih dari 110 juta orang Filipina. Negara ini terdiri dari 89 persen umat Katolik, namun pengaruh Gereja tampaknya sedang menurun.

“Siapa yang peduli dengan apa yang dikatakan para uskup? Mereka tidak menaruh makanan di meja saya,” kata seorang pendukung Marcos, yang tidak mau disebutkan namanya, kepada saya.

Para Uskup Sekali Lagi Berbicara

Uskup Agung Manila, meskipun beberapa orang mungkin menganggap pernyataannya lunak, telah mengakui negara itu telah belajar dari darurat militer. Membaca yang tersirat, dia mengatakan bahwa tahun-tahun darurat militer bukanlah era emas dalam sejarah Filipina.

Bangsa ini belajar nilai kehidupan manusia dan penghormatan terhadap hak asasi manusia karena orang-orang telah dibunuh secara ekstra-yudisial dan hak-hak mereka dilanggar secara terang-terangan selama rezim Marcos.

“Kami telah belajar untuk memperjuangkan kebenaran karena ada manipulasi kebenaran, dan bahwa rakyat harus menghargai demokrasi dan kekuatan rakyat karena demokrasi terancam dan kewarganegaraan dirusak,” Kardinal Advincula.

Kardinal Advincula berkata bahwa orang Filipina telah “melihat terang” tetapi benarkah kita telah memutuskan untuk tidak kembali ke kegelapan? Hanya sejarah yang akan memberitahu. Mungkin, kita terlalu Kristen dan pemaaf. Atau mungkin kita telah menderita akibat kekurangan gizi dan kemiskinan, mencari bantuan segera seperti menjual suara kita selama pemilihan, karena hari esok akan mengurus dirinya sendiri.

Tapi setidaknya, kita memiliki pendeta yang masih bertindak sebagai gembala dan melayani sebagai suara dan hati nurani kita, meskipun diganggu oleh uang, preman, dan emas. Ketika gembala berbicara, domba mendengarkan. Semoga para gembala kita yang baik tidak pernah bosan berbicara untuk Tuhan dan negara.