Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Paus “Menghapus” Euthanasia dengan Tiga Kalimat

Paus Fransiskus menjawab pertanyaan dari para wartawan di dalam pesawat saat kepulangannya ke Roma Italia dari Kazakhstan. Aleteia

VATIKAN, Pena Katolik – Dalam perjalanan pulangnya dari Kazakhstan, Paus ditanya tentang situasi moral Barat. Wartawan yang bertanya itu secara khusus menyebut eutanasia sebagai contoh dalam mempertanyakan status moral budaya Barat.

Paus menjawab dengan bercanda, “Memang benar bahwa Barat, secara umum, tidak berada pada tingkat keteladanan tertinggi saat ini.”

Dia melanjutkan untuk berbicara tentang berbagai masalah – politik dan sosial – menekankan panjang lebar tanggapan bermasalah terhadap pengungsi, baik di Eropa maupun di tempat lain. Kembali ke masalah khusus euthanasia, Paus memiliki tanggapan singkat namun tegas.

“Membunuh bukanlah manusia, titik. Jika Anda membunuh dengan motivasi, pada akhirnya Anda akan membunuh lebih banyak lagi. Biarlah hanya binatang buas yang akan saling membunuh.”

Faktanya, Paus Fransiskus berbicara menentang eutanasia secara teratur. Menurutnya, hidup adalah hak, bukan kematian – yang harus disambut, bukan dikelola.

Jika orang (dalam perawatan) merasa dicintai, dihormati, dan diterima, bayangan gelap eutanasia menghilang atau menjadi hampir tidak ada. Praktik euthanasia, yang telah menjadi legal di beberapa negara, tampaknya hanya bertujuan untuk mendorong kebebasan pribadi; pada kenyataannya didasarkan pada pandangan utilitarian dari orang tersebut, yang menjadi tidak berguna.

Pada tahun 2020, Vatikan juga merilis pernyataan baru tentang euthanasia. Mengutip Gaudium et spes, dokumen tersebut menegaskan kembali bahwa “aborsi, euthanasia, dan penghancuran diri yang disengaja meracuni masyarakat manusia adalah penghinaan tertinggi bagi Sang Pencipta” (GS Art. 27).

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini