27.3 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Kardinal Suharyo Merayakan Ulang Tahun Episkopal ke-25, Bersatu dengan Bunda Maria

BERITA LAIN

More
    Kardinal Ignatius Suharyo saat memimpin Misa Syukur Episkopalnya yang ke-25 di Katedral Jakarta. IST

    JAKARTA, Pena Katolik –Kardinal Ignatius Suharyo merayakan ulang tahun episkopal ke-25 pada 22 Agustus 2022. Syukur ini dirayakan dalam Misa Kudus di Katedral St Maria Diangkat ke Surga Jakarta. Ia ditahbiskan menjadi Uskup Agung Semarang pada 22 Agustus 1997 sebelum dipindahtugaskan di Keuskupan Agung Jakarta pada 29 Juni 2010.

    Pada kesempatan syukur ini, Kardinal Suharyo memilih bacaan dari Kidung Maria, Kardinal Suharyo mengatakan, pilihan ini karena ia ingin menyatukan syukur ulang tahun episkopalnya dengan rasa syukur Bunda Maria. Selain itu, ia menceritakan tentang jati diri Gereja Katolik di Indonesia. Menurutnya, Gereja Katolik di Indonesia musti berusaha mengembangkan jati dirinya sebagai komunitas Pengharapan.

    Kidung Magnificat adalah kidung pengharapan di mana Bunda Maria mengatakan dirinya sebagai pribadi yang bergembira. Ini berarti bahwa pada saat Bunda Maria mengatakan kidung ini, situasi yang ada juga belum ideal. Kardinal Suharyo mengatakan, alasan mengapa Maria tetap bergembira adalah karena ia berpegang pada Allah.

    “Hatiku bergembira karena Allah, bukan karena yang lain-lain,” ujar Uskup Agung Jakarta ini.

    Kardinal Suharyo mengatakan, keadilan yang di Indonesia masih jauh dari cita-cita Kemerdekaan. Hal ini kadang membuat hati kecil dan hilang harapan, namun, dalam situasi ini, Gereja dipanggil menjadi komunitas pengharapan. Di KAJ, kesadaran ini diungkapkan pada akhir Arah Dasar Keuskupan, “Allah yang telah memulai karya yang baik akan menyelesaikannya juga dengan sempurna”.

    “Harapkan kita landaskan pada iman bahwa rencana Allah tidak pernah akan gagal,” ujar Kardinal Suharyo.

    Pada kesempatan ini, Mgr. Piero juga menyampaikan pesan dari Paus Fransiskus atas perayaan syukur Episkopal ke-25 kardinal suharyo. Dalam surat Paus yang disampaikan kepada Kardinal Suharyo, Paus berterimakasih atas pelayanan Kardinal SUharyo.

    Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih. Terima kasih kepada keuskupan Agung Jakarta, para imam, biarawan-biarawati, ibu dan bapak, kaum muda remaja dan anak-anak, lembaga-lembaga pelayanan Katolik semuanya yang dengan  peran berbeda-beda telah mengambil bagian pelayanan di KAJ dan bertumbuh bersama-sama menjadu umat Tuhan yang semakin setia kepada Yesus, Gembala yang Murah Hati.”

    Pada kesempatan ini, Kardinal Suharyo juga berterima kasih kepada Keuskupan Agung Semarang. Hal ini ia sampaikan karena pada awal menjadi imam, ia adalah imam di keuskupan ini. Sebelum bertugas di KAJ menjadi uskup, ia juga pertama kali terpilih menjadi uskup di keuskupan ini.

    Selain itu, ia berterima kasih juga untuk segenap umat dan imam di Keuskupan Bandung karena ia juga pernah menjadi Administrator Diaosesan Bandung. Selain itu, ia juga berterima kasih kepada umat di Keuskupan TNI-Polri, di mana ia hingga saat ini menjadi uskup.

    Misa ini juga dihadiri para uskup dari beberapa keuskupan yaitu: Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang; Uskup Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko; Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM; Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC; Uskup Purwokerto, Mgr. Christoporus Tri Harsono; Uskup Malang, Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan OCarm; Uskup Terpilih Sanggau, Mgr. Valentinus Saeng CP; dan Uskup Agung Emeritus Jakarta, Kardinal Julius Darmaatmadja SJ; serta Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI