28.2 C
Jakarta
Thursday, May 9, 2024

Gereja Republik Dominika Menutup Perayaan Yubileum Altagracia

BERITA LAIN

More
    Lukisan Bunda Maria Altagracia. Vatican News

    DOMNIKAN, Pena Katolik – Gereja Katolik Dominikan menutup perayaan Yubileum Perawan Maria Altagracia pada hari ini saat Gereja Merayakan Maria Diangkat ke Surga 15 Agustus 2022. Utusan Khusus Paus Fransiskus, Mgr. Edgar Peña Parra menjadi wakil Paus pada acara puncak ini. Yubileum khusus Altagracia ini menandai peringatan 100 tahun Penobatan Kanonik Lukisan  Perawan Altagracia, yang dikenal sebagai Ibu dan Pelindung dari orang-orang Dominika.

    Dominikan sangat setia kepada Perawan Altagracia, dan setiap tahun ziarah khusus berlangsung pada 10-14 Agustus dari Kuil Nasional Kristus dari Mukjizat, di Kota Bayuguana, ke Basilica de la Altagracia di kota timur Higüey di mana gambar itu diabadikan. Selama lima hari berjalan peziarah menempuh jarak 114 kilometer.

    Dalam sebuah pesan yang ditujukan kepada orang-orang Dominika pada tanggal 15 Juli 2022, saat mereka merayakan tahun Yubileum, Paus Fransiskus mencatat, bahwa devosi mendalam mereka kepada Perawan Altagracia “adalah tanda akar Kristen yang mencirikan dan memberi kehidupan” ke tanah mereka dan , oleh karena itu mendorong mereka “untuk tidak berkecil hati” dalam kesaksian iman mereka, untuk memelihara dan memperkuat, melalui teladan dan syafaat Perawan Maria, “cinta mereka kepada Yesus dan Gereja”.

    Paus mengatakan bahwa gambar yang menunjukkan tatapan penuh kasih dari Bunda yang merenungkan Anak yang tidur dengan percaya diri di pangkuannya “adalah undangan untuk belajar melihat, melalui matanya, Yesus hadir di tetangga kita, dan untuk mengingat bahwa kita adalah bagian dari keluarga manusia yang sama dipanggil untuk hidup bersama dalam persaudaraan dan solidaritas”. Dengan cara ini, dia berkata, “Perawan dari Altagracia telah menjadi sumber persatuan bagi orang-orang Dominika di saat-saat sulit dan tangan pasti yang mendukung mereka dalam kemunduran yang muncul dalam kehidupan sehari-hari mereka”.

    Sebagai tanda kasih sayangnya kepada orang-orang Dominikan, Paus Fransiskus telah mengutus Mgr. Edgar Peña Parra, Pengganti Sekretariat Negara, sebagai Utusan Khususnya untuk acara penutupan Yubileum, pada 15 Agustus 2022, yang akan memberi penghormatan kepada Perawan Altagracia , atas namanya, dengan meletakkan Mawar Emas di kakinya.

    Hari itu akan dimulai dengan pendarasan Rosario Fajar di Kuil Our Lady of Altagracia, diikuti dengan Undang-Undang Patriotik yang dipimpin oleh otoritas sipil, dan dihadiri oleh Utusan Khusus Vatikan bersama para Uskup Dominikan, di Puerta del Conde, di mana Penobatan Perawan terjadi seabad yang lalu. Penutupan Yubileum ditandai dengan Misa yang dipimpin oleh Mgr. Peña Parra di Stadion Olimpiade, dengan sekitar 700 konselebran.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI