34.1 C
Jakarta
Tuesday, April 16, 2024

RIP Pastor Albertus Bernardus Gerardus Joseph Smit MSC

BERITA LAIN

More
    Pastor Albertus Smit MSC dalam kunjungan stasi pada masa awal kerasulannya di Keuskupan Manado. IST

    MANADO, Pena Katolik – Imam Misionaris Hati Kudus Yejsus (MSC) Pastor Albertus Bernardus Gerardus Joseph Smit MSC dipanggil tuhan pada usia 82 tahun di Manado, Sulawesi Utara 11 Agustus 2022. Ia adalah misionaris MSC terakhir kelahiran Belanda yang berkarya di Indonesia. Ia dikenal luas sebagai ahli bahasa Latin.

    Imam itu tiba di Indonesia pada tahun 1967. Ia meninggal di Rumah Sakit Gunung Maria di kota Tomohon karena penyakit yang berhubungan dengan penuaan. Jenazahnya disemayamkan di kapel Seminari Menengah Santo Fransiskus Xaverius di desa Kakaskasen dan akan dimakamkan pada 13 Agustus di pemakaman yang terletak di kompleks seminari setelah upacara yang dipimpin oleh Uskup Hati Kudus Uskup Benedictus Estephanus Rolly Untu dari Manado.

    Pastor Smit lahir pada tahun 1940 di Goor di Belanda. Ia telah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk pembinaan seminari. Dia mengajar bahasa Latin dan menulis buku teks berjudul Elementa Linguae Latinae (Aspek Dasar Bahasa Latin).

    Ia juga pernah menjabat sebagai pastor paroki Gereja St. Antonius Padua di desa Taratara (1967-85) dan Gereja St. Antonius Padua di desa Tataaran (1985-87) serta rektor Biara St. Theresia dari Karmel di desa Kakaskasen (1988-2006). Pastor Smit termasuk di antara 72 misionaris dari Belanda dan Jerman serta Brasil yang tiba di wilayah Sulawesi antara tahun 1920 dan 1967.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI