27.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Sedikit Kabar Gembira dari Gereja Katolik di Tiongkok

BERITA LAIN

More
    090822 – Misa perutusan bagi para seminaris sebelum diutus berkarya di komunitas pastoral. IST

    BEJING, Pena Katolik – Pembatasan terhadap covid di Tiongkok masih berlaku, tetapi lebih longgar dari sebelumnya, sebagai akibat dari perbaikan situasi kesehatan. Komunitas Katolik di seluruh negeri mengalami musim panas kehidupan spiritual dan komitmen pastoral, menghargai keadaan normal yang, setidaknya sebagian telah pulih, ada kabar gembira dari kehidupan komunitas Kristiani di Tiongkok.

    Pesta besar diadakan untuk dua diakon etnis Tibet yang ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 18 Juli 2022 di Paroki Bunda Maria, Keuskupan Zhaotong. Salah satu daikon berasal dari Keuskupan Dali, juga di Provinsi Yunnan. Keduanya akan melayani di antara populasi kelompok etnis minoritas yang banyak di wilayah tersebut.

    Hari Lansia

    Katedral di ibu kota Bejing dan beberapa paroki di Tiongkok tak ketinggalan merayakan Hari Lansia Sedunia. Menarik, perayaan ini sudah diadakan di Gereja Tiongkok bahkan jauh sebelum Paus menetapkannya. Tahun ini, Hari Lansia dirayakan pada hari Minggu, 24 Juli 2022 di komunitas-komunitas Kristiani di Tiongkok. Rasa hormat yang besar untuk orang tua, seperti cinta berbakti kepada kakek-nenek, adalah bagian dari budaya Tionghoa, hal ini menjadi alasan mengapa Hari Lansia dirayakan di Tiongkok jauh sebelum ditetapkan oleh Paus Fransiskus.

    Selain Misa Kudus yang didedikasikan untuk mereka, Uskup Agung Beijing, Mgr. Joseph Li Shan, dan para pastor paroki di komunitas mereka juga berbagi momen persaudaraan, merayakan orang tua dengan foto bersama dan memberikan hadiah simbolis kecil tetapi bermanfaat bagi mereka.

    Seminari Keuskupan Agung Beijing merayakan Ekaristi khusyuk dengan mandat misionaris yang diberikan kepada para seminaris yang telah menyelesaikan studi mereka dan akan dikirim ke berbagai paroki untuk melaksanakan pelatihan pastoral. Rektor mendesak semua orang untuk memegang moto Seminari – “Muliakan Tuhan, manfaatkan jiwa dan layani orang-orang”. Rektor mengundang mereka untuk “mendayung ke tempat yang lebih dalam” untuk membangun Gereja.

    Pendaftaran katekese untuk calon baptis sudah dibuka di Keuskupan Agung Beijing. Kursus katekese akan dimulai pada bulan Agustus dan akan berakhir tahun depan. Di antara kegiatan untuk kaum muda, paroki Jiujiang, di provinsi Jiangxi, mengadakan kursus pelatihan untuk putra altar pada tanggal 17 Juli 2022. Pastor Cao Xiaoxian menjelaskan kepada calon putra putri altar ini, bahwa mereka memiliki peran penting dalam Liturgi.

    “Selama Misa Kudus, selain imam, kamu yang paling dekat dengan Tuhan. Jadi kamu harus mempersiapkan tidak hanya berbagai benda yang dibutuhkan, tetapi di atas segalanya jiwamu, sambutan spiritualmu,” ujar Pastor Cao.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI