Kematian Archie Battersbee: “Kemanusiaan dikalahkan ketika kehidupan diputuskan oleh pengadilan”

0
793

ESSEX, Pena Katolik – Archie Battersbee, seorang anak laki-laki Inggris berusia 12 tahun, meninggal setelah dokter mencabut peralatan medis yang selama ini mendukungan hidupnya. Setelah kepergian Archie, Presiden Akademi Kepausan berdoa untuk Archie dan keluarganya.

Mgr. Vincenzo Paglia, Presiden Akademi Kepausan untuk Kehidupan, melalui Twitter pada hari Sabtu, 7 Agustus 2022, mengungkapkan kesedihannya atas kematian Archie Battersbee.

“Saya berdoa untuk #ArchieBattersbee dan keluarganya. Ketika kehidupan seseorang diputuskan oleh pengadilan, kemanusiaan dikalahkan: @PagliaAbp @monspaglia”

Apa yang terjadi?

Archie adalah anak laki-laki berusia 12 tahun dari Southend-on-Sea, Essex, di tenggara Inggris adalag putra dari Paul Battersbee dan Hollie Dance. Sudah sekian lama, keluarga Archie telah berjuang di pengadilan yang berlarut-larut. Keluarga memohon agar Archie tetap diizinkan tetap hidup.

Archie telah berada di rumah sakit sejak 7 April 2022, ketika ibunya menemukannya terbaring tak sadarkan diri di rumah mereka di Essex, setelah sebuah insiden yang diduga menjadi bagian dari tantangan online. Archie dipindahkan dari Southend ke The Royal London Hospital di Whitechapel keesokan harinya.

Dokter menyimpulkan bahwa Archie mengalamai “batang otak mati”. Kondisi ini sama dengan ketika seseorang gagal merespons rangsangan dari luar. Kondisi ini memwawa kemungkinan, orang itu tidak akan pernah sadar kembali atau bisa bernapas tanpa dukungan peralatan, menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris.

Pada 13 Juni 2022, seorang hakim Pengadilan Tinggi memutuskan bahwa Archie telah “mati” dan mengatakan bahwa alat bantu hidupnya dapat ditarik. Orang tuanya mencoba untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut tetapi tiga hakim di Pengadilan Tinggi menolak permohonan mereka. Pada tanggal 28 Juli, Mahkamah Agung mengesampingkan intervensi dalam kasus ini, dan menguatkan keputusan Pengadilan Tinggi.

Orang tua Archie juga meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa untuk campur tangan tetapi tidak berhasil. Dukungan hidupnya ditarik sekitar pukul 10 pagi kemarin, pada hari Sabtu 7 Agutus 2022. Archie meninggal beberapa jam kemudian pada pukul 12:15, menurut ibu Archie.

“Saya ibu paling bangga di dunia,” kata Dance kepada wartawan di luar rumah sakit. “Anak laki-laki kecil yang cantik, dan dia berjuang sampai akhir.”

Uskup Inggris

Tweet Mgr. Paglia dikirim beberapa jam setelah kematiannya dan hanya satu hari setelah Konferensi Uskup Inggris merilis pernyataan yang menyatakan dukungan untuk Archie dan orang tuanya. Mgr. John Sherrington, dari Komisi untuk Masalah Kehidupan untuk Konferensi Waligereja Inggris dan Wales, menyerukan “martabat bawaan Archie sebagai pribadi yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah” untuk diakui pada saat-saat terakhir hidupnya.

“Argumen yang diperjuangkan baru-baru ini di pengadilan tentang perawatan dan perawatan Archie yang sedang berlangsung menyoroti lagi perlunya menemukan cara mediasi yang lebih baik di mana orang tua dan profesional perawatan kesehatan dapat mencapai kesepakatan bersama dan menghindari proses hukum yang rumit,” tulisnya.

Mgr. Sherrington, Uskup Auxsilier Westminster, juga menunjuk pada ajaran Gereja mengenai perawatan akhir hayat.

“Sementara Gereja Katolik mengakui bahwa ada situasi ketika perawatan medis untuk mempertahankan hidup tidak lagi wajib jika tidak ada harapan untuk sembuh,” katanya, “pengobatan dan perawatan biasa harus diberikan sesuai dengan kondisi pasien.”

Pada tahun 2007, Kongregasi untuk Ajaran Iman mengeluarkan pernyataan yang disetujui oleh Paus Benediktus XVI yang menegaskan bahwa “pemberian makanan dan air bahkan jika dengan cara buatan, pada prinsipnya, merupakan cara yang biasa dan proporsional untuk melestarikan kehidupan.”

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here