31.5 C
Jakarta
Tuesday, April 23, 2024

Paus Fransiskus bertemu Metropolitan Gereja Ortodoks Rusia Antonij

BERITA LAIN

More

    Paus Fransiskus bersama Metropolitan Antonij dari Gereja Ortodok Rusia. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Metropolitan Antonij dari Volokolamsk, kepala Departemen Hubungan Eksternal Patriarkat Moskow, yang menggantikan Metropolitan Hilarion, mengunjungi Vatikan untuk pertama kalinya, setelah pengangkatannya pada bulan Juni.

    Pertemuan antara Kepala Departemen Hubungan Eksternal Patriarkat Moskow dan Paus Fransiskus merupakan bagian dari kontak ekumenis antara Paus dan Patriarkat Moskow. Pertemuan ini adalah tindak lanjut konferensi video antara Paus Fransiskus dan Patriark Ortodoks Moskow Kirill, 16 Maret 2022 lalu.

    Metropolitan Hilarion telah duduk di sebelah Patriark Kirill selama percakapan online pada bulan Maret, ketika Paus menyatakan kepada Patriark Moskow dan seluruh Rusia keyakinannya bahwa, mengenai perang di Ukraina, tugas orang Kristen adalah untuk “melakukan segala” yang mungkin untuk membantu perdamaian, untuk membantu mereka yang menderita, dan untuk menghentikan api karena mereka yang membayar tagihan untuk perang adalah rakyat.

    Sejauh ini belum ada pernyataan resmi terkait isi pertemuan ini. namun, kesempatan ini diyakini sebagai upaya untuk membangun komunikasi antara Vatikan dan Gereja Ortodok Rusia. Upaya ini untuk mencari jalan damai atas situasi di Ukraina.

    Selanjutnya, pada tanggal 25 April 2022, Paus Fransiskus mengirim surat ucapan selamat kepada Patriark Kirill pada kesempatan Paskah Gereja Katolik dan Ortodoks yang mengikuti kalender Julian.

    “Semoga Roh Kudus,” tulis Paus dalam surat itu, “mengubah hati kita dan menjadikan kita pembawa damai sejati, terutama untuk Ukraina yang dilanda perang”, sementara “kita merasakan semua beban penderitaan keluarga manusia kita, hancur karena kekerasan. , perang dan banyak ketidakadilan.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI