34.1 C
Jakarta
Tuesday, April 16, 2024

Kencan Dengan Tuhan Jumat, 5 Agustus 2022: Berpikir Panjang

BERITA LAIN

More

    Bacaan: Amsal 3:21

    “Hai anakku, janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan itu menjauh dari matamu, peliharalah itu.”

    Renungan:

    Seseorang berkata bahwa Ishak tidaklah terlalu miskin untuk dapat menyediakan makanan bagi keluarganya, atau Ribka adalah seorang ibu rumah tangga yang tidak bisa mengatur kebutuhan makanan untuk seisi rumahnya, sehingga Esau harus menjual hak kesulungannya demi mendapatkan bubur kacang merah. Sebenarnya tindakan bodoh Esau lebih disebabkan karena nafsu yang tidak bisa ditahan dan tidak adanya pertimbangan panjang.

    Yang ada dalam pikirannya hanyalah memuaskan nafsu makannya saat itu dan kalau tidak ia akan mati. Untuk saat itu tidak ada yang dapat menyenangkan serta memuaskan hatinya selain sepiring bubur kacang merah. Ia menganggap bahwa bubur kacang merah yang sangat menggoda itu lebih penting daripada sebuah hak kesulungan. Seseorang pernah berkata, “Kalaupun dia harus mati karena lapar dan lelah, bukankah lebih baik mati dalam kemuliaan daripada hidup menanggung cela? Bukankah lebih baik mati di dalam berkat daripada mati di bawah kutukan?”

    Amsal 3:21 berbunyi, “Hai anakku, janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan itu menjauh dari matamu, peliharalah itu.” Keputusan Esau menjual hak kesulungannya salah satunya disebabkan karena tidak Adanya pertimbangan atau tidak berpikir panjang. Tentunya Esau juga tahu apa itu hak kesulungan dan berkat-berkat apa saja yang akan diperolehnya melalui hak kesulungan tersebut. Buktinya, setelah ia tahu bahwa ayahnya telah memberkati Yakub, meraung-raunglah ia dengan keras sambil memohon agar bisa memberkatinya juga. Namun apa boleh buat semua sudah terlambat. Ketika Esau diperhadapkan pada keinginan yang besar untuk makan bubur kacang merah, ia sama sekali tidak berpikir panjang tentang pentingnya hak kesulungan. Ia terlalu terpikat dengan apa yang ada di depan matanya saat itu.

    Melalui kisah kehidupan Esau kita belajar tentang satu perkara penting yaitu membiasakan diri berpikir panjang sebelum mengambil keputusan. Seringkali kita begitu terpaku pada keadaan yang ada di depan kita, sehingga kita lupa untuk berpikir panjang dan menimbang-nimbang mengenai akibat atau konsekuensi dari keputusan yang kita ambil. Ada sebuah kata bijak yang berkata, “Mujurlah orang yang tidak tergesa-gesa memutuskan, karena pertimbangan akan mencegah air mata penyesalannya.” Tuhan Yesus memberkati.

    Doa:

    Tuhan Yesus, tidak jarang aku bertindak terlalu cepat dalam banyak hal tanpa berpikir panjang. Tetapi aku bersyukur bahwa engkau kembali mengingatkanku betapa pentingnya pertimbangan itu bagiku. Amin. (Dod).

    Selamat pagi dan berkiprah dihari Jumat.Tuhan Yesus Yang Maharahim dn Sang Raja Damai membentengi kita sekeluarga dn umat manusia dimuka bumi yang berserah padaNya dengan para malaikat yang kudus dan menutup bungkus dengan DarahNya Yang Mahakudus serta melindungi kita sekel dan manusia diseluruh dunia yang berserah padaNya dari pandemi Covid 19 dan mendamaikan peperangan di Ukraina dn dunia serta memberi kesejahteraan dn kesehatan prima sepanjang tahun 2022.Amen.+BDGY.

    Michael Utama OP

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI