30.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Seorang Imam Ditembak di Meksiko

BERITA LAIN

More
    Felipe Vélez Jiménez yang ditembak di tulang pipi kanan saat mengemudikan kendaraannya di daerah Chilapa di Negara Bagian Guerrero Meksiko pada 28 Juli 2022. CNA

    MEKSIKO, Pena Katolik – Seorang imam di Meksiko ditembak di wajahnya sekitar tengah hari pada tanggal 28 Juli 2022, saat mengendarai mobilnya di negara bagian Guerrero. Menurut sebuah pernyataan dari Konferensi Waligereja Meksiko, Pastor Felipe ditembak di tulang pipi kanan saat mengemudikan kendaraannya.

    “Saudara imam kami dipindahkan ke rumah sakit di mana dia dibius dan keluar dari bahaya,” kata konferensi itu dalam pernyataannya yang dirilis pada malam 28 Juli.

    Para uskup Meksiko mengungkapkan rasa terima kasih mereka “kepada seluruh tim dokter yang merawatnya dan kami menolak tindakan kekerasan mengerikan yang kami alami di Meksiko.”

    “Kami berdoa agar Tuhan memberi kami kedamaian yang kami rindukan dan kami berdoa untuk pertobatan para penjahat yang menyebabkan begitu banyak penderitaan bagi masyarakat,” tambah para uskup.

    Berbicara dengan Milenio Televisión 28 Juli, Pastor Filiberto Velázquez, seorang teman imam yang terluka, mengatakan bahwa “kekerasan di Meksiko tidak lagi menghormati siapa pun, itu sudah sampai ke Gereja, para imam, dan ini semakin intensif.”

    “Kami prihatin,” kata imam itu, dan “kami berharap pihak berwenang dapat melakukan penyelidikan untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atas serangan ini.”

    Pastor Velázquez menunjukkan bahwa “kehadiran kejahatan terorganisir sangat kuat” di wilayah tersebut, jadi “kami tidak mengesampingkan bahwa mereka mengacaukannya dengan orang lain.”

    “Yang mengkhawatirkan kami adalah bahwa kenakalan, kriminalitas, dan tingkat impunitas tidak membiarkan tingkat ini turun dan itu dapat mempengaruhi warga negara mana pun,” katanya.

    Uskup Chilpancingo-Chilapa, Mgr. José de Jesús González Hernández, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “Pastor Felipe dirawat oleh spesialis, yang memberi tahu kami bahwa dia dalam kondisi buruk, tetapi stabil, yang memberi kami harapan besar untuk kesembuhannya.”

    Prelatus itu mengatakan bahwa “sebagai Gereja Lokal, di Negara Bagian Guerrero kami, kami bekerja dan selalu menyatakan diri kami mendukung pembangunan perdamaian dan tatanan sosial di Negara kami, dan khususnya di Keuskupan kami, dan kami percaya bahwa ini bukan ‘ t alasan untuk jenis tindakan kekerasan ini.”

    Dia menambahkan: “Rakyat perlu mengetahui bahwa otoritas dan institusi yang bertanggung jawab atas keamanan dan keadilan sedang bekerja untuk melindungi dan merawat mereka, serta untuk memastikan bahwa impunitas tidak lagi konstan dalam memberikan keadilan dan perhatian kepada mereka. dan penyelidikan kejahatan.”

    González mengatakan bahwa “kami menjadikan milik kami klaim yang sah dari masyarakat tempat kami tinggal, untuk memiliki lingkungan yang damai, tenteram, dan aman di Guerrero.”

    Kantor Kejaksaan Agung Negara Bagian Guerrero menyatakan di media sosial bahwa mereka telah membuka “file yang menyelidiki mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan Cedera Senjata Api.”

    “Agen dari Polisi Investigasi Kementerian dan personel dari Layanan Ahli pergi ke tempat kejadian untuk melakukan penyelidikan terkait untuk menentukan fakta,” kata pernyataan kantor AG.

    “Kantor Guerrero AG menegaskan kembali komitmennya untuk memerangi impunitas dan tindakan kriminal, untuk menjamin perdamaian dan keamanan rakyat Guerrero,” unggahan media sosial itu menyimpulkan.

    Menurut media lokal, dalam tiga setengah tahun pemerintahan Presiden Andrés Manuel López Obrador, hampir 130.000 orang telah dibunuh di Meksiko, jadi ketika dia menyelesaikan masa jabatan enam tahun, dia bisa menjadi masa enam tahun paling kejam di Meksiko. sejarah Meksiko. Dalam periode yang sama, tujuh imam Katolik telah dibunuh.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI