27.9 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Seorang Imam di Italia Merayakan Ulang Tahun ke-100 Bersama Empat Anaknya yang juga Imam

BERITA LAIN

More
    Pastor Probo Vaccarini dan putranya yang juga menjadi imam. Aeeteia

    PARMA, Pena Katolik – Seorang imam di Italia merayakan ulang tahun ke-100 4 Juni 2022. Ia merayakan kesempatan itu dengan merayakan Misa yang dipimpin oleh Uskup Rimini, Mgr. Francesco Labiasi. Pastor Probo Vaccarini mendapat ucapan selamat dari Kardinal Pietro Parolin, Sekretaris Negara Vatikan. Ucapan selamat ini dan berkat kepausan dari Paus Fransiskus, dibacakan selama perayaan Ekaristi.

    Vaccarini lahir di Italia pada tahun 1919. Seperti banyak pemuda dari generasinya, ia dikirim untuk berperang dalam Perang Dunia II, bertugas dalam perang di Rusia. Tidak seperti kebanyakan orang, ia selamat dari perang dan kembali ke rumahnya. Suatu hari, dia bertemu dengan seorang teman dan sesama veteran perang, yang “tampan dan memiliki segalanya” tetapi “selalu sedih … selalu tertekan. Vaccarini menanyakan apa yang telah terjadi, dan temannya mengatakan kepadanya bahwa dia telah pergi ke pengakuan dosa dengan Padre Pio.

    Dia menuruti nasihat temannya dan pergi menemui Padre Pio sendiri, yang menjadi bapa pengakuannya. Dalam salah satu kunjungan Vaccarini, Padre Pio menyuruhnya menikah dan memiliki “keluarga besar dan suci”. Nada bicara Vaccarini dalam wawancara seolah mengatakan, “Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan!” Dia kembali menemui Padre Pio beberapa kali, masih lajang, dan orang suci itu mengatakan kepadanya. “Ayo pergi!”

    Anna Maria Vannucci menarik perhatian Vaccarini ketika dia melihatnya beberapa kali pada Misa Minggu di sekitar kota. Mereka menikah. Vannucci pun mulai memenuhi nasihat Padre Pio tentang keluarga mereka yang besar. Mereka memiliki tujuh anak, empat  laki-laki dan tiga perempuan.

    “Itu bukan kebetulan; Aku menginginkan semuanya!”

    Sayangnya, istrinya meninggal pada tahun 1970, setelah hanya 18 tahun menikah. Meskipun demikian, Vaccarini terus memenuhi bagian kedua dari nasihat Padre Pio yaitu memastikan keluarganya suci. Keempat putranya memasuki imamat: yang pertama ditahbiskan pada 1979, dan yang terakhir dan termuda lebih dari 20 tahun kemudian. Salah satu putrinya juga memasuki kehidupan bakti awam.

    Sementara itu, Vaccarini sendiri menjadi diakon permanen. Ditugaskan ke Paroki San Martino di Venti. Dia senang menjalankan tugasnya, tetapi masalahnya adalah selalu menemukan beberapa imam untuk datang merayakan Misa. Saat itulah selama Misa di San Giovanni Rotondo dia mendengar suara Padre Pio di dalam hatinya mengatakan kepadanya, “Kamu akan menjadi seorang imam.”

    Benar saja, pada tahun 1988, pada usia 69 tahun, dia ditahbiskan menjadi imam. Dia merayakan Misa setiap hari sejak itu.

    Salah satu putranya menjelaskan bagaimana Pastor Vaccarini, dengan cara tertentu, telah menjadi ayahnya, putranya, dan saudara lelakinya, ayah kandungnya. “Dalam iman, tidak ada batasan,” kata putranya.

    Pastor Giuseppe, salah satu putranya, mengatakan bahwa bahkan hari ini sebagai seorang imam, ayahnya selalu merujuk kembali ke istrinya, dengan mengatakan, “Istri saya biasa memberi tahu saya …” yang, kata putranya, mungkin membuat orang yang tidak atau belum mengenalnya akan memberi dia tatapan aneh.

    Terlepas dari usianya dan banyak pencapaiannya, dia telah menerbitkan lebih dari 15 buku, termasuk otobiografi dalam bahasa Italia berjudul Marito, Vedovo, Sacerdote ‘Suami, Duda, Imam’. Pastor Vaccarini belum pension, ia adalah imam aktif tertua di keuskupan, dan mungkin di seluruh Italia, tetapi dia mengatakan dia masih merasa seperti seorang imam yang baru ditahbiskan.

    “Hari demi hari, saya menunggu Tuhan membawa saya. Saya sudah punya istri, saya punya anak, dan anak rohani juga. Sekarang, saya menunggu Tuhan memanggil saya.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI