Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Karena Ketakutan, Pencuri di Perancis Mengembalikan Kotak Emas dan Relikui Darah Yesus

Arthur Brand dan Kotak berisi Relikui Darah Yesus yang telah dikembalikan oleh pencurinya. IST

PERANCIS, Pena Katolik – Siapa pun yang masuk ke sebuah gereja di Prancis yang dibangun pada abad pertengahan bulan lalu dan mencuri relikui emas berisi Darah Berharga Yesus tampaknya telah berpikir dua kali. Tampaknya begitu para pencuri menemukan bahwa kotak itu berisi relik Yesus, mereka tidak mau berurusan dengannya.

“Mereka tidak tahu apa yang telah mereka curi sampai mereka mengetahuinya di internet,” Arthur Brand, seorang penyelidik Belanda yang berspesialisasi dalam memulihkan artefak terkenal dan karya seni yang dicuri, mengatakan kepada CAN. “Dan saat itulah mereka mulai sedikit panik,” ujarnya.

Brand, yang resumenya mencakup reklamasi Picasso senilai $28 juta dan satu set kuda perunggu yang pernah dimiliki oleh Adolph Hitler, mengetahui kekhawatiran mereka dari email yang ia terima  suatu hari.

Email tersebut diduga berasal dari seseorang yang berbicara atas nama pencuri, yang berminggu-minggu sebelumnya telah mengambil kotak hiasan berusia berabad-abad dari sakristi Biara Tritunggal Mahakudus di Fécamp, Normandia, Prancis. Detektif kawakan itu memahami kesulitan mereka.

“Pertama-tama, kamu tidak bisa menjual relik seperti itu, tentu saja. Dan selain itu, saya pikir mereka piker, itu akan membawa nasib buruk bagi mereka. Jadi mereka berkata, ‘Kami ingin mengembalikannya, tetapi kami tidak ingin ketahuan.’”

Si pengirim email membuat Brand, seorang Katolik, tawaran yang tidak bisa dia tolak. Kecuali dia setuju untuk mengambil relik itu dari tangan para pencuri, mereka akan menghancurkannya. Bel pintu Brand berbunyi beberapa hari kemudian. Mengintip ke luar jendela, dia bisa melihat garis-garis kotak kardus dalam gelap.

“Saya turun ke bawah dan itu dia,” katanya. Hal berikutnya yang dia tahu dia sedang memegang bejana berisi dua botol timah yang dikatakan berisi darah Yesus.

Biara Benediktin

Biara Benediktin di Fécamp adalah situs ziarah abad pertengahan utama yang dimulai pada abad ke-12. Relikwi, yang disimpan di sana, menarik orang-orang Kristen dari seluruh Eropa. Menurut legenda, botol berisi tetesan darah dari Yesus yang disembunyikan di pohon ara di Tanah Suci, yang kemudian melayang melintasi lautan, akhirnya mendarat di pantai di Normandia.

“Karena pentingnya relikui itu, karena semua yang ada di dalamnya adalah peninggalan dari Abad Pertengahan, Yesus, semuanya, ” katanya.

Peninggalan ini, menurut legenda, berada di gereja ini selama sekitar 1.500 tahun. Jutaan orang dalam 1.500 tahun itu melakukan perjalanan, beberapa telah berjalan ratusan mil, untuk melihat darah Yesus.

“Mereka pergi ke sana untuk berdoa agar putra mereka kembali dari Perang Salib atau putri mereka yang terkena wabah,” kata Brand.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini