26.3 C
Jakarta
Thursday, April 18, 2024

Tahta Suci Memberlakukan Kebijakan Investasi baru, Tindakan ini Harus Sejalan dengan Ajaran Gereja

BERITA LAIN

More
    Istana Kepausan Vatikan. Vatican Media

    VATIKAN, Pena Katolik – Sebuah kebijakan kesatuan baru untuk investasi keuangan Takhta Suci dan Negara Vatikan akan dimulai pada 1 September 2022. Kebijakan Investasi bermaksud untuk menghasilkan pengembalian yang cukup untuk mendukung pembiayaan kegiatan Takhta Suci melalui investasi yang selaras dengan ajaran Gereja.

    Hal ini diungkapkan oleh Sekretariat Ekonomi dalam siaran pers yang diterbitkan pada hari Selasa 19 Juli 2022 oleh Kantor Pers Tahta Suci. Kebijakan tersebut menetapkan bahwa investasi Vatikan harus “disesuaikan dengan ajaran Gereja Katolik, dengan pengecualian khusus untuk investasi keuangan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip dasarnya, seperti kesucian hidup atau martabat manusia atau kebaikan bersama.”

    Pedoman tersebut juga mengatakan bahwa investasi Takhta Suci dan entitas terkait harus bertujuan untuk berkontribusi pada dunia yang lebih adil dan berkelanjutan dan untuk menghasilkan pengembalian yang cukup dengan cara yang berkelanjutan.

    Kebijakan itu, yang melanjutkan reformasi keuangan Vatikan oleh Paus Fransiskus, mulai berlaku 1 September 2022. Investasi akan dilakukan melalui APSA, pengelola perbendaharaan dan kekayaan berdaulat Tahta Suci, dan diawasi oleh komite etika yang terdiri dari empat profesional keuangan yang dipimpin oleh Kardinal Kevin Farrell.

    Menurut kebijakan tersebut, Vatikan dan entitas terkait tidak boleh berinvestasi dalam produk dan teknologi yang terkait dengan “pornografi dan prostitusi; berjudi; industri senjata dan pertahanan; pusat kesehatan pro-aborsi; dan laboratorium atau perusahaan farmasi yang memproduksi produk kontrasepsi dan/atau bekerja dengan sel induk embrionik.”

    Industri yang menurut kebijakan harus dihindari untuk investasi, tetapi tidak dilarang, termasuk minyak dan pertambangan, energi nuklir, dan minuman beralkohol. Akan ada masa tenggang satu tahun bagi entitas Vatikan untuk melepaskan investasi yang ada yang tidak sesuai dengan kebijakan baru.

    Pada April 2021, sebuah program berita investigasi Italia menuduh perbendaharaan Vatikan menginvestasikan 20 juta euro (saat itu sekitar $24 juta) di beberapa perusahaan farmasi yang terlibat dalam pembuatan “pil pagi hari”.

    Investasi harus dievaluasi untuk memastikan Vatikan mematuhi prinsip-prinsip ajaran sosial Gereja Katolik tentang martabat manusia, kebaikan bersama, subsidiaritas, dan solidaritas. Pedoman tersebut juga mengecualikan investasi yang dirancang untuk spekulatif atau strategi spekulatif “kecuali diperlukan untuk efisiensi transaksi investasi atau untuk melindungi risiko.”

    “Keputusan untuk berinvestasi di satu tempat daripada di tempat lain… selalu merupakan pilihan moral dan budaya,” kata kebijakan itu.

    Investasi akan disetujui melalui komite pengawasan, yang dibentuk bulan lalu setelah hampir dua tahun dalam pembuatannya. Pada 7 Juni 2022, Kardinal Kevin Farrell diangkat sebagai presiden komite pengawasan baru, sebuah badan yang dibentuk oleh konstitusi baru Vatikan, Praedicate Evangelium.

    Kardinal Farrell akan memimpin komite yang terdiri dari empat profesional keuangan: John J. Zona, kepala investasi Boston College; Jean Pierre Casey, pendiri dan manajer RegHedge; Giovanni Christian Michael Gay, direktur pelaksana Union Investment Privatfonds GmbH; dan David Harris, manajer portofolio Skagen Funds.

    Sejak tahun 2020, kardinal berkebangsaan Irlandia-Amerika ini telah memimpin sebuah komite untuk memantau keputusan keuangan internal Vatikan yang berada di luar norma akuntabilitas lainnya. Menurut statuta komite, yang diterbitkan 19 Juli 2022, para anggota diangkat oleh Paus Fransiskus untuk masa jabatan lima tahun, dengan kemungkinan pengangkatan kembali untuk masa jabatan kedua.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI