33.3 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Berkunjung ke Buru Selatan, Uskup Amboina Disambut Umat Muslim

BERITA LAIN

More
    Uskup Amoina Mgr Seno Ngutra saat berada di Kabupaten Buru Selatan Maluku. IST

    BURU, Pena Katolik – Dalam kunjungan ke Kabupaten Buru Selatan, 6 Juli 2022, Uskup Amboina, Mgr Seno Ngutra disambut oleh warga Muslim. Komunitas desa pertama yang menyambut kedatangan Uskup adalah Desa Fatimite. Sebagain besar penduduk desa ini adalah warga Muslim.

    Saat masih di Bandara Namrole, Mgr. Ino disambut Wakil Bupati (Wabup) Gerson Selsely bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Iskandar Walla dan Forkopimda Bursel. Ia lalu dibawa dengan mobil terbuka melalui Desa Fatimite. Di sepanjang jalan, uskup disambut masyarakat Muslim dan Kristen dengan melambai-lambaikan tangan.

    Di depan Masjid Ar Rahman, warga Desa Fatimite bersama tokoh-tokoh agama dan tokoh adat, menyambut kedatangan Mgr. Ino dengan tarian dan lagu Qasidah. Selanjutnya, uskup dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Waenono, di depan Gereja GPM Immanuel, Uskup disambut tokoh agama dan tokoh adat bersama Jemaat Waenono Kamlanglale dengan tari-tarian.

    Di akhir perjalanan, uskup dan rombongan Wakil Bupati menuju ke Desa Masnana yang dihuni warga Katolik. Kedatangan Uskup dan rombongan di desa ini, disambut gembira tokoh-tokoh agama dan tokoh adat bersama warga jemaat. Tarian Cefak atau tarian heroik dengan menggunakan parang asli menyambut kedatangan pemimpin umat Katolik di Provinsi Maluku ini.

    Mgr. Ino begitu gembira dengan sambutan umat dan tokoh-tokoh lintas iman. Ini menunjukkan toleransi yang terbangun dengan kokoh di wilayah Maluku. Mgr. Ino berharap, relasi antar iman yang terjalin saat ini akan semakin erat terjalin di masa depan. Kunjungan Mgr. Ino ini adalah rangkaian tiga hari kunjungan pastoralnya di Wilayah Buru Selatan.

    “Terima kasih atas sambutan ini, ini menunjukkan bahwa kita semua bersaudara,” ujar Mgr. Ino.

    Gerson sebagai representasi dari Pemerintah Daerah Buru Selatan menyampaikan, selama ini umat beragama di wilayah pemerintahannya dapat hidup berdampingan dengan damai. Ia mengapresiasi peran umat Katolik, dan tentu peran Uskup Amboina, dalam mengkampanyekan persaudaraan antar iman di wilayahnya.

    “Terima kasih Bapak Uskup atas kunjungan ini, kami bahagia menerima Bapak Uskup di wilayah kami ini,” ujar Gerson.

    Salah satu agenda kunjungan Mgr. Ino ini adalah Usai pertemuan bersama anak anak Lintas Agama. Pada hari Jumat, 8 Juli 2022, Mgr. Ino bersama rombomgan menuju akan menuju Namlea, Kabupaten Buru.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI