Vatikan Menerbitkan Pedoman Terbaru dalam Penanganan Kasus Pelecehan Seksual di Kalangan Klerus terhadap Anak di Bawah Umur

0
816
Paus dan para uskup dalam sinode uskup sedunia di Roma untuk membicarakan masalah pelecehan seksual di kalangan para imam. Vatican Media

VATIKAN, Pena Katolik – Dua tahun setelah Dikasteri Ajaran Iman edisi pertama pedoman penanganan pelecehan seksual di kalangan para imam, baru-baru ini Vatikan menerbitkan versi kedua dari pedoman itu. Dikasteri Ajaran Iman mengumumkan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, 27 Juni 2022 bahwa versi baru akan dibuat berdasar Vademecum tahun 2020.

Pedoman ini diterbitkan untuk membantu para uskup, atau siapa pun yang berwenang, dalam penanganan kasus pelecehan seksual. Pedoman ini berisi apa yang perlu mereka ketahui dan apa yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi di mana seorang imam dituduh melakukan kejahatan seksual terhadap anak di bawah umur.

Buah dari Vademecum asli

Penerbitan Vademecum edisi pertama pada Juli 2020 adalah salah satu tujuan Pertemuan para uskup yang diadakan pada Februari 2019 yang membicarakan tentang perlindungan anak di bawah umur. Dalam pertemuan itu, Paus Fransiskus telah mengundang semua presiden Konferensi Waligereja dunia ke Roma. Pertemuan ini belum pernah terjadi sebelumnya dan dimaksudkan untuk membuka jalan memerangi pelecehan dan melindungi orang-orang muda dan rentan.

Sejak diedarkan, edisi pertama pedoman ini membantu menstandardisasi praktik, melatih praktisi, dan menyelesaikan masalah yang tidak selalu menemukan jawaban yang memadai dalam teks hukum itu sendiri. Versi yang baru ini ditingkatkan untuk memasukkan langkah-langkah baru. Selain itu, beberapa poin diklarifikasi dan diperbaiki setelah menerima saran yang datang dari berbagai diskusi dengan organisasi gerejawi yang bergerak di bidang ini.

Pemutakhiran edisi pertama diperlukan terutama sebagai akibat dari berlakunya Buku VI Kitab Hukum Kanonik dan Norma-Norma yang menjadi wewenang Kongregasi untuk Ajaran Iman (7 Desember 2021). Hal ini disinggung juga dalam motu proprio “Fidem servare” (14 Februari 2022), motu proprio “Competentias quasdam decernere” (15 Februari 2022), dan terakhir, Konstitusi Apostolik “Praedicate evangelium” (5 Juni 2022). “

Dicaster Ajaran Iman menyimpulkan pernyataannya dengan menegaskan kembali bahwa teks ini sekali lagi terbuka untuk pengembangan di masa depan. Lembaga Vatikan ini juga menegaskan bahwa masukan dan saran masih terus terbuka untuk diberikan.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here